semua tentang ibu hamil

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Kacang hijau merupakan sejenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan cukup lengkap, sehingga menjadi menu konsumsi yang sehat untuk sehari-hari. Para vegetarian memilih kacang hijau sebagai asupan makanan merak sehari hari-karena mengenyangkan dan kebutuhan nutrisi tercukupi.

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap hari, kacang hijau bisa menjadi pilihan utama untuk di konsumsi ibu hamil sebagai makanan sehat bernutrisi dan bervitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Sebelum mengulas mengenai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yuk kita simak kandungan kacang hijau di bawah ini:

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Informasi Kandungan Nilai Gizi Kacang Hijau per 100 g
Energi 441 kJ (105 kcal)
Karbohidrat 19,15 g
Gula 2 g
Serat makanan 7,6 g
Lemak 0,38 g
Protein 7.02 g
Di baca juga (Manfaat Jengkol Untuk Ibu Hamil)
Vitamin
Tiamin (B1) 0,164 mg
Riboflavin (B2)  0,061 mg
Niacin (B3) 0,577 mg
Asam pantotenat (B5) 0,41 mg
Vitamin (B6) 0,067 mg
Folat (B9) 1,59 g
Vitamin C 1 mg
Vitamin E 0,15 mg
Vitamin K 2,7 mg
Mineral
Kalsium 27 mg
Besi 1,4 mg
Magnesium 48 mg
Mangan 0,298 mg
Fosfor 99 mg
Kalium 266 mg
Zinc 0,84 mg

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau cukup banyak untuk kesehatan ibu hamil, berikut ini ulasannya :

Mencegah Cacat Syaraf Otak Pada Janin
Asam folat atau sering di sebut folat berperan penting di dalam pembentukan syaraf pada otak janin. Penelitina menunjukkan ibu hamil yang tercukupi asam folat pada masa awal kehamilan hingga persalinan terhindar dari resiko cacat otak pada janinnya. Folat juga di butuhkan untuk wanita yang merencanakan kehamilan.

Membentuk Tulang Pada Janin 
Mineral kalsium, magnesium, kalium dan fosfor di perlukan oleh ibu hamil untuk pembentukan tulang pada janin, selain itu kebutuhan mineral ini saat sedang hamil pada wanita lebih tinggi dari pada biasanya. Beruntungnya kacang hijau memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Kaya Protein Dan Karbohidrat 
Coba Andalihat kandungan protein dan karbohidrat pada informasi nilai gizi kacang hijau di atas, dua nutrisi ini terdapat pada kacang hijau dengan kadar yang cukup tinggi. Protein dan karbohidrat di butuhkan untuk pembentukan sel pada janin, dan sumber energi pada ibu hamil. 

Membantu Penyerapan Protein
Taukah Anda salah satu manfaat dari vitamin B1 dan B2? Kegunaan vitamin ini adalah untuk membantuk penyerapan protein dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh menjadi lancar. Membantu pembentukan sel-sel pada janin dan memperbaiki organ tubuh ibu hamil yang rusak.

Sehubungan dengan penyerapan protein ada minuman yang harus di hindari oleh ibu hamil, karena dapat menghambat penyerapan pada beberapa mineral penting yang di butuhkan oleh ibu hamil yaitu kopi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kopi silahkan baca artikel terkait : Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Note : Kacang hijau dapat di konsumsi dengan di olah menjadi bubur kacang ijo ataupun di jadikan kecambah (Manfaat Kecambah/TogeUntuk Ibu Hamil). Manfaat dari kacang ijo untuk ibu hamil sebenarnya masih banyak jika di tinjau dari kandungan vitamin dan mineralnya. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

0 komentar: