Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dan Janin Trimester Pertama

loading...
Makanan yang baik untuk ibu hamil di trimester pertama adalam makanan yang bergizi seperti vitamin dan mineral yang lengkap. Makan bisa berupa buah, sayuran, ikan, daging, kacang-kacangan dan berbagai olahan masakan. 


Mengapa seorang wanita hamil muda perlu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi? Karena pada saat awal kehamilan trimester pertama adalah masa kehamilan yang berat dan biasanya ibu hamil nafsumakan menurun, mengalami mual dan muntah dan kadang badan terasa tidak nyaman, beberapa kasus ibu hamil mengalami tidur. 
Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dan Janin Trimester Pertama

Ibu hamil tidak perlu mengkonsumsi makan hingga porsi yang berlipat-lipat karena dapat menggemukkan janin yang berpotensi sesar dan kegemukan pada ibu hamil, yang di butuhkan oleh ibu hamil adalah makanan berporsi sedang namun bernutrisi lengkap dan teratur. Makan seperti apa yang bernutrisi yang harus di konsumsi oleh ibu hamil? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Makanan Bernutrisi Lengkap Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
Sperti uraian di atas bahwa makanan yang bernutrisi bisa dari berbagai macam bentuk dan sajian, semisal buah, sayur, ikan, minyak nabati, daging, kacang-kacangan, minuman sepert susu dan olahan makanan. Berikut ini makanan pilihan tepat untuk di konsumsi ibu hamil dan baik untuk janin :


1. Buah-Buahan 
Beberapa buah menjadi pantangan untuk ibu hamil seperti nanas muda. Memilih buah yang tepat akan sangat beramnfaat untuk kesehatan ibu hamil. Buah yang tepat untuk ibu hamil adalah buah yang mengandung Asam folat tinggi seperti buah alpukat, stroberi, rambutan, jambu biji, pisang, apel.

2. Sayuran -Sayuran 
Sayuran terkenal dengan nutrisi yang melimpah untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil, semisal serat, berbagai vitamin dan mineral penting untuk menunjang kebutuhan nutrisi janin. berikut ini beberapa sayaur yang di rekoemndasikan untuk di konsumsi oleh ibu hamil : 

Brokoli dan bayam (kaya vitamian A, C dan K serta asam folat), Daun singkong (antioksidan tinggi), Daun katuk (meningkatkan kualitas asi), kedelai jepang (kaya akan protein, zat besi dan vitamin) , labu siam (kaya akan folat dan serat), kacang panjang (Serat, folat dan zat besi), jagung (asam folat, zat besi, kalium dan serat), wortel dan  terong ungu (vatamin B1,B2, C dan protein).

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga menjadi pilihan dalam mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil dan janin. Kacang umumnya mengandung nutrisi dan gizi yang cukup banyak, juga sering di olah menjadi sayur dan bumbu masakan. Berikut ini beberapa jenis kacang-kacangan yang  baik untuk ibu hamil :
  1. Kacang Hijau, alasannya kacang hijau mengandung nutrisi yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil seperti folat, serat, kalsium, fosfor, lemak, vitamin B1 & B2, protein dan karbohidrat. Baca juga : Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil
  2. Kacang Merah, menjadi pilihan yang berikutnya karena memiliki nutrisi tinggi setelah kacang hijau yaitu asam folat, serat, kalsium, karbohidrat komplek dan protein yang tinggi.
  3. Kacang Kedelai, pilihan yang terakhir karena kacang kedelai mudah kita jumpai dengan berbagai bentuk olahannya seperti tempe, tahu dan susu kedelai. Kacang kedelai kaya protein, karbohidrat dan kalsium yang baik untuk ibu hamil dan janin.
4. Ikan 
Bisa menjadi asupan nutrisi yang cukup menting untuk ibu hamil sebab ikan mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak anak dan menajaga kesehatan ibu hami, namun juga perlu di ingat bahwa asupan ikan harus di batas yaitu 2-3 kali dalam seminggu. Ikan yang baik untuk ibu hamil adalah ikan segar yang di tangkap di laut yang tidak tercemar polusi.

5. Minyak Nabati
Minyak nabati saat ini banyak pilihan seperti minyak kelapa murni (VCO) dan minyak zaitun yang memiliki nutrisi dan manfaat untuk ibu hamil. Minyak zaitun kaya akani mineral dan vitamin yang bergizi sedangkan minyak kelapa murni dipercaya mampu mempermudah dan memperlancar persalinan, minyak kelapa juga berkhasiat untuk merangsang produksi asi ibu hamil. 

Sumber Makanan Bergizi Lainnya
Berbagaimacam olahan pertanian saat ini mampu membuat suplemen dan produk makan yang kaya akan nutrisi serta gizi untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil seperti susu formula dan kapsul vitamin dan mineral yang dapat di peroleh dengan mudah di apotik. 

Agar kesehatan ibu hamil dan janin semakin terjamin perlu selalu di periksakan setiap bulan minimal sekali, imbangi juga dengan istirahat dan olahraga yang aman untuk ibu hamil (Baca juga : Manfaat berenang untuk ibu hamil). Semoga artikel makanan bergizi untuk ibu hamil dan janin di trimester pertama ini bermanfaat untuk para pembaca. Sekian dan terimakasih. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dan Janin Trimester Pertama"

loading...