semua tentang ibu hamil

Manfaat Singkong Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Singkong merupakan tanaman berumbi yang di olah menjadi berbagai macam makanan enak dan bergizi tinggi. Salah satu olahan singkong yang umum kita jumpai adalah singkong rebus, jemblem, keripik dan lain sebagainya. Beberapa ibu hamil senang mengkonsumsi singkong, nah yang menjadi pertanyaan Apakah singkong memiliki manfaat bila di konsumsi untuk ibu hamil ? 

Tentu saja singkong bermanfaat bila di konsumsi untuk ibu hamil. Hal yang simpel saja beberapa kasus wanita hamil tidak suka nasi, singkong bisa menjadi alternatif sumber makanan yang berkarbohidrat tinggi sehingga tidak perlu khawatir asupan karbohidrat menurun. Sebelum mengulas manfaat singkong yuk kita lihat kandungan gizi pada singkong berkut ini.

Manfaat Singkong Untuk Ibu Hamil

Informasi Kandungan Nilai Gizi Singkong per 100 g
Air (g) 60 
Energi (kJ) 670
Protein (g) 1,4 
Lemak (g) 0,28
Karbohidrat (g) 38
Serat (g) 1,8
Gula (g) 1,7
Kandungan Mineral Singkong
Kalsium (mg) 16
Besi (mg) 0,27
Magnesium (mg) 21
Fosfor (mg) 27
Kalium (mg) 271
Sodium (mg) 14
Zinc (mg) 0,34
Tembaga (mg) 0,10
Mangan (mg) 0,38
Selenium (mg) 0,7
Kandungan Vitamin Pada Singkong
Vitamin C (mg) 20,6
Thiamin (B1) (mg) 0,09
Riboflavin (B2) (mg) 0,05
Niacin (B3) (mg) 0,85
Asam pantotenat (B5) (mg) 0,11
Vitamin B6 (mg) 0,09
Folat Total (B9) (mg) 27
Vitamin A (IU) 13
Vitamin E, alpha-tocopherol (mg) 0,19
Vitamin K1 (mg) 1,9
Beta-karoten (mg) 8
Kandungan Yang Lain
Asam lemak jenuh (g) 0,07
Asam lemak tak jenuh tunggal (g) 0,08
Asam lemak tak jenuh ganda (g) 0,05
Sumber en.wikipedia.org

Dari informasi di atas bisa kita lihat kalau kandungan nutrisi pada singkong sangat banyak, walaupun beberapa di antaranya kandungannya sangat kecil tapi tetap saja berkhasiat untuk kesehatan. Nah setelah mengetahui ulasan di atas, berikut ini uraian manfaat singkong untuk ibu hamil :

Singkong goreng untuk ibu hamil
Contoh olahan singkong

Sumber Karbohidrat Untuk Ibu Hamil
Ibu hamil membutuhkan energi yang besar untuk proses kehamilan dan aktivitas yang lancar dari pada wanita biasa. Beberapa wanita mengalami kesulitan mengkonsumsi nasi sehingga singkong bisa menjadi pilihan untuk d konsumsi untuk ibu hamil muda.

Kaya Akan Asam Folat (Vitamin B9)
Wanita yang merencanakan kehamilan dan ibu hamil membutuhkan asam folat agar proses kehamilan menjadi lancar. Pada banyak produk susu ibu hamil selalu menjanjikan tingginya kemampuan susu untuk meningkatkan asam folat pada ibu hamil ini menandakan bahwa (folat itu penting untuk ibu hamil). Singkong mengandung asam folat (vitamin B9 ) yang dapat menjadi asupan tambahan folat untuk ibu hamil. Fungsi asam folat adalah untuk membentuk syaraf dan tulang sum-sum belakang yang sehat.

Membentuk dan Memperkuat Tulang Janin Dan Ibu Hamil
Kecukupan mineral kalsium, magnesium, kalium dan fosfor sangat di perlukan pada wanita hamil, hal ini di karenakan kebutuhan untuk pembentukan tulang pada janin serta menjaga kekuatan tulang ibu hamil. Beruntungnya singkong kaya akan mineral sehingga dapat menjadi pilihan menu untuk di santap setiap hari untuk memenuhi kebuhan nutrisi tulang.

Melancarkan Kegiatan Pencernaan
Merasa sulit BAB atau pencernaan bermasalah? Cobalah mengkonsumsi singkong karena kaya akan serat dan vitamin yang membantu melancarkan pencernaan serta penyerapan nutrisi lainnya. Singkong cocok untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Menjaga Kesehetan Mata 
Pernah mendengar pelajaran bahwa sayur atau buah berwarna kuning mengandung banyak vitamin A? Ya ternyata singkong ketika di masak berwarna kuning dan lembut hal ini mengindikasikan adanya vitamin A. Berdasarkan tabel nutrisi di dalam 100 gram singkong terdapat vitamin A dan 8 miligram betakaroten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil terutama yang hobi membaca dan menonton tv.

Sumber Energi Ibu Hamil
Taukah Anda peran energi dalam tubuh kita? Energi di gunakan oleh tubuh untuk menggerakkan otot sehingga manusia bisa bergerak, untuk pembelahan semua sel tubuh, kerja jantung, kerja paru-paru dan semua organ dalam tubuh membutuhkan energi agar terja fungsinya. Singkong merupakan ubi yang kaya akan karbohidrat, gula, protein, vitamin dan serat yang dapat di olah oleh tubuh menjadi energi.

Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil
mungkin Anda sudah mengetahui kalau tubuh kekurangan zat besi beberapa fungsi organ terganggu, salah satunya adalah pembentukan sel darah merah. Ke kurangan sel darah merah mengakibatkan anemia pada ibu hamil yang akibatnya tubuh menjadi lemas. Kebutuhan zat besi juga bisa di ambil dari mengkonsumsi singkong.

Catatan Penting :
Mengkonsumsi singkong mentah dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, hal ini menjadikan singkong perlu untuk di olah terlebih dahulu. Kupaslah kulit singkong dan bersihkan dengan air hinggat bersih kemuian singkong dapat di rebus ataupun di goreng menjadi keripik untuk di konsumsi sebagai makanan untuk ibu hamil yang bermanfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Singkong Untuk Ibu Hamil

0 komentar: