Manfaat Sayur Bayam Untuk Ibu Hamil Dan Janin

loading...
Manfaat sayur bayam untuk ibu hamil dan janin? cukup menarik rasanya untuk di bahas pagi ini, kebetulan di samping rumah kontrakan saya banyak sekali di tumbuhi bayam, ditambah lagi istri saya sering memasak bayam sebagai sayur untuk di hidangkan bersama.

Kita tahu bahwa banyak sekali jenis bayam yang ada di sekitar kita seperti : bayam berdaun merah, bayam berduri, bayam cabut dan bayam petik (kalau orang jawa bilangnya bayam raja). Kesemuanya bisa di masak dan di konsumsi oleh ibu hamil dan kadang juga di berikan pada balita.

Manfaat Sayur Bayam Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Olahan apa saja yang di peroleh dari bayam? biasanya kami memasaknya sebagai sayur bening, sebagai lalapan, urap, dan di jadikan sayur bobor. Bisa juga di goreng setelah di balur dengan tepung. Nah sekarang tergantung Anda ingin memasaknya seperti apa.

Kembali ke topik, sehubungan antara bayam dengan ibu hamil dan janin yang menjadi pertanyaan apa manfaat yang di peroleh dan adakah dampak negatif bagi kesehatan bumil (ibu hamil). Akan kami coba membahasnya berdasarkan informasi yang kami kumpulkan. 

Cara Yang Salah Mengkonsumsi Sayur Bayam Untuk Ibu Hamil dan Janin

Sayur bayam memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun, cara yang salah dalam mengkonsumsinya akan menjadi hal yang berdampak negatif untuk kesehatan. Memangnya cara yang salah seperti apa ? 

Beberapa artikel mempublis mengenai dampak negatif dari mengkonsumsi sayur bayam dalam waktu yang lama (sekitar 4-7 jam) dan pemanasan yang berulang-ulang sebab akan terjadi oksidasi antara zat besi dan udara yang akan mengakibatkan perubahan pada zat besi menjadi senyawa Ferro yang bersifat racun (oksidan) dan berbahaya bagi tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Juga ada yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi bayam terlalu banyak akan mengakibatkan kambuhnya penyakit asam urat tinggi bagi penderita asam urat. Asal memakan sayur bayam tidak berlebihan maka manfaat sayur bayam untuk ibu hamil dan janin akan banyak sekali.

Nah sekarang saatnya kita masuk pada ulasan manfaat dari sayur bayam :

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Manfaat Bayam Untuk Ibu Hamil Dan Janin


Manfaat Sayur Bayam Untuk Ibu Hamil

Seperti biasa, sebelum kita bahas manfaatnya ada baiknya jika kita mengintip beberapa nutrisi yang terkandung pada 100 gram bayam yang di publikasi dari databes USDA yang menghimpun nilai nutrisi milik pemerintah amarika dan juga di publikasi di wikipedia versi bahasa inggris, berikut ini informasinya

Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 1554 kJ (371 kcal)
karbohidrat 65,25 g
Pati 57,27 g
Gula 1,69 g
Serat makanan 6,7 g
Lemak 7.02 g
Jenuh 1,459 g
Tak jenuh tunggal 1,685 g
Polyunsaturated 2,778 g
Protein total 13,56 g
Triptofan 0,181 g
Treonin 0,558 g
Isoleusin 0,582 g
Leusin 0,879 g
Lisin 0,747 g
Metionin 0,226 g
Sistin 0,191 g
Fenilalanin 0,542 g
Tirosin 0,329 g
Valin 0,679 g
Arginin 1.060 g
Histidin 0,389 g
Alanin 0,799 g
Aspartat asam 1,261 g
Glutamat 2,259 g
Glycine 1.636 g
Prolin 0,698 g
Serin 1,148 g
Vitamin
Tiamin (B1) (10%) 0,116 mg
Riboflavin (B2) (17%) 0,2 mg
Niacin (B3) (6%) 0,923 mg
Asam pantotenat (B5) (29%) 1,457 mg
Vitamin B6 (45%) 0,591 mg
Folat (B9) (21%) 82 ug
Vitamin C (5%) 4.2 mg
Vitamin E (8%) 1,19 mg
Mineral
Kalsium (16%) 159 mg
Besi (59%) 7.61 mg
Magnesium (70%) 248 mg
Mangan (159%) 3,333 mg
Fosfor (80%) 557 mg
Kalium (11%) 508 mg
Sodium (0%) 4 mg
Zinc (30%)

Bukan main ya kandungan protein yang tinggi hingga terbagi dari berbagai jenis protein, selain itu mineral dan vitaminnya juga cukup banyak. Taukah Anda bahwa nutrisi di atas semuanya ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan janin. Sekarang saatnya kita bahas :

Bayam Sumber Energi 
Energi sangat di butuhkan walaupun dalam kondisi saat tidak hamil, apa lagi saat hamil pastinya kebutuhan energi tubuh meningkat. Energi dapat di peroleh dari karbohidrat, lemak dan protein. Bayam kaya akan karbohidrat protein dan lemak yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi Anda.

Sumber Zar Besi 
Ibu hamil sering mengalami lemas, lesuh yang di sebabkan karena anemia atau kurangnya asupan zat besi. Dengan mengkonsumsi bayam dapat mencegah datangnya anemia dan mengatasinya. Selain itu zat besi juga mencegah bayi lahir prematur.

Menjaga Tulang Ibu Hamil Dan Janin 
Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil lebih banyak dari pada wanita yang tidak hamil, sebab kalsium di serap untuk membentuk tulang janin dan memperkuat tulang ibu hamil sebab beban tubuh yang semakin berat. Selain mengkonsumsi bayam juga harus di seimbangi dengan olahraga.

Mencegah Kekahiran Prematur
Salah satu penyebab seorang ibu melahirkan prematur karena kurngnya asupan folat, dengan mengkonsumsi bayam dapat membantu ibu hamil dalam memenuhi nutrisi ini. Selain mecegah bayi lahir prematur asam folat juga berfungsi sebagai pembentuk syaraf pada janin sehingga nutrisi ini sangat di butuhkan oleh ibu hamil.

Membantu Meredakan Nyeri Pada Ibu Hamil
Sering mengalami nyeri pada tulang dan otot di masa kehamilan dapat di sebabkan karena terjadinya fluktuasi pada horman dalam tubuh. Mengkonsumsi bayam dapat meredakan rasa sakit atau nyeri selama kehamilan sebab mengandung glikolipid agen anti-inflamasi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil
Beberapa ibu hamil rentang terkena penyakit seperti pilek dan batuk, hal ini mengindikasikan kurangnya kekebalan tubuh. Bayam mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh pada ibu hamil.

Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan 
Mengkonsumsi bayam dengan cukup porsi proposional dapat membantu sistem pencernaan karena bayam kaya akan serat. Namun jika terlalu banyak juga dapat mengakibatkan pencernaan terganggu pada ibu hamil. Jadi jangan berlebihan mengkonsumsi bayamnya.

Sayur lainnya juga memiliki banyak serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan ibu hamil seperti halanya dengan Manfaat Daun kelor Untuk Ibu Hamil 

Catatan : Manfaat Bayam Bila Di Konsumsi Ibu Hamil dan Janin cukup banyak bila di konsumsi secara proposional. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari bayam bila kita tinjau dari kandungannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pra pembaca, terimakasih dan sampai jumpa.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Sayur Bayam Untuk Ibu Hamil Dan Janin"

loading...