semua tentang ibu hamil

Manfaat Daun Singkong Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Daun singkong adalah salah satu pemanfaatan daun untuk di jadikan sayur. Biasanya daun singkong di jadikan jamu dan lalapan yang manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan tubuh termasuk pada ibu hamil. 

Berbagai macam resep mengenai daun singkong dapat menjadi pilihan untuk ibu hamil di dalam memanfaatkan daun singkong sebagai menu masakan sehari-hari. Semisal untuk di jadikan urap-urap, masakan santan dan di rebus atau sesuai selera Anda.

Manfaat Daun Singkong Untuk Ibu Hamil

Sekarang bagaimana dengan manfaatnya? sebelum mengulas hal itu yuk kita simak informasi di bawah ini mengenai kandungan gizi daun singkong :

Informasi Nilai Gizi Daun Singkong per 100 Gram
Karbohidrat 7.1 g
Protein 6.2 g
Lemak 1.1 g
Serat 2.4 g
Kalsium 166 mg
Fosfor 99 mg
Besi 1.3 g
Karoten total 7052 µg
Vitamin B1 004 mg
Vitamin C 130.0 mg

Kesemua kandungan nutrisi pada daun sngkong ini ada manfaatnya untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Hubungannya dengan ibu hamil daun ini dapat membantu memenuhi mineral penting untuk ibu hamil seperti kalsium, serat, protein dan beberapa vitamin.

Berikut ini ulasan mengenai manfaat daun singkong untuk ibu hamil :

1. Protein Membantu Metabolisme 
Daun singkong adalah salah satu sumber protin yang tinggi dan jenis protein berkualitas yang tidak kalah dengan protein pada susu, ikan, kedelai, telur dan keju. Protein dalam tubuh di jadikan berbagai macam jenis enzim yang di butuhkan untuk metabolisme dan pembentukan sel tubuh janin dan ibu hamil.

2. Karbohidrat Sebagai Sumber Tenaga 
Ketika metabolisme tubuh lancar maka pengolahan karbohidrat menjadi tenaga juga menjadi lancar sehinggat tubuh ibu hamil akan bugar dan serasa bertenaga. Selain itu vitamin juga membantu di dalam penyerapan nutrisi yang ibu hamil konsumsi.

3. Zat Besi Mencegah Anemia Saat Hamil
Kurangya sel darah merah pada tubuh (anemia) bisa karena kurangnya asupan zat besi dan dengan mengkonsumsi daun singkong dapat memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil. Hal yang umum terjadi bila ibu hamil kurang zat besi adalah badan terasa lemas dan letih.

4. Serat Melancarkan Pencernaan Ibu Hamil
Daun singkong memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk membantu melancarkan pencernaan ibu hamil. Bila Anda merasa sulit BAB maka baik untuk mengkonsumsi daun singkong untuk mengatasinya.

5. Kalsium, Fosfor Untuk Pembentukan Tulang
Dalam proses pembentukan tulang pada janin di butuhkan metabolisme tubuh yang cepat, salah satu mineral yang di butuhkan untuk pembentukan tulang pada janin adalah kalsium dan fosfor. Daun singkong memiliki kandungan kalsium dan fosfor untuk membantu memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Cacatan Penting : Daun singkong memiliki zat antinutrisi yaitu hidrogen sianida (HCN), tannin dan asam fitat sehingga dalam mengkonsumsinya harus di batasi. Kandungan HCN dalam 1mg/kg bb dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Namun jika daun singkong di olah terlebih dahulu sebulum di konsumsi dapat menurunkan kadar HCN hingga pada kadar yang aman untuk di konsumsi.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Daun Singkong Untuk Ibu Hamil semoga berguna dan menambah wawasan ibu hamil dan para pembaca. Sampai jumpa dan salam senyum.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Daun Singkong Untuk Ibu Hamil

2 komentar:

Pak De Guh mengatakan...

Daun singkong memang enak

Faradila Oktaviani mengatakan...

Iya enakk banget Pak de Guh apa lagi kalau yg masak pinter, bisa ketagihan sama daun singkong