semua tentang ibu hamil

Manfaat Timun Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Mentimun atau sering juga di sebut timun merupakan salah satu lalapan yang di gemari oleh banyak orang sebagai menu tambahan untuk lalapan dan taukah Anda bahwa lalapan timun ini memiliki manfaat untuk kesehatan untuk ibu hamil? Ya timun memang memiliki khasiat karena banyak kandungan mineral dan vitamin untuk kebutuhan ibu hamil.

Cara mengkonsumsi timun ada berbagai macam cara, namun yang paling umum adalah di jadikan lalapan bersama nasi dan ikan goreng rasanya ada yang hilang bila tanpa lalapan timun menemani makanan kita. Nah sekarang coba perhatikan informasi nutrisi timun di bawah ini : 

Manfaat Timun Untuk Ibu Hamil

Informasi Nilai Gizi Buah Timun per 100 g 
Energi 65 kJ (16 kcal)
Karbohidrat 3,63 g
gula 1,67 g
Serat makanan 0,5 g
Lemak 0,11 g

Kandungan Protein 0.65 g

Kandungan Vitamin
Tiamin (B1) 0,027 mg
Riboflavin (B2) 0,033 mg
Niacin (B3) 0,098 mg
Asam pantotenat (B5) 0,259 mg
Vitamin B6 0,04 mg
Folat (B9) 7 ug
Vitamin C 2,8 mg
Vitamin K 16,4 ug

Kandungan Mineral
Kalsium 16 mg
Besi 0,28 mg
Magnesium 13 mg
Mangan 0,079 mg
Fosfor 24 mg
Kalium 147 mg
Sodium 2 mg
Zinc 0,2 mg

Manfaat Timun Untuk Ibu Hamil 
Cukup banyak bukan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam timun, sekarang saatnya kita membahas bagaimana hubungan mentimun ini untuk ibu hamil, berikut ini ulasannya untuk Anda : 

Mentimun Berkalsium 
Ibu hamil membutuhkan kalsium lebih banyak dari pada wanita yang sedang tidak hamil, hal ini terjadi karena janin membutuhkan nutrisi ini untuk pembentukan tulang dan juga membantu tulang ibu hamil tetap kuat. Kandungan kalsium pada timun sebanyak 16 mg per 100 gram timun.

Timun Mengandung Magnesium, Fosfor Dan Kalium 
Kalsium tidak dapat bekerja sendiri dalam menjaga kesehatan tulang, tulang tanpa magnesium, fosfor dan kalium akan kropos. Sebenarnya mineral ini tidak hanya menjaga kekuatan tulang tetapi juga untuk membentuk dan memperkuat gigi janin dan ibu hamil.

Zat Besi Timun Mencegah Anemia
Zat besi sangat di butuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah kurangnya sel darah merah yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan mudah lelah. Timun menjadi salah satu sumber zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Ibu hamil di sarankan darah tingginya suapa di kontrol karena bila tekanan darah terlalau tinggi saat sedang hamil akan mengganggu kesehatan ibu dan janin. Mengkonsumsi timun di percaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan ternyata penyebabnya adalah kandungan potasium di dalam timun.

Serat Timun Melancarkan Pencernaan
Serat yang terdapat pada timun akan melancarkan pencernaan tubuh ibu hamil, karena fungsi serat adalah untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Konsumsilah buah dan sayur yang lain juga seperti (manfaat daun singkong untuk ibu hamil - manfaat kacang hijau untuk ibu hamil - manfaat buah rambutan untuk ibu hamil).

Asam Folat Untuk Ibu Hamil
Ternyata dalam buah timun juga mengandung vitamin B9 (asam folat) yang merupakan salah satu nutrisi yang sangat di butuhkan untuk pembentukan syaraf pada janin sehingga tercegah dari cacat syaraf. Pada buah-buahan yang lain juga banyak mengandung asam folat.

Catatan : Timun bisa menjadi sumber nutrisi tambahan untuk ibu hamil, namun jangan menomor satukan timun sebagai asupan gizi tetapi imbangilah dengan mengkonsumsi buah-buahan segar dan makanan yang bergizi. Walaupun demikian ibu hamil jangan terlalu banyak mengkonsumsi timun karena dapat menyebabkan keputihan.

Artikel Terkait : Bolehkah Ibu Hamil Makan Sate?

Semoga artikel manfaat timun untuk kesehatan  memberikan kegunaan untuk para ibu hamil dan pembaca. Pesan kami baca juga artikel yang lain agar wawasan kita semakin bertambah. Sekian, terimkasih, sampai jumpa dan salam senyum.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Timun Untuk Ibu Hamil

0 komentar: