semua tentang ibu hamil

Manfaat Tahu Untuk Kesehatan Ibu Hamil

loading...

loading...
Manfaat lauk tahu untuk kesehatan ibu hamil, benarkah demikian? Pertanyaan ini sangat menarik untuk kita bahas kebenarannya. Sebenarnya apa yang membuat tahu memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh dan hubungaannya dengan ibu hamil. 

Tahu adalah salah satu lauk favorit masyarakat nusantara dan terdapat berbagai macam jenis tahu yang dapat kita jumpai di pasaran, contoh tahu kuning, tahu takwa, tahu semudang, tahu sutera, tahu pong, dan tahu bulat khas tasikmalaya serta bisa jadi ada macam tahu lain yang belum di sebutkan disini. 

Manfaat Tahu Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ibu rumah tangga termasuk ibu hamil tidak jarang yang gemar memasak tahu untuk di hidangkan kepada keluarga serta sebagai asupan nutrisi tubuh dan janin. Sebenarnya apa saja kandungan gizi pada tahu ini? Berdasarkan informasi yang kami kutip dari https://en.wikipedia.org/wiki/Tofu kami sajikan informasinya di bawah ini : 

Informasi Nilai Gizi Tahu per 100 g 
Energi 291 kJ (70 kcal)
karbohidrat 1,5 g
lemak 3,5 g
Jenuh 0,5 g
protein 8 g

Kandungan Mineral
Kalsium (13%) 130 mg
Besi (8%) 1.10 mg
Sodium (0%) 4 mg

Sebuah Pertanyaan Menarik "Apakah Tahu Aman Untuk Ibu Hamil?" 
Pembahasan mengenai olahan kedelai sehubungan dengan ibu hamil, saat ini masih di perdepabatkan baik di dalam dan luar negeri. Ada beberapa penelitian yang menduga bahwa tahu untuk ibu hamil muda (usia kandungan 1-3 bulan) supaya menunda mengkonsumsi tahu sebab terapat kandungan  phytoestrogen yang dapat mengakibatkan keguguran. ulasannya bisa Bunda lihat pada forum diskusi ini : http://goo.gl/yAyT3O

Opini Mengenai Tahu Untuk Ibu Hamil
Kandungan phytoestrogen pada kedelai bisa jadi telah berubah strukturnya ketika di olah menjadi tahu ataupun tempe kemungkinan tidak berbahaya. Selain itu tidak di jelaskan kadar phytoestrogen yang dapat membahayakan kandungan, jadi selama tidak berlelbihan tidak perlu khawatir dengan efek negatif tahu untuk kehamilan.

Jika memang tahu berbahaya dan dapat mengakibatkan keguguran, pastinya akan banyak kasus di media masa ataupun elektronik yang di publikasi dan pemerintahpun akan melarang dari dulu ibu hamil mengkonsumsi tahu. taukah Anda kalau tahu telah ada ratusan tahun yang lalu? dan berapa kali kasus ibu hamil mengalami keguguran karena mengkonsumsi tahu? kami juga belum pernah mendengarnya.

Hal Positif Dari Tahu

Sebenarnya beberapa penelitian telah di lakukan untuk mengetahui khasiat tahu untuk kesehatan dan ternyata manfaat tahu cukup luar biasa di dalam menurunkan resiko beberapa penyakit berbahaya yang kemungkinan besar di alami oleh banyak wanita termasuk ibu hamil,

Manfaat Tahu Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Dari Mengkonsumsi Tahu Untuk Ibu Hamil

1. Menurunkan Kolestrol Jahat Pada Ibu Hamil 
Pembuktian tahu dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh di lakukan oleh tim medis dari kanda di publikasi oleh American Journal of Clinical Nutrition terhadap 55 orang pria dan wanita setengah baya yang mengidap kolestrol yang tinggi. 
Hasil dari percobaan ini kelompok yang mengkonsumsi tahu mengalami penurunan kolestrol sekitar 10-20% di bandingkan dengan kelompok yang tidak mengkonsumsi tahu. Untuk ibu hamil yang memiliki masalah kolestrol dalam tubuh dapat mencoba mengkonsumsi tahu untuk menurunkan kolestrol.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Studi yang dilakukan seperti pada nomor satu juga membuktikan bahwa kelompok yang mengkonsumsi tahu memiliki tekanan darah lebih rendah dari pada kelompok yang lain.

Masa kehamilan amat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengontrol tekanan darah tinggi agar kesehatan ibu dan janin terjaga.

3. Mengandung Isoflavon
Kandungan isoflavon ternyata dapat mencegah kangker payudara pada wanita serta dapat memeperlambat proses penuaan pada kulit. Apa bila ibu hamil ingin tetap awet muda dengan kulit sehat dan terhindar dari kangker payudara dapat mengkonsumsi tahu.

4. Membantu Pembentukan Tulang Janin 
Kalsium tidak hanya ada pada buah dan ikan tetapi pada tahu juga di temukan kandungan kalsium. Mineral ini di butuhkan oleh janin untuk pembentukan struktur tulang dan memperkuatnya. Ibu hamil yang cukup mengkonsumi kalsium akan terhindar dari kropos tulang.


5. Terhindar Dari Lelah 
Umumnya ibu hamil sering merasa lelah dan menjadikannya malas untuk beraktifitas, hal ini bisa di sebabkan kurangnya sel darah merah pada darah karena kebutuhan zat besi tubuh tidak terpenuhi. Tahu adalah makanan yang mengandung zat besi untuk memenuhi kebutuhan zat besi Ibu hamil.

Manfaat lain dari mengkonsumsi tahu :
Mencegah berbagai jenis penyakit seperti stroke, osteoporosis, diabetes melitus, jantung koroner, serta mengatasi fattyliver. Selain itu kedelai juga diketahui bisa mencegah anemia, menekan kasus gigi berlubang dan pundak kaku, mencegah epilepsi, mengatasi dispepsia, memperlancar ASI, membantu pengobatan saluran pernapasan, mengobati gangguan sistem pencernaan seperti diare, tukak lambung, radang lambung, mengobati sistem tulang dan sendi seperti rematik dan masih banyak manfaat lainnya.

Baca juga : Bolehkah ibu hamil makan bakso?

Kesimpulan Tahu Untuk Ibu Hamil
Tahu sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin, adapun bahayanya bisa di rasakan hanya jika kita mengkonsumsi tahu terlalu banyak. Enjoy aja nikmatin tahu dan dapatkan banyak manfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Tahu Untuk Kesehatan Ibu Hamil

0 komentar: