Manfaat Buah Stroberi Untuk Ibu Hamil

loading...
Strawberry atau juga sering di sebut buah stroberi ini ternyata memiliki manfaat untuk ibu hamil. Buah berukuran mungil dan berwarna merah saat matang ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan baik untuk wanita hamil ataupun untuk sekedar di konsumsi biasa. Rasa yang khas kecut walau kadang manis membuat banyak orang yang mnyukai buah ini.

Penelitian mengenai khasiat sekaligus pengaruh dari mengkonsumsi buah stroberi telah di lakukan oleh para peneliti dan ternyata memang benar kalau manfaat stroberi itu sungguh luar biasa. Tidak hanya di indonesia saja tetapi dari berbagai negara termasuk negara bagian barat juga ikut serta memecahkan misteri mengani manfaat stroberi untuk ibu hamil. 

Manfaat Buah Stroberi Untuk Ibu Hamil

Hubungan buah stroberi dengan ibu hamil adalah menjaga kesehatan saat masa berat bagi wanita. Umumnya wanita hamil mengalami banyak keluhan di kesehatan dan kebutuhan nutrisi yang cukup. Kandungan buah stroberi menjadi salah satu buah yang dapat mengasup nutrisi dan gizi yang di butuhkan. Berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat pada buah stroberi :

Kandungan Gizi Pada Stroberi

Nutrisi Buah Stroberi 144 gram
Air 132 g
Energi 43  kcal
Energi 181 kJ
Protein 0.88 g
lemak 0.53 g
Karbohidrat 10.1 g
Serat, total 3.3 g
Ash g 0.62

Kandungan Mineral
Kalsium 20 mg
Besi 0.55 mg
Magnesium 14 mg
Fosfor 27 mg
Kalium 240 mg
Sodium 1.44 mg
Seng 0.19 mg
Tembaga 0.07 mg
Mangan 0.42 mg
Selenium 1.01 ug

Kandungan Vitamin
Vitamin C 82 mg
Thiamin 0.03 mg
Riboflavin 0.1 mg
Niacin 0.33 mg
Pantothenic acid 0.49 mg
Vitamin B-6 mg 0.09 mg
Folat 25 ug
Vitamin A 4.3 ug
Vitamin E 0.20 mg

Setelah mengetahui kandungan serta nilai gizi dan nutrisi pada buah stroberi sekarang kita hubungkan dengan manfaat stroberi untuk ibu hamil. Memang pada dasarnya semua buah ada manfaatnya untuk ibu hamil. Namun, beberapa buah menjadi hal yang membhayakan pada wanita hamil.  Berhubung sekarang membahas buah mungil merah ini maka kita akan fokus membahas buah stroberi.

Manfaat Strawberry Untuk Ibu Hamil

Strawberry Untuk Ibu Hamil

Membantu Pembentukan Sel Pada Janin 
Salah satu yang penting untuk ibu hamil adalah asam folat yang sangat di butuhkan oleh wanita hamil. Beresiko sekali jika jika seorang wanita yang sedang hamil tidak tercukupi asam folat karena akan mengkibatkan resiko anak terlahir cacat. Baca juga (Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil).

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C
Rasa yang manis dan kecut di dalam buah stroberi terdapat vitamin C yang cukup banyak yang baik untuk mengasup kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil. Hal menarik dari mengkonsumsi stroberi adalah makan buah segar sekaligus mendapatkan vitamin.

Memperkuat Tulang Sekaligus Asupan Kalsium
Beban yang di alami saat sedang hamil lebih besar dari pada hari-hari biasa sebab, wanita hamil ketambahan janin di dalam perut sehingga untuk beraktifitas sangat berat. Hal ini mengakibatkan kebutuhan kalsium lebih banyak untuk memperkokoh tulang dan asupan kalsium ini juga baik untuk pembentukan tulang janin.

Menjaga Kelembaban Kulit Ibu Hamil
Saat sedang hamil seorang wanita kadang mengalami kulit kering, bibir kering dan suhu terasa panas. Buah stroberi juga dapat mengatasi masalah di atas sebab kandungan vitamin dan air yang banyak dapat menjaga kelembaban kulit dan membantu mengurangi gerah karena suhu yang tinggi.

Buah Yang Mengandung Nutrisi Awet Muda
Taukah Anda bahwa kandungan vitamin E pada buah stroberi bermanfaat untuk menjaga ke kencangan kulit dan salah satu nutrisi yang membuat kulit tetap muda. Memang ada beberapa buah yang lain seperti alpukat yang juga mengandung vitamin E. Sama halnya dengan (manfaat jambu biji untuk ibu hamil) juga terkandung vitamin E di dalamnya.

Ternyata Manfaat labu kuning untuk ibu hamil juga mengandung antioksidan yang tinggi dan vitamin E yang dapat menjaga kulit agar tetap kencang secara alami.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi Saat Masa Kehamilan
Potasium adalah zat yang berperan dalam mengontrol tekanan darah tinggi pada orang yang mengkonsumsinya. Saat sedang hamil hindarilah tekanan darah tinggi karena akan berakibat pada kesehatan ibu hamil dan janin. 

Melindungi Tubuh Ibu Hamil Dari Radikal Bebas
Buah stroberi kaya akan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang bertebaran di udara karena polusi. Mengapa ibu hamil harus terjaga dari radikal bebas ? sebab radikal bebas dapat mempengaruhi kesehatan.

Menjaga Daya Ingat Para Wanita Hamil
Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa stroberi membantu kemampuan ingatan dan mengurangi rheumatoid arthritis. 3amun yang belum  banyak diketahui oleh masyarakat adalah bahwa stroberi juga mengandung flavonoid.

Buah Yang Memiliki Sifat Antibakteri
Antibakteri flavonoid adalah senyawa yang terdapat pada buah stroberi yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi yang di sebabkan oleh mikroorganisme. Mikroorganisme yang jahat dapat masuk melalui makan dan lingkungan yang kotor kemudian berkembang biak dalam tubuh kemudian menjadi penyakit, contoh mikroorganisme adalah jamur dan bakteri.

Mencegah tumbuhnya Sel Kangker 
Kangker merupakan salah satu penyakit mematikan yang di takuti di seluruh dunia. Beruntungnya jika kita tidak terkena penyakit ini dan salah satu pencegahannya adalah dengan menjaga kebutuhan nutrisi yang baik dan alami yang terhindar dari bahan sintetis yang salah satunya adalah buah stroberi. Flavonoid pada buah stroberi mencegah tumbuhnya sel kangker dalam tubuh.

Memang saat sedang hamil kedaan wanita rentang terkena sakit dan mengalami gangguan kesehatan, maka dari itu perlunya seorang ibu hamil mejaga kebutuhan nutrisi dan kebersihan agar kondisi tubuh tetap prima, serta peran keluarga untuk membantu menjaga ibu hamil. 

Demikian ulasan mengenai manfaat buah stroberi untuk ibu yang sedang hamil semoga memberikan manfaat dan informasi yang berguna. jangan lupa jika Anda merasa artikel ini berguna mohon untuk di share ya agar orang terdekat Anda mengetahui informasi bermanfaat ini. Salam senyum dan terimkasih.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Buah Stroberi Untuk Ibu Hamil "

loading...