semua tentang ibu hamil

Bolehkah Ibu Hamil Berenang? Ini Manfaatnya Untuk Bumil

loading...

loading...
Bolehkah Ibu Hamil Berenang, Apakah ada manfaatnya? Pertanyaan ini mungkin ada pada benak Anda. Memang saat kehamilan bagi beberapa wanita adalah momen yang di tunggu-tunggu sehingga harus menjaganya dengan hati-hati. 

Kembali kepada masalah berenang, apakah aman dan tidak berbahaya jika ibu hamil beranang? Jika berenang di larang maka hal ini akan menyiksa bagi Anda yang hobi berenang. 

Bolehkah Ibu Hamil Berenang? Ini Manfaatnya Untuk Bumil

Beranang saat hamil di perbolehkan sebab renang termasuk jenis olahraga low impact sehingga sangat kecil kemungkinan untuk mengalami cidera pada otot, persendian dan tulang. Jadi, mengapa harus takut untuk berenang. Pertanyaan selanjutnya, "Gaya renang seperti apa yang di perbolehkan untuk ibu hamil?"


Gaya Renang Untuk Ibu Hamil
Bila Anda sudah terbiasa berenang sebelum hamil dan menguasai beberapa teknik gaya berenang, maka akan menjadi hal yang cukup mudah untuk memilih gaya renang mana yang aman untuk Anda lakukan. 

Lain halnya bila Anda tidak hobi dan belum bisa berenang, ini akan cukup membingungnkan. Bila Anda belum bisa berengan Anda dapat hanya berjalan-jalan di air dan melakukan gerakan-gerakan ringan di dalam air.

Berikut ini gaya berenang yang aman untuk ibu hamil :

Berenang Gaya Bebas
Gaya bebas aman di lakukan sebab gerakan yang di butuhkan tergolong ringan, hindarilah berenang dengan gerakan yang membutuhkan tenaga yang berat untuk menghindari rasa sakit pada persendian. 

Berenang Gaya Dada
Teknik ini juga tergolong mudah dan energi yang di perlukan tergolong ringan, lakukan gaya ini secara perlahan-lahan dan hati-hati. Nikmatilah setiap gerakan berenang gaya dada karena akan melatih pernafasan dan meringankan otot karena masa kehamilan.

Gerakan Punggung
Berenang dengan gaya terlentang di atas permukaan air membut tubuh menjadi lebih rilek dan otot lebih nyaman pada bagian lengan, punggung dan bahu. Teknik berenang gaya punggung hanya di perbolehkan bila Anda menguasai gaya ini.

Teknik Berenang Yang Harus Anda Hindari 
Hindarilah gaya renang yang menghabiskan energi terlalu banyak dan membutuhkan tenaga besar karena akan di kahawatirkan buruk pada kesehatan janin. 

Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil
Gerakan-gerakan dalam olahraga seperti berenang memiliki dampak yang positif untuk kesehatan tubuh ibu hamil. adapun manfaat yang akan di rasakan ibu hamil sebagai berikut :

1. Melatif Pernafasan 
Gerakan berenang menyalam dan mengambil nafas kepermukaan  akan membantu ibu hamil dalam melatif pernafasan saat bersalin kelak. Ini akan sangat membantu agar proses persalinan yang lebih baik.

2. Memperlancar Aliran Darah
Gerajab tangan dan kaki berayun saat berenang mampu memperancar gerakan darah dalam tubuh, ini baik untuk kesehatan sebab lancarnya peredaran darah akan membantu pengikatan oksigen dalam darah sehingga tubuh menjadi lebih ringan dan nyaman.


3. Mengurangi Pegal Dan Bengkak
Saat hamil beberapa anggota gerak dan persendian mengalami bengkak, seperti kaki dan pinggul yang terasa berat karena menahan berat badan akibat hamil. Berenang dapat meregangkan persendian dan otot sehingga dapat mengurangi pegal dan mengatasi bengkak pada ibu hamil.

4. Melatih Otot ibu Hamil
Otot terlatih akan membuat tubuh menjadi lebih ringan dan akan sukar mengalami pegal. Dengan berenang oto menjadi lebih renggang dan terlatih sehingga akan jarang mengalami masalah otot. Otot yang akan terbantu adalah otot tangan, punggung, bahu, kaki dan anggota tubuh yang lain.

5. Mengurangi Mornong Sickness
Ibu hamil sering mengalami masalah morning sickness akibat perubahan hormon dalam tubuh. Dengan berenang akan mengurangi morning sickness karena kesehatan meningkat. Seorang wanita hamil memberikan testimoni setelah beranang badannya menjadi lebih nyaman.

6. Menyehatkan Jantung Ibu Hamil
Tidakhnya meredakan pegal dan mengurangi morning sickness, berenagn juga dapat menjaga kesehatan jantung sebab otot jantung akan lebih baik akibat pernafasan dan gerakan-gerakan dalam air. Renang juga termasuk dalam olahraga yang menyehatkan.


Setalah mengetahui  bahwa berenang itu boleh untuk di lakukan oleh ibu hamil, Anda tak perlu khawatir untuk ikut berenang bersama keluarga, lagi pula berenang juga bermanfaat untuk ibu hamil dan membantu mengatasi beberapa masalah yang di alami oleh bumil. 

Semoga artikel menganai Bolehkah Ibu Hamil Berenang? Ini Manfaatnya Untuk Bumil bermanfaat dan bisa membantu Anda di dalam menjawab pertanyaan di atas. Bila ada pertanyaan atau testimoni setelah Anda berenang, boleh berbagi pengalaman di kolom komentar di bawah ini. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bolehkah Ibu Hamil Berenang? Ini Manfaatnya Untuk Bumil

0 komentar: