semua tentang ibu hamil

Manfaat Buah Belimbing Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Belimbing merupakan buah yang segar yang kadang membuat kita merindukan untuk memakannya. Rasanya yang manis banyak di antara kita menyukai buah ini, termasuk ibu hamil kadang mengidam buah ini. Pertanyaannya apakah manfaat buah belimbing untuk ibu hamil ? Maka dari itu perlu kita ketahui agar wawasan kita bertambah.

Buah belimbing dapat dengan mudah kita peroleh di supermarket atau di pedesaan dan bisa juga di pasar buah tradisional, harganya juga relatif murah jadi jika Anda merasa sedang mengidamnya bisa meminta orang terdekat Anda untuk membelikannya. Sekarang yuk kita bahas manfaat dari belimbing bagi ibu hamil :

Manfaat Buah Belimbing Untuk Ibu Hamil


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil
Mengkonsumsi belimbing saat hamil berkhasiat melindungi tubuh kita dari berbagai oksidan yang dapat membuat tubuh menjadi sakit, sebab belimbing mengandung antioksidan yang berasal dari vitamin yang akan membantu menjaga kesegaran tubuh ketika sedang hamil.

Ibu hamil dapat mengkonsumsi belimbing saat suhu sedang tinggi dan terasa panas, untuk mengatasinya dengan memkaan buah ini. Hal yang perlu di perhatikan yaitu hindari mengkonsumsi buah belimbing secara berlebihan.

Menjaga Kesehatan Mata Saat Sedang Hamil
Ketika sedang hamil kadang mata terasa sering lelah dan pandangan menjadi sedikit rabun hal ini bisa jadi tubuh kita ibu hamil kekurangan asupan vitamin A. Sasalah satu jalan keluarnya yaitu dengan mengkonsumsi buah belimbing yang mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. 

Selain untuk menjaga fungsi mata vitamin A pada belimbing di sebut-sebut dapat menjaga kita dari oksidan sebab vitamin A bersifat antioksidan sehingga baik jika di konsumsi.

Buah Yang Memiliki Kalori Rendah
Beberapa ibu hamil memiliki masalah berat badan atau kalori yang berlelbihan. Anda tak perlu cemas sebab buah belimbing bukan termasuk dari salah satu (buah yang berkalori tinggi) sehingga buah ini baik bagi ibu hamil yang sedang diet tetapi kebutuhan nutrisi tetap tercukupi. 

Melancarkan Sistem Pencernaan Saat Kehamilan
Ibu hamil kadang memiliki gangguan mengenai pencernaan dan salah satunya buang air besar. Bila Anda mengalami masalah ini bisa di coba untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi buah belimbing, karena buah ini memiliki serat alami yang bermanfaat untuk meningkatkan kelancaran dan sistem pencernaan.

Hasilnya ibu hamil akan tercegah dari buang air besar yang sulit dan berat badan akan tetap terjaga karena sistem pencernaan lebih lancar. 

Meningkatkan Kekuatan Tulang Ibu Hamil
Sering kadang di alami oleh ibu hamil persendian ddan tulang terasa sakit, hal ini juga bisa di akibatkan asupan kalsium yang kurang terpenuhi. Salah satu manfaat belimbing yaitu meningkatkan kekuatan tulang sebab mengandung kalsium. 

Saat sedang hamil tulang menopang lebih berat dari biasanya sehingga tulang membutuhkan asupan lebih tinggi dari pada biasanya. Oleh sebab itu mengkonsumsi bah belimbing juga baik untuk menjaga tulang tetap sehat.

Membantu Menjaga Tekanan Darah Tinggi 
Terkadang tekanan darah tinggi harus di jaga saat sedang masa kehamilan sebab akan membahayakan bagi ibu dan janin. salah satu manfaat dari buah belimbing adalah untuk menjaga atu mengontrol tekanan darah (hipertensi) karena mengandung kalium yang cukup tinggi. 

Mencegah Anemia Saat Hamil 
Buah belimbing juga mengandung zat besi yang berkhasiat untuk menjaga sel darah merah sehingga ibu hamil tidak mengalami kekurangan darah yang mengakibatkan lemas dan lunglai. Hasilnya tubuh menjadi lebih segar.

Mengasup Kebutuhan Folat Yang Penting Untuk Ibu Hamil
Ibu hamil sangat penting di dalam mengkonsumsi gizi yang di sebut asam folat sebab kandungan ini di perlukan di dalam pembentukan janin, terutama bagi ibu hamil muda. Asam folat di perlukan agar mencegah bayi lahir dengan cacat karena folat berperan penting dalam pembentukan awal janin. Di baca juga ya : (Pentingnya Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil)

Belimbing Adalah Buah Bernutrisi
Nutrisi yang cukup saat sedang hamil sangat di perlukan, hal ini untuk mencegah terjadinya resiko hal yang tidak di inginkan terhadap ibu dan janin. Belimbing merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi yang dapat mengasup kebutuhan gizi dalam tubuh. 

Oleh sebab itu menurut kami penting bagi Anda untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada buah belimbing, berikut ini daftarnya : 

Kandungan Nutrisi Pada Buah Belimbing 
Nilai kandungan gizi buah belimbing / 100 g
Energi 128 kJ (31 kcal)
Karbohidrat 6.73 g
Gula 3.98 g
Diet serat 2.8 g
Lemak 33 g
Protein 1.04 g
Asam pantotenat (B5) 0.39 mg (8%)
Folat (Vit. B9) 12 mg (3 %)
Vitamin C 34.4 mg (57%)
Fosfor 12 mg (2%)
Kalium 133 mg (3%)
Seng 12 mg(1%)
#Data ini berdasarkan Sumber USDA Nutrient database#

Catatan Penting : Jangan mengkonsumsi buah ini berlelbihan ya bunda, sebab hal yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan. Buah belimbing jika di konsumsi terlalu banyak memiliki efek samping yang berakibat buruk. (Ulasan Mengani Dampak Negatif Belimbing Bila Terlalu Banyak)

Bagaimana? cukup banyak bukan manfaat dari buah belimbing untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan kepada teman yang sekiranya membutuhkan. Terimkasih dan samlam senyum.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Belimbing Untuk Ibu Hamil

0 komentar: