Manfaat Jahe Untuk Ibu Hamil

loading...
Jahe adalah rumpang dari tanapaman jahe yang dalam penggunaannya dengan cara di jadikan minuman penghangat (wedang jahe). Jahe memilki manfaat untuk ibu hamil bila di konsumsi sebab kayak akan nutrisi dan mengadung beberapa vitamin yang di butuhkan oleh ibu hamil di dalam proses kehamilan dan melahirkan. 

Perkembangan moderenisasi saat ini jahe di manfaatkan menjadi minuman instan yang praktis ketika ingin meminumnya lasung tinggal di seduh, hal ini tidak seperti dengan cara yang tradisional harus mengamil rimpang dahulu, mencuci dan membersihkan kulitnya kemudian di tumbuk dan di sharing. Dengan jahe instan kita dapat langsung meyedeh serbuknya dan tinggal kita minum. 

Manfaat Jahe Untuk Ibu Hamil

Sebelum kita mengulas mengenai manfatnya yuk kita intip informasi kandungan jahe per 100 gram yang data ini di peroleh dari wikipedia di bawah ini : 

Infomrasi Kandungan Nilai Gizi Jahe per 100 g 
Energi 1404 kJ (336 kcal)
Carbohydrates71.62 g
Gula 3,39 g
Serat makanan 14,1 g
lemak 4.24 g
Protein8.98 g
Kandungan Vitamin
Tiamin (B1)  0,046 mg
Riboflavin (B2) 0,17 mg
Niacin (B3)  9,62 mg
Asam pantotenat (B5)  0,477 mg
Vitamin B6  0,626 mg
Folat (B9)  13 ug
Vitamin C  0,7 mg
Kandungan Mineral
Kalsium  114 mg
Besi  19,8 mg
Magnesium  214 mg
Mangan  33,3 mg
Fosfor  168 mg
Kalium 1.320 mg
Sodium  27 mg
Seng  3,64 mg

Sama halnya dengan (manfaat bengkoang untuk ibu hamil) jahe pun juga memiliki khasiat yang tak kalah. Kadandungan karbohidrat, gula dan lemak membuat jahe sebagai minuman bertenga untuk para ibu hamil. 

Manfaat Jahe Untuk Ibu Hamil

Membantu Mensintesis Karbohidrat
Makanan yang di konsumsi ibu hamil seperti nasi yang kaya akan karbohidrat di bantu oleh vitamin b dan enzim untuk memecahnya menjadi glukosa (jenis dari gula) yang kemudian di jadikan energi untuk beraktivitas. rekomendasi untuk ibu hamil dalam mengkonsumsi vitamin B1 1,4 mg per hari.

Sumber Protein Nabati
Protein nabati dari jahe aman untuk kesehatan tubuh. Fungsi protein sangat penting untuk menggantikan organ tubuh yang rusak dengan yang baru sehingga pemulihan tubuh lebih cepat bila ada organ yang rusak.

Menguatkan Gigi Dan Tulang
Jahe mengandung kalium fosfor dan kalsium yang berguna untuk menyusun dan membentuk gigi dan tulang pada janin. Pada ibu hamil gigi dan tulang akan terjaga kekuatannya.

Artikel terkait sebelumnya : (Manfaat bengkoang Untuk Ibu Hamil)

Menjaga Volume Tekanan Darah
Kandungan sodium atau juga di sebut dengan natrium di butuhkan oleh tubuh untuk menjaga volume tekanan darah agar tetap normal. Pada jahe terdapat sodium 27 mg dan masih aman karena anjuran dari WHO kebutuhan tubuh dengan sodium maksimal 5 g perhari. 

Mencegah Kurangnya Sel Darah Merah
Kurangnya sel darah merah di sebabkan kurangnya asupan zat besi dalam tubuh kita. jahe mengandung zat besi untuk melancarkan pembentukan sel darah merah pada ibu hamil sehingga tercegah dari anemia saat sedang hamil.

Mengurangi Kolestrol Dalam Tubuh 
Mengalami gangguan pada kolestrol? Vitamin B3 atau jug di sebut niacin ini berguna untuk menurunkan kolestrol dalam tubuh. Kolestrol berbahaya karena dapat menggumpalkan darah pada pembuluh darah dan bisa berakibat penyakit strok.

Mongobati Morning Sickness
Ibu hamil biasanya mengalami rasa mual dan rasa ingin muntah di pagi hari, dengan mengkonsumsi wedang jahe dapat mengurangi keluahan mual di pagi hari.

Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas
Jahe memiliki antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas yang merusak tubuh. Tubuh akan lebih sehat dan segar.

Meredakan Nyeri Dan Sendi Kaku
Dalam sebuah uji klinis jahe bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri dan juga di percaya dapat meredakan nyeri pada punggung serta meningkatkan pergerakan pada sendi. Ibu hamil biasanya mengalami gangguan ini.

Meredakan Sakit Gigi Pada Ibu Hamil
Saat hamil merasa sakit gigi, wanita tidak di anjurkan mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk meredakannya. Jahe yang bersifat anti jamur dan antibakteri dapat membantu meredakan sakit gigi.

Membantu Meredakan Demam Dan Batuk
Gingerol pada jahe bermanfaat untuk meredakan demam dan batuk. Sifat pembawa hangat menjadikan tubuh lebih hangat dan nyaman.

Note : Mengkonsumsi jahe paling enak untuk ibu hamil yaitu dengan menyeduhnya dengan air panas.

Semoga artikel manfaat jahe untuk ibu hamil berguna untuk para pembaca. Bila apara pembaca ingin berbagi pengalaman mengenai jahe ini silahkan menggunakan klom komentar agar kita bisa saling belajar. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Jahe Untuk Ibu Hamil "

loading...