semua tentang ibu hamil

Manfaat Kangkung Untuk Ibu Hamil Dan Janin

loading...

loading...
Penasaran dengan manfaat sayur kangkung untuk ibu hamil dan janin? Sayapun juga demikian, sebab istri saya sedang hamil dan gemar menumis kangkung untuk di hidangkan bersama. Jika Anda sedang hamil dan senang dengan olahan kangkung akan tertarik membaca artikel ini.

Karena rasa penasaran ini saya mencari informasi lebih mendalam mengenai kandungan dalam kangkung. Setelah membaca beberapa artikel berbahasa indonesia dan inggris diperolehlah informasi menarik yang akan saya bagikan pada postingan kali ini. 

Manfaat Kangkung Untuk Ibu Hamil Dan Janin


Amankah Sayur Kangkung Untuk Ibu Hamil?
Pernah beberapa tahun yang lalu sosial media di hebohkan mengenai lintah yang berada pada perut seorang pemuda yang harus meregang nyawa karena memakan tumis kangkung di sebuah restoran? Ternyata itu adalah sebuah kebohongan oleh orang-orang tak bertanggung jawab, entah apa alasannya berita ini di buat. 

Lalau apa hubungannya dengan ibu hamil? hubungannya ibu hamil tidak perlu khawatir dalam mengkonsumsi kangkung sehubungan dengan adanya lintah di dalamnya. Jadi Kangkung itu aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Sisi negatif dari kangkung adalah bahwa kangkung bila di konsumsi akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas, kok bisa? Sebab kalau kita makan kangkung terlalu banyak tubuh menjadi ngantuk. Jadi hindari makan kangkung yang terlalu banyak apa bila ada aktifitas yang harus di kerjakan.

Secara keseluruhan kangkung aman dan bermanfaat untuk ibu hamil asalkan tidak mengkonsumsinya dengan porsi 100kg dalam sekali makan hehehe, yang terpenting memasaknya benar benar matang.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Manfaat Kangkung Untuk Ibu Hamil 
Setelah membahas mengenai amankah kangkung untuk ibu hamil, sekarang saatnya kita membahas manfaat apa saja yang di peroleh bila mengkonsumsi kangkung. Berikut ini ulasannya untuk Anda.
  
Sebelum kita masuk pada pembahasan baiknya kita mengetahui dulu kandungan nutrisi dalam 100 gram kangkung. Informasi ini saya ambil dari https://en.wikipedia.org/ dan diterjemahkan dalam bahasa indonesia, berikut ini isinya :

Nilai Gizi Kangkung per 100 g (3.5 oz)
Energi 79 kJ (19 kcal)
Karbohidrat 3.14 g
Serat makanan 2.1 g
Lemak 0,2 g
protein 2,6 g
Vitamin
Vitamin A equiv. (39%) 315 ug
Tiamin (B1) (3%) 0,03 mg
Riboflavin (B2) (8%) 0,1 mg
Niacin (B3) (6%) 0,9 mg
Asam pantotenat (B5) (3%) 0,141 mg
Vitamin B6 (7%) 0,096 mg
Folat (B9) (14%) 57 ug
Vitamin C (66%) 55 mg
Mineral
Kalsium (8%) 77 mg
Besi (13%) 1,67 mg
Magnesium (20%) 71 mg
Mangan (8%) 0,16 mg
Fosfor (6%) 39 mg
Kalium (7%) 312 mg
Sodium (8%) 113 mg
Zinc (2%) 0,18 mg

Waah ternyata memang cukup kaya akan nutrisi dalam 100 gram, nah sekarang pertanyaan saya setiap Anda mengkonsumsi kangkung biasanya berapa gram? mungkin lebih dari 100 gram. Jika Iya berarti nutrisi yang Anda konsumsi lebih banyak. 

Hal yang perlu di Anda ketahui adalah, kandungan beberapa vitamin, protein dan lainnya bisa saja hilang akibat proses pemanasan saat memasak. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hanya sedikit vitamin yang hilang sebab tidak tahan terhadap temperatur yang tinggi. 

Tanpa basa basi lagi, Berikut ini manfaat mengkonsumsi kangkung untuk ibu hamil :

Membantu Pembentukan Tulang Pada Janin
Bila sebelumnya Anda memandang sayur kangkung sebelah mata, sekarang saatnya Anda membuka pikiran bahwa faktanya kangkung memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi yang berperan penting di dalam proses pembentukan tulang, gigi dan pertumbuhan pada janin. 

Mencegah Lemas dan Pucat 
Bila Anda saat hamil merasa kurang sehat karena badan terasa lemas, sering pusing dan wajah menjadi pucat bisa jadi oksigen pada darah Anda sangat terbatas. Hal ini di sebabkan karena Anda kurang sel darah merah. Dengan mengkonsumsi sayur kangkung anda akan mendapat asupan zat besi yang dapat mengurangi dan mengatasi anemia saat kehamilan. 

Tidak hanya beresiko bagi Ibu hamil saja, tetapi bagi janin pun terkena dampaknya. Apa bila masa kehamilan janin kekurangan zat bisa beresiko bayi yang di lahirkan mengidap anemia dan berat badan rendah.

Membantu Penyerapan Nutrisi Lainnya
Beberapa nutrisi dalam penyerapannya membutuhkan vitamin agar dapat dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Kangkung mengandung vitamin C yang berguna di dalam penyerapan nutrisi dan menjaga kesehatan gusi dan gigi.

Melancarkan Pencernaan Ibu Hamil
Serat pada kangkung tergolong tinggi yang bekhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga menjada kesehatan organ-organ pencernaan. Selain itu serat juga dapat menjadi pengikat kolestrol dalam tubuh agar tidak menyumbat pada pembuluh darah.

Sayuran lain yang juga memiliki kandungan serat tinggi adalah manfaat dari daun pepaya untuk ibu hamil

Memelihara Fungsi Mata Ibu Hamil
Anda pastinya mengetahui manfaat vitamin A untuk kesehatan mata, Ternyata dalam 100 gram kangkung mengandung Vitamin A equiv 315 ug sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata saat sedang hamil. Fungsi lain pada vitamin A adalah sebagai imunitas janin dari gangguan kesehatan, namun dosisnya tidak boleh terlalu banyak karena  bisa menjadi penghambat pertumbuhan.

Mengandung Asam Folat Cukup Tinggi
Kangkung mengandung folat yang cukup tinggi, folat di butuhkan untuk perkembangan syaraf janin sejak usia kandungan ke 28 hari. Namun masa itu wanita jarang mengetahui kehamilannya. 

Catatan : Kangkung aman dan bermanfaat untuk ibu hamil, Namun hal yang perlu di perhatikan adalah saat memasaknya harus bersih dan benar-bernar telah matang juga hindari mengkonsumsi kangkung terlalu banyak karena bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas. Semoga artikel ini bermanfaat, terimkasih dan sampai jumpa.
Sumber Gambar : kuliner.ilmci.com

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kangkung Untuk Ibu Hamil Dan Janin

0 komentar: