Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

loading...
Buah salak merupakan buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan sebagai produk pangan. Biasanya salak di konsumsi dalam kondisi segar dan bentuk olahan menjadi kripik salak yang rasanya gurih dan renyah. 

Hal yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apakah manfaat buah salak untuk ibu hamil? Ada beberapa penelitian mengenai manfaat buah salak salah satunya kandungan betakaroten yang belum tercantum pada informasi gizi di bawah ini. Menurut penilitan yang di lakukan oleh badan kandungan gizi nasional betakarotin pada buah salak 5 kali lebih besar dai pada buah semangka dan mangga sehingga salak sangat baik untuk menjaga kesehtan mata ibu hamil.

Nah sekarang yuk kita membahas manfaat yang lain, tapi sebelumnya simak ulasan informasi di bawah ini : 

Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil

Informasi Nilai Gizi Buah Salak per 100 g
Energi 1539 kJ (368 kcal)
Lemak 0,4 g
Protein 0,8 g
Vitamin C 8,4 mg
Kalsium 38 mg
Besi 3,9 mg
Fosfor 18 mg

Kalau di perhatikan dari informasi di atas sepertinya salak cuma memilki satu jenis vitamin di dalamnya yaitu vitamin C sedangkan pada kandungan buah yang lain vitamin di dalamnya lebih bervareasi dari pada salak. Semua itu tidak jadi masalah, yang terpenting tetap memiliki khasiat untuk kesehatan.

Buang Air Besar Lancar
Siapa bilang kalau makan salak bikin susah buang air besar, hal yang baru telah di temukan bahwa kulit ari buah salak mengandung serat yang berguna untuk melancarkan buang air besar. Memang pada buah salak zat yang mencegah diare tapi kalau kulit arinya tidak di buang jadi ternetralisir.

Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil
Pencegahan anemia dapat di lakukan dengan memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh seperti dengan memakan buah salak kandungannya sekitar 3,9 mg. Di tambah lagi karena vitamin C yang terdapat pada buah salak penyerapan zat besi dalam tubuh menjadi lebih lancar.

Kunjungi juga : (manfaat buah rambutan untuk ibu hamil)

Buah Ber-Antioksidan 
Buah salak juga menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Kandungan yang membuat salak menjadi bauh berantioksidan adalah betakaroten yang juga berguna mencegah masuknya penyakit pada tubuh ibu hamil dan janin.

Menjaga Kesehatan Saat Sedang Hamil
Kandungan vitamin C merupakan vitamin yang menigkatkan daya tahan tubuh dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Mengasup Kebutuhan Kalsium
Buah salak juga mengandung mineral kalsium yang berguna untuk menyusun dan menjaga kekuatan tulang ibu hamil dan janin.

Nutrisi Untuk Metabolisme Tubuh
Protein pada buah salak berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh dan membantu memperbaiki organ tubuh yang rusak seperti terluka saat masa kahamilan. Sama halnya dengan Manfaat Labu Kuning Untuk Ibu Hamil yang juga kaya akan protein di dalamnya.

Mengurangi Mual Saat Hamil
Saat awal kehamilan wanita sering mengalami mual dan muntah-muntah hal ini karena terjadi gangguan lambung yang di sebabkan hormon alami saat hamil. mengkonsumsi buah salak dapat mengurangi rasa mual ibu hamil.

Kesehatan Jantung Ibu Hamil Terjaga
Kandungan kalium pada buah salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil, dengan mengkonsumsi salak setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh.

Mengatasi Diare Ringan
Seperti yang telah saya ulas di atas bahwa kandungan zat pada buah salak dapat menyembuhkan diare ringan. Beberapa ibu hamil mengalami diare dan tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan, maka salah satu cara mengatasinya dengan mengkonsumsi buah salak, caranya buang terlebih dahulu kulit ari pada buuh salak dan imbangi dengan meminum air yang banyak.

Note : Ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin, oleh sebab itu mengkonsumsi buah dan sayur adalah hal yang perlu untuk memenuhi kebutuhan gizi. Demikian ulasan mengenai manfaat buah salak untuk ibu hamil, semoga memberikan manfaat untuk para pembaca, sekian dan salam senyum. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Buah Salak Untuk Ibu Hamil "

loading...