Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil Dan Janin

loading...
Manfaat buah apel untuk ibu hamil? Rasanya tak asing di dengar di telinga kita. Apel merupakan buah yang segar manis dan terkadang ada rasa kecutnya juga, tergantung dari jenis apel yang kita makan. Saat ini yang terkenal apel yang berasal dari kota Batu malang untuk produk lokal.

Beberapa ibu hamil bertanya-tanya apakah manfaat buah apel bila di konsumsi dan adakah efek samping yang di peroleh dari memakannya? Jawabannya tergantung bagaimana Anda mengkonsumsi apel.

manfaat buah apel

Segala sesuatu, tidak hanya apel saja bila di konsumsi secara tidak normal akan berdampak pada kesehatan. Sebernanya tidak hanya untuk ibu hamil tetapi pada tubuh manusia baik pria dan wanita. Berikut ini ulasan mengenai apel yang kami cari dan kumpulkan untuk bunda :

Kontra Apel Bagi Kesehatan

Memang segala sesuatu yang baik untuk kesehatan terkdang kalau kita tidak bijak dalam mengkonsumsinya akan berakibat buruk di kedepan. Beberapa artikel menjelaskan mengenai dampak negatif yang di dapatkan bila Anda mengkonsumsi apel.

Jangan mengkonsumsi apel dengan bijinya
Buah apel memang baik untuk kesehatan ibu hamil tetapi jangan dimakan juga bijinya, sebab biji apel mengandung racun sianida yang dapat menganggu kesehatan tubuh, Gejala efek samping  dari racun ini adalah sakit kepala dan kegagalan pernafasan yang dapat mengakibatkan kematian.

Jangan Mengkonsumsi Apel Dengan Kulitnya
Pernyataan ini mungkin pernah Bunda temukan di artikel lain, tapi sebenarnya kulit apel itu tidak bahaya justru mengandung nutrisi yang baik seperti klorofil.

Kulit apel berbahaya untuk ibu hamil sebab apel di lapisi oleh lilin dan pestisida saat berada di kebun, bahaya dari pestisida bila di konsumsi ibu hamil akan mengakibatkan kanker baik bagi ibu dan janin. Oleh sebab itu perlu dan penting untuk mencuci apel terlebih dahulu jika Bunda hendak memakannya sekaligus dengan kulitnya.

Apel Import Berbakteri 
Beberapa waktu yang lalu sempat heboh mengenai produk apel asal amerika yang mengandung bakteri yang berbahaya untuk kesehatan, Namun Bunda tidak perlu khawatir sebab produk apel itu telah di stop untuk beradar di Negara kita.

Apel Dapat Mengakitbatkan Gigi Rusak
Pebelitian  yang dilakukan King’s College London Dental Institute dapat merusak gigi ibu hamil melebihi mengkonsumsi permen, hal ini di sebabkan karena apel dapat meningkatkan ke asaman mulut yang tinggi. Cara mengatasinya adalah konsumsilah apel kemduian segara minum air dan di imbangi mengkonsumsi susu atau keju yang tinggi dengan kalsium.

Namun, beberapa artikel justru kebalikannya, apel memeliki manfaat untuk memutihkan gigi dan membersihkannya dari berbagai kotoran yang menempel di gigi. nah mana yang harus di percaya? Kita ambil tengah-tengahnya saja.

Setelah mengulas berbagai kemungkinan buruk dari mengkonsumsi Apel selarang saatnya kita membahas Manfaat dari mengkonsumsi Apel Untuk Ibu Hamil Berikut ini ulasannya untuk Bunda:

Apel kaya akan nutrisi dan mineral yang menunjang proses kehidupan dalam tubuh kita, berikut ini informasi menganai kandungan gizi apel beserta kulitnya yang di kutip dari https://en.wikipedia.org/wiki/Apple :

Nilai gizi per 100 g ( 3.5 oz )
Energi 218 kJ ( 52 kcal )
karbohidrat 13,81 g
gula 10,39
Serat makanan 2,4 g
Lemak 0,17 g
protein 0,26 g

