semua tentang ibu hamil

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Ibu Hamil

loading...

loading...
Kentang adalah salah satu bahan pangan yang dapat di olah menjadi berbagai macam bentuk produk makanan seperti kripik kentang, bergedel kentang, sayur sop dan banyak lagi. Hubungan manfaat kentang dengan kesehatan ibu hamil adalah kandungan gizi di dalam kentang yang bermanfaat bila di konsumsi. 

Satu hal yang menjadi pertanyaan banyak ibu hamil "Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi kentang, apakah kentang itu aman dan tidak ada efek samping bila di konsumsi oleh wanita hamil ? " Jawabannya akan Anda temukan di bawah ini : 

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Biasanya ibu hamil sering di takut-takuti oleh orang di sekitarnya untuk tidak mengkonsumsi makan tertentu semisal "Kamu jangan makan buah/ makanan/ sayur ini, nanti kayak gini/kayak gitu " sehingga ibu hamil menjadi was-was terhadap beberapa makanan karena khawatir berdampak negatif untuk kesehatan ibu dan janin.

Kentang Itu Aman Untuk Ibu Hamil
Kentang yang mendekati busuk memiliki racun yang di sebut solanin. Solanin dapat mengakibatkan manusia mengalami keracunan dan juga dapat merangsang mukosa pada lambung yang dapat mengakibatkan kematian. 

Namun Anda jangan khawatir sebab kandungan racun itu hanya ada pada kentang yang sudah mulai membusuk dan tidak ada pada kentang yang segar. Jadi pilihlah kentang segar untuk di olah karena aman untuk ibu hamil dan memeliki manfaat bila di konsumsi.

Masakan Kentang Untuk Ibu Hamil

1. Sayur sop salah satu dari masakan yang menggunakan kentang bisa menjadi pilihan untuk mengolah kentang menjadi masakan, berikut ini resep cara membuat sayur sop untuk 6 porsi:

Bahan-Bahan Yang Di Butuhkan
1.5 liter air
100 gr wortel, iris bulat tebal 1 cm
100 gr kentang, iris dadu 2 cm
150 gr kembang kol, iris per kuntum
100 gr daun kol, iris ukuran 3x3 cm
3 batang daun bawang, iris 2 cm
3 batang daun seledri, ikat simpul
100 gr makaroni, rendam air panas

Bumbu halus:
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm merica butir
2 sdt garam
½ sdt gula pasir
1 sachet bumbu kaldu ayam

Cara Memasak Sayur Sop 
  1. Bahan bumbu halus di tumis terlebh dahulu kemudian pindah kedalam panci kaldu.
  2. Wortel, kentang, daun seledri di masukkan kedalam panci dan masak hingga setengah matang
  3. Kemudian masukkan kembang kol dan daun kol masak hingga mendekati matang lalu yang terakhir masukkan daun bawang dan makaroni hingga matang. Sajikan dalam keadaan hangat.

2. Bergedel Kentang menjadi salah satu pilihan untuk mengolah kentang menjadi makanan untuk ibu hamil. Berikut ini resep sederhana membuat bergedel kentang :

Bahan Yang Di Butuhkan : 
Kentang kupas bersih 500 gram
Irisan halus seledri 1 batang
Telur 1 nutir
Bawang merah goreng 1 buah
Merica bubuk 1/4 sdt
Pala 1/4 sdt
garam 1/2 sdt
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bergedel Kentang 

1. Goreng kentang yang telah bersih hingga lembut
2. Tumbuk kentang yang telah di goreng hingga halus
3. Masukkan semua bahan kedalam adonan kentang dan aduk hingga rata
4. Goreng adonan bergedel hingga matang.
5. Sajikan ke adaan hangat.

3. Kentang Rebus Olahan kentang paling mudah dan praktis tidak pake ribet untuk ibu hamil. Caranya cukup mudah yaitu dengan merendamnya pada air mendidih hingga lembut.

Masih ada lagi masakan kentang yang dapat Anda pilih selain di atas, untuk mencari resep yang lain Anda dapat mencerainya di Google dengan mengetikkan resep masakan kentang, nanti akan banyak pilihan yang bisa Anda peraktekkan.

