semua tentang ibu hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Bakso? Ini Yang Harus Diperhatikan

loading...

loading...
Mendengar sebuah pertanyaan yang cukup menarik perhatian dari ibu hamil "Bolehkah Ibu Hamil Makan Bakso?" rasa-rasanya semua makanan dan minuman menjadi pro dan kontra di masyarakat menganai keamanannya untuk janin dan ibu hamil. Ngomong-ngomong soal bakso sebagian orang beranggapan bahwa bakso adalah makanan yang tidak sehat untuk di konsumsi oleh wanita hamil, sedangkan yang lain mengatakan bakso aman-aman saja untuk ibu hamil makan. 

Beberapa persoalan muncul ketika ibu hamil, ada yang tidak doyan makan nasi sehingga hanya bakso yang di makan untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari, lala bagaimana dengan masalah bakso untuk ibu hamil ini, apakah aman atau tidak? Ibu akan menjumpai jawabannya pada artikel ini.

Bakso yang umumnya kita konsumsi di dapat dari penjual bakso yang biasanya dapat dengan mudah kita jumpai di sekitar jalan seperti pedagang kaki lima dan warung-warung bakso di pinggir jalan sehingga banyak dari kita tidak mengetahui apa saja yang telah di campurkan pada bakso yang biasanya kita santap itu.

Bahaya pada bakso muncul akibat bahan yang digunakan di dalam menghidangkan semangkok bakso yang kita makan. Beberapa pembuat bakso mencampurkan beberapa bahan penyedap yang berbahaya untuk kesehatan janin dan ibu hamil.


Pertanyaannya sekarang, adakah bakso yang aman untuk ibu hamil? Iya ada, selama bakso di buat dengan bahan yang baik seperti daging yang segar, garam yang tidak terlalu banyak dan campuran penyedap yang tidak berbahaya.

Artikel Terkait : Daging Kambing Untuk Ibu Hamil Aman Atau Tidak?

Agar pemahaman ibu hamil lebih dalam mengenai dampak negatif bakso untuk kesehatan bila kita tinjau dari bahan yang di gunakan, berikut ini bahan-bahan bakso yang berbahaya untuk kesehatan :

Kandungan Zat MSG (monosodium glutamate)
Msg merupakan bahan yang banyak di temui pada produk penyebadap masakan dan umumnya bakso yang di peroleh dari penjual bakso banyak mengandung penyedap yang mengandung msg, hal ini harus di hati-hati karena msg yang terlalu banyak akan merusak kerusakan otak dan ini sangat tidak di anjurkan di konsumsi oleh anak-anak apa lagi bagi janin.

Mengandung Bahan Pengawet
Ketika bakso dibuat dalam jamlah yang banyak kemudian tidak habis, pedagang bakso yang nakal akan menambahkan bahan pengawet makanan kepada bakso yang dia jual. Bahan pengawet yang di legalkan di negara kita adalah natrium benzoat, bahaya bahan pengawet ini adalah bersifat karsinogenik yang dapat memincu munculnya kanker dalam tubuh, jadi untuk ibu hamil sebaiknya di hindari.

Garam Yang Berlebihan 
Bakso yang memiliki kandungan garam tinggi membuat asupan garam dalam tubuh juga tinggi dan akibat garam yang tinggi dalam tubuh memicu masalah kesehatan seperti tubuh mudah dehidrasi, muningkatkan hipertensi, dan mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.
Pewarna Makanan Berbahaya
Selain pada pentol pada bakso saos yang digunakan juga harus di pertimbangkan keamanannya, ternya beberapa bahan dari saos yang tidak akam berasal dari bahan pewarna untuk tekstil dan ini sangat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Waspadai Borak Pada Bakso 
Akhir-akhir ini kita di gemparkan dengan bakso yang mengandung borak yang berbahaya untuk kesehatan karena bersifat beracun. Oleh sebab itu ibu hamil harus hati-hati dalam memilih warung penjual bakso.

Daging Bahan Bakso dan Olahan Yang Kurang Baik
Hal lain yang perlu di waspadai adalah daging yang di gunakan sebagai bakso/ pentol dari daging yang tidak sehat seperti daging yang sudah busuk dan campuran daging hewan yang di haramkan oleh agama. 

Selain sumber daging cara mengelolahnya juga harus benar-benar matang untuk mentralkan mikroba penyebab penyakit pada kesehatan. Tidak jarang juga di jumpai bakso yang kurang matang yang di jual di jalanan. 

Sayuran Yang Terduksi Bahan Pestisida
Bakso juga sering di hidangkan bersama sayuran seperti sawi, saldri dan salat. Ibu hamil juga harus berhati-hati pada sayuran yang dalam proses produksinya menggunakan pestisida dan tidak di cuci bersih sebelm di campurkan oleh penjual bakso, sebab apa bila pestisida ini sampai kita telan makan akan sangat berbahaya karena akan beresiko kanker dalam tubuh kita. 

Tips Bakso Yang Aman Untuk Ibu Hamil 
Bila ibu ingin makan bakso di saat kehamilan maka sebaiknya berhati-hati dalam memilih penjual bakso langganan Ibu, tanyakan saja pada penjualnya hal-hal yang ingin ibu tanyakan semisal bahan dan campuran dalam bakso yang merak jual untuk memastikan ke amanannya untuk kita konsumsi.

Alangkah lebih baiknya lagi jika Ibu membuat bakso sendiri di rumah sehingga dapat di jamin bahan dan campurannya aman untuk di konsumsi. Menambahkan banyak sayuran yang sehat juga akan membantu meningkatkan kandungan gizi dalam bakso yang ibu buat. 


Semoga artikel bolehkah ibu hamil makan bakso di atas bermanfaat untuk para ibu yang masih khawatir mengenai bakso untuk kesehatan janin dan dirinya. Sempatkanlah membaca artikel lain pada blog ini, dan berilah komentar yang membangun untuk meningkatkan kualitas artikel yang kami sediakan. Terimakasih dan sampai jumpa :-)

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bolehkah Ibu Hamil Makan Bakso? Ini Yang Harus Diperhatikan

0 komentar: