Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

loading...
Jambu biji merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil kemudian di sebarkan di indonesia melalui Thailan dan sekrang telah menyabar keseluruh penjuru nusantara. Ada beberapa jenis jambu biji saat ini yang di kenal oleh masyarakat seperti jambu biji berdaging putih dan berdaging merah, dari yang berbiji banyak hingga tak berbiji. Manfaat jambu biji untuk ibu hamil telah di yakini oleh masyarakat luas.

Ibu hamil memerlukan nutrisu yang cukup agar kesehatannya terjaga sehingga kondisi janin dan ibu hamil bisa selalu fit dan asupan nutrisi dapat terserap dengan baik dan pertumbuhan janin juga lancar. salah satu buah faforit yang berkhasiat adalah jambu biji. Baik jambu biji berdaging putih ataupun berdaging merah. 

Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

Mungkin Anda butuh beberapa informasi tambahan mengenai kandungan nutrisi jambu biji sebelum mengetahui manfaatnya :

Kandungan Gizi Pada Jambu Biji/100 gram (Merah)
Asam pantotenat 0.451 mg 
Air 86 gram 
Besi 0,26 mg 
Elektrolit Energi 68 Kcal 
Folates 49 mcg 
Fosfor 11 mg 
Thiamin 0,067 mg 
Lemak Total 0,95 g

Kandungan Vitamin  Jambu Biji
Vitamin A 624 IU 
Vitamin C 228 mg
Vitamin E 0,73 mg 
Vitamin K 2.6 mcg  

Kandungan Mineral Jambu Biji
Kalium 417 mg 
Kalsium 18 mg 
Karbohidrat 14,3 g 
Kolesterol 0 mg 
Lycopene 5204 mcg
Magnesium 22 mg 
Mangan 0,150 mg 
Mineral Natrium 2 mg 
Niacin 1,084 mg 
Phyto-nutrisi Protein 2,55 g 
Pyridoxine 0,110 mg 
Riboflavin 0,040 mg  
Selenium 0.6 mcg 
Seng 0,23 mg 
Serat diet 5.4 g 
Beta-karoten 374 mcg 
Tembaga 0,230 mg 

Manfaat Dan Khasiat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui kandungan dari jambu biji, sekarang kita akan membahas bagaimana serta pengaruh positif jambu biji ini jika di konsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini ulasannya : 

1. Menjaga Serta Mengasup Kebutuhan Kalsium
Kebutuhan kalsium masing-masing individu bisa berda, hal ini bisa di sebabkan karena aktifitas dan usia. Pada anak kecil, bayi, olah ragawan dan seorang ibu hamil membutuhkan kalsium lebih banyak dari pada manusia pada umumnya. Manfaat kalsium untuk ibu hamil adalah membantu pembentukan tulang pada janin, dan menjaga tulang ibu saat sedang mengandung.

2. Membantu Mencegah Penyakit Mata
Kebiasaan buruk dalam penggunaan mata dan kurangnya nutrisi vitamin A dapat membuat mata menjadi sakit. Dengan mengkonsumsi jambu biji akan membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin A sehingga mata akan tetap terjaga kesehatannya, hal ini sama dengan (manfaat belimbing untuk ibu hamil) yang sebelumnya telah di posting.

3. Mengontrol Berat Badan Berlebih
Biasanya dan kebanyakan wanita saat sedang hamil suka ngemil dan mengkonsumsi makanan berlebih sehingga berat badan naik secara drastis, hal ini tidak di benarkan karena dapat mengakibatkan tubuh tidak sehat, kecantikan setelah melahirkan menjadi berkurang dan yang di khawatirkan adalah janin terlalu besar di dalam rahim ibu. Mengkonsumsi serat di dalam jambu biji akan membantu mengontrol berat badan ibu hamil.

Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil

4. Memperlancara Pencernaan Dan Penyerapan Nutrisi
Masalah pencernaan sering di alami oleh ibu hamil, kadang susah buang air besar. Jambu biji memiliki serat yang berguna untuk meningkatkan sistem pencernaan dan kandungan air serta vitaminnya membantu mempermudah penyerapan gizi dari makanan yang di konsumsi oleh ibu hamil.

5. Buah Yang Tak Berkolestrol
Kolestrol berlebih akan membahayakan tubuh ibu hamil yang akibatkanya bisa fatal sebab dapat menggumpalkan darah dan hal ini beresiko terkena stroke dan gagal ginjal. Jambu biji adalah salah satu buah yang tidak memiliki kandungan kolestrol di dalamnya.

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Merasa terganggu dengan tekanan darah tinggi? buah biji mengandung kalium dan serat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. kasus pada beberapa orang dapat bebeda-beda tergantung kebiasaan hidup dan makanan yang di konsumsi setiap hari.

7. Memiliki Antioksidan 
Jambu biji juga memilki antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh wanita hamil dari radikal bebas. Antioksidan banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran seperti (manfaat stroberi untuk ibu hamil). 

8. Mengasup Kebutuhan Vitamin C 
Hampir semua buah memiliki kandungan vitamin C. Namun, memiliki kadar yang berbeda setiap jenis buahnya. Salah satu buah yang kaya kan vitamin C adalah jambu biji, vitamin ini berguna salah satunya untuk mensintesis lemak dalam tubuh menjadi energi dan sebagai antioksidan. Ibu hamil membutuhkan vitamin ini untuk berkatifitas, mencegah komplikasi kehamilan dan penyerapan nutrisi. Hal penting yang harus di ingat jangan mengkonsumsi suplemen vitmin ini secara berlebih. 

9. Buah Aman Untuk Penderita Diabetes
Beberapa makanan dan buah menjadi pantangan bagi seroang wanita hamil yang memiliki kadar gula berlebih pada darah (diabet). Jambu biji adalah buah yang rendah gula dan mengontrol kadar gula dalam darah. Jadi aman untuk di konsumsi.

10. Mencegah Bayi Cacat Karena Asam Folat
Asam folat adalah mineral penting yang wajib di penuhi wanita hamil karena folat membantu pembentukan organ janin dan  metabolisme tubuh. Lihat lebih lanjut tentang (Pentingnya Manfaat Folat Untuk Ibu Hamil)

11. Membantu Mengembalikan Trombosit Penderita DBD
manfaat jambu biji yang juga terkenal di kalangan masyarakat adalah untuk cepat mengembalikan kadar trombosit pada darah untuk penderita DBD.

Note : Jambu biji ada beberapa jenis dan semunya juga bermanfaat, saran kami konsumsilah jambu biji kesukaan Anda baik putih atau merah. 

Semoga artikel Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil bermanfat bagi para pembaca dan ibu hamil, bila Anda marasa artikel ini bermanfaat tolong teman-teman Anda di beritahu agar semakin berguna artikelnya. Sekian terimakasih dan sampai jumpa.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Jambu Biji Untuk Ibu Hamil "

loading...