Ada informasi cukup menarik bagi ibu hamil mengenai kentang goreng yang sebaiknya di hindari untuk di konsumsi secara berlebih sebab di temukan kandungan senyawa zat yang dapat merugikan pertumbuhan janin yaitu arcylamide yang dapat menurunkan berat badan normal dan lingkar kepala yang kecil pada calon bayi. 

Menurut penelitian seorang profesor bernama Manolis Kogevinas dari Centre for Research in Environmental Epidemiology (CREAL), Spanyol efek dari zat  arcylamide terhadap bayi sama dengan efek bahaya dari rokok untuk janin. 

Ternyata, kandungan zat  arcylamide bisa juga di temukan pada olahan makanan yang berkarbohdrat tinggi dengan proses pemanasan 120 derajat celsius. Pertanyaannya apakah roti bakar, nasi goreng dan makanan lainnya di larang? Tidak dilarang asalkan tidak terlalu sering dan porsi yang sedang sebab kandungan zat  arcylamide berbahaya jika terlalu banyak.

Kami rasa informasi tambahan di bawah ini juga penting untuk Anda :

Informasi Nilai Gizi Kentang Per 100 gram 
Energi 321 kJ (77 kcal)
karbohidrat 17,47 g
Pati 15,44 g
Serat makanan 2.2 g
lemak 0,1 g
protein 2 g

Kandungan Vitamin
Tiamin (B1) (7%) 0,08 mg
Riboflavin (B2) (3%) 0,03 mg
Niacin (B3) (7%) 1,05 mg
Asam pantotenat (B5) (6%) 0,296 mg
Vitamin B6 (23%) 0,295 mg
Folat (B9) (4%) 16 ug
Vitamin C (24%) 19,7 mg
Vitamin E (0%) 0,01 mg
Vitamin K (2%) 1,9 mg

Kandungan Mineral
Kalsium (1%) 12 mg
Besi (6%) 0,78 mg
Magnesium (6%) 23 mg
Mangan (7%) 0,153 mg
Fosfor (8%) 57 mg
Kalium (9%) 421 mg
Sodium (0%) 6 mg
Zinc (3%) 0,29 mg
(informasi ini di peroleh dari Data USDA Database)

Kita Membahas Manfaat Kentang Untuk Ibu Hamil 

Beberapa postingan yang menerangkan bahaya kentang untuk ibu hamil, di sisi lain kentang memiliki manfaat bila di konsumsi oleh ibu hamil :

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Ibu Hamil

1. Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil
Kentang mengandung zat besi yang berguna melancarkan produktivitas sel darah merah dan mencegah timbulnya anemia pada masa kehamilan.

2. Menjaga Tulang Ibu Dan Pembentukan Tulang Pada Janin
Kalsium dalam tubuh tidak bekerja sendiri untuk dapat menjaga kekuatan tulang ibu hamil tetapi juga butuh mineral lain seperti fosfor dan kalium. Beruntungnya pada kentang mengadung semua mineral ini.

3. Makanan Sumber Tenaga 
Karbohidrat adalah salah satu sumber energi dalam tubuh, selain itu juga mengadung protein untuk proses metabolisme tubuh. 

4. Melancarkan Sistem Pencernaan 
Sudah tidak asing di dengar kalau serat sangat berpengaruh dalam membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. 

5. Kentang Mengadung Asam Folat (Vitamin B 9)
Taukah Anda kalau hampir semua susu untuk ibu hamil menekankan adanya kandungan folat untuk menjaga kesehatan syaraf janin dan mencegah beberapa penyakit pada janin. lihat juga ya : Manfaat Vitamin B 9 Untuk Ibu hamil

Catatan Penting : Pro dan kontra mengani kentang jangan membuat kita bingung, kandungan pada kentang memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Olahan kentang yang praktis dan aman yaitu kentang rebus serta hal yang harus di ingat jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Ibu Hamil

1 komentar:

Zhivana Lethisia Putri mengatakan...

Mendirikan usaha ingin balik modal dengan cepat? silahkan kunjungi Usaha kentang balik dalam modal 1 bulan, selamat mencoba, semoga bermanfaat. :)