Manfaat Mengkonsumsi Durian Untuk Ibu Hamil Aman

loading...
Apa manfaat mengkonsumsi buah durian untuk ibu hamil ? Apakah durian itu aman dan bolehkah ibu hamil mengkonsumsi durian ? Persoalan yang mungkin banyak di pertanyakan bagi ibu hamil yang menyukai buah berduri ini. 

Masa kehamilan memang sering menghawatirkan bagi para wanita dalam melakukan kegiatan dan mengkonsumsi beberapa makanan dan buah karena khawatir akan menggangu kondisi kesehatan ibu dan janin. Sebenarnya apa yang menjadikan durian itu berbahaya dan benarkah demikian ?

Manfaat Mengkonsumsi Durian Untuk Ibu Hamil Aman

Bolehkah Durian Untuk Ibu Hamil???

Bagi seorang wanita yang gemar mengkonsumsi durian di saat hamil akan sangat mungkin menjadi buah yang sangat di inginkan, terutama bagi Anda yang sedang hamil muda yang mengalami ngidam buah durian.

Hanya saja masalahnya apakah durian itu aman bila di konsumsi bagi wanita hamil muda? Jawabannya Aman saja, sebab pada dasarnya durian tidak mengandung zat yang membahayakan bagi ibu hamil dan janin apa bila durian yang di konsumsi dalam ke adaan segar dan dalam porsi yang normal (tidak berlelbihan).

Buah durian yang beresiko pada kesehatan bumil (Ibu hamil) adalah buanya telah berasa asam dan tidak segar sehingga kemungkinan besar buah durian yang telah asam telah mengandung alkohol dan asam arachidonat yang beresiko kontraksi mengakibatkan keguguran dan bayi lahir prematur.

Pertanyaan selanjutnya, Bagimana dengan olahan buah durian sperti eskrim dan lainnya?

Boleh-boleh saja, kerena olahan durian umumnya terhindar dari alkohol dan asam arachidonat. Namun bukan berarti Bumil boleh mengkonsumsinya secara berlebihan sebab kandungan dalam olahan buah durian biasnya mengandung banyak gula dan karbohidrat yang dapat membuat bobot janin sangat tinggi sehingga beresiko sesar. Jadi yang bijak ya dalam mengkonsumsi olahan buah durian untuk ibu hamil.

Sekeder informasi tambahan, berdasarkan tanya jawab di situs kesehatan dengan seorang dokter. Menyebutkan durian tidak masalah bila di konsumsi ibu hamil asalkan di batasi dalam mengkonsumsinya sebab durian mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi, jadi makanlah durian ketika pengen saja.

---------------------------------------------------------------------------------------------
Sekarang kita akan membahas manfaat yang di peroleh dari mengkonsumsi buah durian untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Durian Bila Di Konsumsi Oleh Ibu Hamil


Durian Untuk Ibu Hamil

Sebelum kita membahas apa saja manfaat buah durian, lebih baiknya jika kita intip dulu apa saja kandungan yang ada pada 100 gram buah durian. Berdasarkan artikel di wikipedia versi bahasa inggris kandungan nutrisi dalam durian sebagai berikut :

Nilai Gizi Buah Durian per 100 g (3.5 oz)
Energi 615 kJ (147 kcal)
karbohidrat 27,09 g
Serat makanan 3,8 g
Lemak 5.33 g
protein 1,47 g
Vitamin
Vitamin A 44 IU
Tiamin (B1) (33%) 0,374 mg
Riboflavin (B2) (17%) 0,2 mg
Niacin (B3) (7%) 1,074 mg
Asam pantotenat (B5) (5%) 0,23 mg
Vitamin B6 (24%) 0,316 mg
Folat (B9) (9%) 36 ug
Vitamin C (24%) 19,7 mg
Mineral
Kalsium (1%) 6 mg
Besi (3%) 0,43 mg
Magnesium (8%) 30 mg
Mangan (15%) 0,325 mg
Fosfor (6%) 39 mg
Kalium (9%) 436 mg
Sodium (0%) 2 mg
Zinc (3%) 0,28 mg
konstituen lainnya 
air 64g

Coba perhatikan daftar nutrisi di atas, ini menunjukkan banyaknya kandungan buah durian dalam 100 gram, coba Anda bayangkan jika Anda mengkonsumsinya lebih dari 100g pastinya akan lebih banyak nutrisi yang akan Anda dapatkan.