Vitamin
Vitamin A equiv   ( 0 % ) 3 pg
beta karoten ( 0 % ) 27 ug
lutein zeaxanthin 29 mg
Tiamin ( B1 ) ( 1 % ) 0,017 mg
Riboflavin ( B2 ) ( 2 % ) 0,026 mg
Niacin ( B3 ) ( 1 % ) 0,091 mg
Asam pantotenat ( B5 ) ( 1 % ) 0,061 mg
Vitamin B6 ( 3 % ) 0,041 mg
Folat ( B9 ) ( 1 % ) 3 ug
Vitamin C ( 6 % ) 4,6 mg
Vitamin E ( 1 % ) 0,18 mg
Vitamin K ( 2 % ) 2,2 mg

Mineral
Kalsium ( 1 % ) 6 mg
Besi ( 1 % ) 0,12 mg
Magnesium ( 1 % ) 5 mg
Mangan ( 2 % ) 0,035 mg
Fosfor ( 2 % ) 11 mg
Kalium ( 2 % ) 107 mg
Sodium ( 0 % ) 1 mg
Zinc ( 0 % ) 0,04 mg

Kandungan Lainnya
Air 85,56 g
Fluoride 3.3 mg

Coba Bunda lihat, begitu banyak kandungan nutrisi dan mineral dalam buah apel yang di dalamnya juga terkandung asam folat yang sangat penting untuk perkembangan syaraf janin. Lebih lanjutnya berikut ini beberapa ulasannya

Manfaat Apel Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Melancarkan BAB 
Ibu hamil akan mengalami hal yang cukup berat jika mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Kandungan serat dalam apel dapat membantu Ibu hamil mengatasi sulit buang air besar, hal ini dapat di imbangi dengan banyak minum air.

Mengurangi Bengkak Pada Kaki
Pada kondisi fisik yang cukup lemah dan beban tubuh yang semakin berat biasanya ibu hamil tersiksa karena kaki tersa sakit dan bengkak. Dengan mengkonsumsi apel dapat mengurangi bengkak pada kaki dan anggota tubuh yang lain.

Menstabilkan Emosional
Bunda merasa sensitif saat sedang hamil? itu adalah hal yang umum di alami oleh ibu hamil dan biasanya yang terkena imbasnya adalah orang-orang di sekitar Bunda. nah disinlaah peran buah di dalam menjaga emosional dan tekanan darah seperti halnya apel yang dapat mengtrol kolestrol jahat dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi normal, konsumsilah buah setiap hari.

Hilangkan Mual dan Mutah
Morning sickness atau gejala mual dan muntah yang sering di alami oleh hampir semua ibu hamil, bawaannya sering teler dan tubuh terasa tak berdaya. Jika Bunda mengalami hal demikian konsumsilah apel untuk mengurangi rasa mual dan mutah saat kehamilan.

Di Baca juga : Manfaat Mengkonsumsi Kentang Untuk Ibu Hamil 

Membantu Pembentukan Syaraf Pada Janin
Bunda pernah memebli susu formula untuk ibu hamil? Jika iya, nutrisi apa yang paling di tekankan dalam produk kemasannya? Yang jelas bukan modelnya kan, biasanya di dalam kemasan tertulis "meningkatkan kadungan folat dalam tubuh" manfaat folat atau asam folat yaitu untuk membantu pembentukan syaraf pada janin dan mencegah kecacatan syaraf.

Dayatahan Ibu Hamil Meningkat
Masa kehamilan Bumil rentan terserang penyakit, di tambaha lagi tubuh terasa lemas dan nafsu makan berkurang. Apel memeiliki antioksidan yang tinggi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Nafsu Makan Tetap Tinggi
Biasanya gangguan mual dan muntah membuat nafsu makan ibu hamil turun drastiss, terkadang juga karena bau makanan menjadi pemicu mual. Sedangkan ibu hamil butuh nutrisi untuk pembentukan janin dan menjaga kesehatan Bumil. Disinilah manfaat apel adalah mengurangi rasa mual dan mengasup nutrisi akibat kurangnya mengkonsumsi makanan berat seperti nasi dan lauk.

Masih banyak lagi manfaat dari mengkonsumsi apel untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Bunda boleh mencari sendiri manfaat yang lain dari membaca manfaat salah satu kandungan dari buah apel di atas. Semoga artikel ini memberikan informasi bermanfaat untuk ibu hamil.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil Dan Janin"

loading...