semua tentang ibu hamil

Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil Dan Janin

loading...

loading...
Buah duku atau juga kadang di sebut buah langsat memiliki rasa yang enak dan segar untuk di konsumsi oleh para ibu hamil. Manfaat duku untuk menjaga kesehatan ibu hamil cukup banyak karena mengandung vitmain dan mineral yang di butuhkan oleh tubuh. 

Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Buah yang berasal dari asia ini cukup banyak di gemari karena rasanya yang manis, kaya dengan air dan teksur buah yang lembut membuat duku diminati oleh banyak orang termasuk ibu hamil. Duku biasanya kdi makan dalam ke adaan segar tanpa di olah terlebih dahulu.

Sehubungan dengan manfaat duku, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui kandungan nutrisi apa saja yang ada di lam buah unik ini. Berikut informasi yang berhasil di kumpulkan: 

Informasi Nilai Kandungan Gizi Duku 100/gram
Direktorat Giz

Selain pada kandungan nutrisi di atas ada kandungan senyawa lain yang terdapat pada buah duku yang memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil, berikut ini ulasannya untuk Anda :

Serat Pangan (Dietary Fiber) 
Serat pangan bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil, menekan angka kolesterol dalam darah ibu hamil, mencegah kanker kolon, dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker pada ibu hamil.

Saponin
Selain itu pada kandungan buah duku terdapat Saponin yang digunakan sebagai bahan untuk mencuci rambut.

Oleoresin
Oleoresin berguna sebagai antidiare dan obat cacing, kandungan senyawa ini berada pada kulit dan biji buah duku.

Hal yang luar biasa lainnya masih ada pada tanaman duku, ternyata yang bermanfaat tidak hanya pada buahnya saja, kulit batang dan benalu pada pohon duku memiliki khasiat untuk kesehatan dan menyembuhkan beberapa penyakit, misalkan :

Kulit pohon rasa sepatnya bermanfaat untuk menyembuhkan disentri dan malaria. Sedangkan tepung kulit kayunya dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas gigitan kalajengking. benalu pada pohon duku untuk menghambat dan membasmi sel-sel kangker.

Kaitannya dengan manfaat buah duku bagi ibu hamil akan di urai lebih detai di bawah ini :

Khasaiat Buah Duku Untuk Kesehatan  Ibu Hamil

1. Menangkal Radikal Bebas
Buah duku mengandung vitamin C yang berguna sebagai antioksidan. Antioksidan adalah nutrisi yang berguna menangkal kerusakan pada organ tubuh ibu hamil dan janin akibat radikal bebas yang berasal dari zat beracun dan polusi udara.

2. Kesehatan Gusi Terjaga
Ibu hamil rentang mengalami masalah kesehatan gusi apa bila kekurangan nutrisi vitamin C, dalam buah duku terdapat vitamin C yang berperan aktif menjaga kesehatan gusi dan di bantu oleh nutrisi lainnya sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

3. Membuat Ibu hamil Tetap Cantik
Tidak hanya untuk menjaga kesehatan gusi melainkan untuk menjaga kulit ibu hamil tetap kencang karena memperlambat proses penuaan yang di sebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas ini akan merusak beberapa organ dan protein dalam tubuh yang menjadikan salah satu faktor penuaan dini.

Baca juga : 

4. Memulihkan Tubuh Lebih Cepat
Mengalami tubuh yang bermasalah dengan kesehatan karena masa kehamilan? Dengan mengkonsumsi buah duku akan cepat memulihkan kesehatan Anda sebab mengandung vitamin C dan protein yang akan cepat meregenarasi tubuh dari kerusakan sehingga Anda akan cepat pulih.

5. Buah Untuk Nutrisi Ibu Hamil Dan Janin
Biasanya untuk ibu hamil muda mengalami mual dan muntah dan kadang tidak mengkonsumsi nasi, buah duku dapat menjadi salah satu asupan yang bernutrisi karena mengandung karbohidrat , lemak dan protein yang cukup tinggi sehingga tetap terasup nutrisi yang di butuhkan oleh ibu hamil dan janinnya.

6. Membantu Membentuk Tulang Pada Janin
Buah duku memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berfungsi menjaga kesehatan tulang ibu hamil, selain itu nutrisi ini berfungsi membantu pembentukan tulang pada janin. 

7. Asupan Zat Besi Untuk Ibu Hamil
Masa kehimlan seorang wanita akan membagi semua nutrisi yang iya peroleh untuk ibu hamil ,termasuk kebutuhan zat besi. Umumnya ibu hamil mengalami kekurang sel darah merah sehingga sering mengalami pusing, lemas dan kulit yang pucat. Buah duku mengandung zat besi yang membantu ibu hamil mengasup kebutuhan zat besi. 


Kebutuhan nutrisi ibu hamil haruslah terpenuhi setiap hari agar ibu hamil terjaga kesehatannya. Apa bila tidak terpenuhi akan mengganggu kesehatan janin. Konsumislah buah-buahan ketika nafsu makan sedikit dan kalau memungkinkan minumlah suplemn nutrisi untuk membantu mengatasi kekurangan gizi. Semoga artikel Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil Dan Janin bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil Dan Janin

1 komentar:

arsyadacha mengatakan...

Terima kasih informasinya