Tapi tetap ingat bahwa mengkonsumsi buah durian dengan porsi belebih dapat mempengaruhi kesehatan, beberapa orang mengalami pusing dan gangguan pencernaan. Jadi makan duriananya jangan banyak-banyak.

Sekarang saatnya kita kembali ke topik, berikut ini ulasan manfaat buah durian untuk ibu hamil :

Mengurangi Depresi Saat Kehamilan
Survey telah di lakukan oleh para peneliti terhadap pengeruh mengkonsumsi durian terhadap masayarakat yang mengalami depresi dan di peroleh bahwa depresi menurun setelah mengkosnusmi durian (Asik dapat durian gratis untuk peserta survey).

Kok bisa ? ini terjadi karena buah durian mengandung trytophan sebagai salah satu jenis asam amino yang dapat di ubah menjadi serotonin yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rilek dan mood lebih baik sehingga timbul perasaan senang.

Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi terjadi bisa di sebabkan oleh berbagai faktor seperti keturunan, setres dan pola makan yang kurang sehat misal terlalu banyak makanan bergaram, berkalori, lemak dan gula.

Pertanyaannya bukannya durian itu banyak lemak dan berkalori tinggi ? Kandungan buah durian kaya akan kalium dan rendah garam, kandungan ini berkemampuan untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Meningkatkan Kerja Otak
Sehubungan dangan kehamilan, Bumil mengharapkan memiliki anak yang cerdas kelak ketika janinnya telah lahir. Menurut sebauh peneltian terhadap siswa yang sedang melaksanakan ujian menunjukan bahwa siswa yang mengkosumsi durian saat sarapan sebelum ujian memiliki nilai yang tinggi di atas rata-rata di bandungkan yang tidak.

Menurut penelitian ini terjadi sebab kandungan kalium yang tinggi pada durian membantu pelajar dalam berkonsentrasi dalam menerima pelajaran.

Mengatasi Sembelit Saat Sedang Hamil
Beberapa ibu hamil mengalami masalah sulit buang air besar atau sembelit, dengan mengkonsumsi bauh durian akan membantu melancarkan pencernaan karena buah durian kaya akan serat dan vitamin yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hanya saja bau durian yang khas kadang menganggu hidung.

Mengurangi Mabuk Perjalanan
Sering mengalami mabuk perjalan saat berkendaraan? Ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir sebab bila Anda membuat milkshake dari bahan durian dan amadu akan menenangkan perut sehingga mabuk dan mual dapat di cegah.

Kaya Akan Asam Folat
Ibu hamil muda ataupun tua membutuhkan nutrisi yang cukup salah satunya adalah asam folat (vitamin B9). Vitamin ini bisa di sebut pahlawan bagi wanita hamil karena sangat berperan dalam pembentukan jaringan syaraf janin sehingga terhindar dari cacatat syaraf.

Pernahkah Anda membaca produk susu untuk ibu hamil? Hampir semuanya menekankan adanya Asam folat yang tinggi dalam produk itu, ini menunjukkan pentingnya asam folat. Bila Bunda tertarik memahami lebih lanjut mengenai pentingnya asam folat, bacalah artikel berikut ini : Pentingnya asam folat untuk ibu  hamil.

Banyak Lagi Manfaat Durian Untuk Ibu Hamil
Bila kita ulas satu persatu mengenai manfaat dari setiap kandungan yang terdapat di dalam nutrisi buah durian akan di temukan banyak khasiat yang akan di peroleh. Seperti karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein untuk meremakjakan sel, serat yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kandungan vitamin lainnya.

Note : Asalkan tidak dimakan secara berlebihan buah durian akan memberikan manfaat untuk ibu hamil dalam segi kesehatan tubuh dan perkembangan janin. Konsumsilah apa bila sedang ingin saja dan dalam porsi yang normal. Semoga memberikan manfaat untuk para pembaca, bila ada yang ingin di duskusikan silahkan isi di kolom komentar ya. Terimkasih dan sampai jumpa.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Mengkonsumsi Durian Untuk Ibu Hamil Aman"

loading...