semua tentang ibu hamil

Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Jagung bisanya di sajikan dalam keadaan telah di rebus dan biasanya jagung manislah yang mantap untuk di santap. Taukah Anda kalau jagung memiliki manfaat untuk para ibu hamil? Ya itu benar. Memang semua hal yang di ciptakan oleh sang pencipta memiliki kegunaanya. 

Hal yang perlu di ketahui dari jagung adalah manfaat yang spesifik untuk kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. sebelum kita masuk pada hal itu yuk kita perhatikan informasi di bawah ini :

Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil

Informasi Nilai Gizi Jagung per 100 g 
Energi 360 kJ (86 kcal)
karbohidrat 18,7 g
Pati 5,7 g
Gula 6,26 g
Serat makanan 2 g
lemak 1,35 g

Protein Total 3,27 g
Triptofan 0,023 g
Treonin 0,129 g
Isoleusin 0,129 g
Leusin 0,348 g
Lisin 0,137 g
Metionin 0,067 g
Sistin 0,026 g
Fenilalanin 0.150 g
Tirosin 0,123 g
Valin 0,185 g
Arginin 0,131 g
Histidin 0,089 g
Alanin 0,295 g
Aspartat asam 0,244 g
Glutamat 0,636 g
Glycine 0,127 g
Prolin 0,292 g
Serin 0,153 g
Kandungan Vitamin
Tiamin (B1)  0,155 mg
Riboflavin (B2)  0,055 mg
Niacin (B3)  1,77 mg
Asam pantotenat (B5)  0,717 mg
Vitamin B6  0,093 mg
Folat (B9) 42 ug
(Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil)
Vitamin C 6,8 mg
Kandungan Mineral
Besi  0,52 mg
Magnesium  37 mg
Mangan  0,163 mg
Fosfor  89 mg
Kalium  270 mg
Zinc  0,46 mg

Data di atas menunjukkan bahwa kandungan pada jagung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Kita ambil satu contoh kandungan protein total 3,7 g yang terdiri dari berbagai macam jenis protein yang kesemuanya memiliki manfaat khusus dalam tubuh kita. Sekarang kita masuk pada ulasannya, berikut ini manfaat dari mengkonsumsi jagung untuk ibu hamil : 

Membantu Melancarkan Pembentukan Sel Darah Merah
Bagi ibu hamil yang sering mengalami gangguan kurang darah atau anemia dapat mencoba mengatasi dan mencegahnya datang lagi dengan mengkonsumsi jagung secara teratur, bisa dengan di rebus atau di jadikan sayur. Kandungan zat besi dapat memperlancar pemebntukan sel darah merah.

Mencegah Osteoporosis Pada Ibu Hamil
Beberapa studi mengenai mineral kalium yang salah satunya terkandung pada jagung dapat mengurangi resiko osteoporosis karena kalaium juga bekerja bersama kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Mencegah Asma Pada Ibu Hamil
Seseorang yang mengalami asma kronis dapat di normalakan pernapasan mereka dengan mengkonsumsi suplemen magnesium. Fungsi magensium untuk merileksasi otot-otot bronkus. Selain itu magnesium dalam bentuk obat dapat mengatsi sesak napas.

Menjaga Kekuatan Tulang Dan Gigi Ibu Hamil
Fosfor terkandung pada jagung bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi sedangkan kalsium tidak dapat bekerja sendiri untuk melakukannya. Kekurangan forfor akan mengakibatkan tulang dan gigi kropos pada ibu hamil.

Membantu Penyerapan Vitamin Dalam Tubuh 
Terkadang ibu hamil telah mengkonsumsi makanan yang bernutrisi kaya akan vitamin dan mineral tetapi semunya tidak terserap dengan baik sebab kekurangan mineral mangan. Jagung adalah salah satu sumber mineral mangan yang baik untuk di konsumsi ibu hamil.

Jagung Sumber Energi Tubuh
Ibu hamil membutuhkan energi lebih banyak dari pada saat seblum hamil, hal ini di sebabkan karena energinya terbagi untuk janin yang di kandungnya. Jagung adalah sumber karbohidrat dan lemak yang di gunakan oleh tubuh sebagi sumber tenaga.

Menjaga Kekebalan Tubuh Ibu Hamil
Salah satu mineral yang terdapat pada jagung adalah zinc. Zinc adalah nutrisi yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari ganguan penyakit.

Melancarkan Proses Pencernaan
ibu hamil mengalami sembelit? atasi dengan serat yang cukup agar segera lancar pencernaannya. Serat dalam jagung dapat membantu melancarkan pencernaan.

Note Book : Jagung dapat di peroleh manfaatnya dengan berbagai macam penyajian, jagung dapat di rebus dan dapat di masak menjadi bergedel. Tapi ingat vitamin dan protein dapat terdenaturasi atau rusak karena suhu yang terlalu tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil di anjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan seperti (manfaat buah jambu biji untuk ibu hamil).

Semoga artikel Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil dapat memberikan kegunaan untuk para pembaca. Bila Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di share ke yang lain. Sampai jumpa dan salam senyum.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil

0 komentar: