semua tentang ibu hamil

Nutrisi Gizi Penting Untuk Ibu Hamil Dan Janin

loading...

loading...
Berbagai macam makanan bisa mengasup kebutuhan gizi ataupun nitrisi untuk ibu hamil, hal yang menjadi pertanyaan menarik adalah " Nutrisi Gizi apa saja yang penting untuk di konsumsi ibu hamil yang baik untuk janin dan kesehatannya ?".

Beberapa media online menyebutkan beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil, minuman untuk ibu hamil, dan lain-lain yang semuanya untuk kebiakan ibu hamil. Nah sekarang pada ulasan kali ini kita akan mencoba membahasnya secara bersama lebih detail mengenai gizi apa saja yang wajib untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

Nutrisi Gizi Penting Untuk Ibu Hamil Dan Janin
Kita juga akan mengetahui mengapa makanan, buah, sayur tertentu sangat baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil. berikut ini ulasannya untuk Anda para pembaca :

Nutrisi/Gizi Penting Untuk Ibu Hamil
Buah, sayur, daging, kacnag-kacangan adalah makanan untuk ibu hamil yang mengandung mineral dan vitamin yang di perlukan oleh ibu hamil agar janin tetap sehat.

Kebutuhan Gizi ibu hamil terbagi menjadi 2 bagian yaitu makro dan mikro. Gizi mikro di butuhkan oleh tubuh ibu hamil dalam jumlah yang banyak sedangkan mikro di butuhkan tubuh dalam jumlah yang relatif sedikit.

Kebutuhan Gizi Makro Untuk Ibu Hamil
1. Karbohidrat
Manfaat karbohidrat sumber utama energi, megatur metobolisme lemak, sumber energi utama otak
dan syaraf, sebagai cadangan energi dan menghemat fungsi protein. Kebutuhan karbohidrat harian ibu hamil trimester 1 sebesar 2080 kal.

2. Lemak
Lemak dalam tubuh bermanfaat sebagai sumber energi, penghasil esensial, penghasil lemak esensial juga sebagai pengatur suhu agar tetap stabil dan melindungi organ tubuh ibu hamil. Kebutuhan lemak ibu hamil harian trimester pertama adalah 520 kal atau sekitar 25% kebutuhan energi harian.

3.Protein
Protein dalam tubuh di manfaatkan untuk memelihara jaringan tubuh dan mengatur mekanisme proses metabolisme serta penghasil energi harian selain lemak dan karbohidrat. Kebutuhan protein harian ibu hamil trimester pertama 67g

Kebutuhan Gizi Mikro Untuk Ibu Hamil
1.Vitamin Untuk Ibu Hamil

  • Kebutuhan Vitamin A ibu hamil perhari 800 mikrogram RE, vitamin ini bermanfaat untuk menjaga fungsi penglihatan, mempercepat pertumbuhan dan menjadi kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.
  • Kebutuhan Vitamin D ibu hamil perhari 5 mikrogram bermanfaat untuk membentuk tulang dan gigi pada janin dan menjaga kekuatan tulang ibu hamil, selain itu vitamin D juga berguna dalam penyerapan kalsium.
  • Kebutuhan Vitamin B1 ibu hamil perhari 0.8 mg berguna untuk metabolisme tubuh, meningkatkan nafsu makan ibu hamil dan menjaga fungsi syaraf.
  • Kebutuhan  Vitamin B3 ibu hamil perhari 18mg bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kulit dan membantu metabolisme asam amino.
  • Kebutuhan Vitamin B6 ibu hamil perhari 1.7mg bermanfaat untuk pertumbuhan janin dalam rahim ibu hamil.
  • Kebutuhan Vitamin B12 ibu hamil perhari 2.6 mikrogram bermanfaat dalam membantu pembentukan sel darah merah ibu hamil.
  • Kebutuhan Asam Folat /Vitamin B9 ibu hamil perhari 600 mikrogram bermanfaat untuk membantu pembentukan sel baru seperti sel syaraf dan sel darah merah pada ibu hamil dan janin.
  • Kebutuhan Vitamin C ibu hamil perhari 85 mg berguna untuk membantu metabolisme kolestrol menjadi asam amino selain itu juga sebagai antioksidan yang meindung DNA dan RNA janin akibat radikal bebas.

Baca Juaga :
Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil
Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Agar Tidak Mual

2. Mineral

  • Kebutuhan Yodium ibu hamil perhari 200 mikrogram 
  • Kebutuhan Zat Besi ibu hamil perhari 35 mg berguna untuk reaksi pembentukan sel darah merah serta mengikat oksigen dalam darah.
  • Kebutuhan Zick/Seng 10.7 mg di trimester pertama, berguna untuk mencegah bayi lahir prematur dan menjaga berat badan janin.
  • Kebutuhan Selenium ibuh hamil perhari 35 mcg (mikrogram)
  • Kebutuhan Kalsium ibu hamil perhari 950 mg berguna dalam pembentukan tulang janin dan menjaga kekuatan tulang ibu hamil.
Kebutuhan gizi makro dan mikro di atas perlu diasup oleh ibu hamil dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat yang kaya akan nutrisi berupa mineral dan vitamin. Hal yang perlu di ingat bahwa kelebihan suatu nutrisi dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, jadi konsumsilah dengan porsi yang wajar.


Demikian ulasan mengenai Kebutuhan Nutrisi Gizi Penting Untuk Ibu Hamil dan Janin Semoga memberikan manfaat dan wawasan baru untuk para pembaca. Bila Anda ingin berbagi pengalaman atau sekedar bertanya silahkan melaluikolom komentar.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nutrisi Gizi Penting Untuk Ibu Hamil Dan Janin

0 komentar: