semua tentang ibu hamil

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Aman Atau Bahaya

loading...

loading...
Bolehkah ibu hamil minum kopi? sebuah pertanyaan yang sangat penting untuk di jawab, terutama untuk ibu hamil penggemar minum kopi. Kopi adalah minuman yang berasal dari rebusan seduhan biji kopi yang di sangrai dan di haluskan menjadi bubuk dan kini telah menjadi minuman terkemuka di seluruh dunia. 

Untuk dapat mendapatkan secangkir kopi saat ini sangat mudah, dan tak perlu mengolah secara tradisional karena banyak produksen kopi membuat kopi instan dalam bentuk kemasan dengan aneka sajian kopi. 

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Aman Atau Bahaya

Kandungan zat dalam secangkir kopi sampai saat ini masih menjadi perdebatan hangat para pakar kesehatan mengenai sisi negatif dan positif untuk kesehatan tubuh. Agar lebih jelasnya yuk kita simak apa saja yang ada di dalam secangkir kopi kemasan berdasarkan penyajiannya : 

Nilai Gizi Kopi per 100 g (3.5 oz)
Energi 8,4 kJ (2.0 kkal)
lemak 0,2 g
protein 0,1 g
Kandungan Vitamin Kopi
Riboflavin (B2) (17%) 0,2 mg
Niacin (B3) (35%) 5,2 mg
Kandungan Mineral
Magnesium (23%) 80 mg
konstituen lainnya
Air 97,8 g
Kafein 212 mg

Sebenarnya kandungan dari kopi yang sering di permasalahkan oleh pakar kesehatan adalah mengenai zat kafein kopi yang tergolong tinggi dan berpengaruh pada kesehatan terutama untuk ibu hamil.

Pengaruh Kafein Dalam Kesehatan Ibu Hamil

Kafein akan mengganggu waktu istirahat ibu hamil karena bisa menjadi penyebab ibu hamil sulit untuk tidur

Kafein berlebih dapat memunculkan rasa cemas / stress karena kafein daalam kopi yang tinggi dapat meningkatkan hormon epinephrine dan norepinephrine.

Kafein juga dapat meningkatkan cairan asam lambung sehingga kopi tidak baik untuk ibu hamil yang memiliki masalah pada lambung seperti maag


Selain itu kafein juga mengakibatkan ibu hamil kehilangan beberapa kalsium dan menyulitkan penyerapan zat besi dalam tubuh, padahal zat besi ini sangat di butuhakn di masal kehamilan, sehingga ibu hamil akan rentan mengalami anemia.

Resiko Kafein Berlebih Pada Janin
# Keguguran pada janin (Aborsi spontan)
# Bayi lahir dengan berat badan yang rendah
# Kelahiran Mati

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? 
Sebenarnya tidak hanya kopi saja yang mengandung kafein, teh, coklat dan minuman bersodapun ikut serta dalam masuknya kandungan kafein dalam tubuh. Kafein tetap aman di konsumsi oleh ibu hamil asalkan dosisnya tidak lebih dari 200 mg perhari atau setara dengan 2 cangkir kopi. 


Jadi kopi tetap aman asalkan jangan terlalu banyak karena di khawatirkan ibi hamil overdosis dengan kafein yang berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Untuk orang biasa saja kelebihan kafein berakibat buruk apa lagi bagi wanita ibu hamil. 

Tips Aman Minum Kopi Untuk Ibu Hamil
Ketika ibu hamil ingin mengkonsumsi kopi sebaiknya pilihlah produk kopi yang kandungan kafeinnya rendah, selain itu juga perhatikan jumlah sajian kopi yang di konsumsisi. 2 cangkir kopi kecil maksimal untuk tetap menjaga asupan kafein dibawah 200 mg perhari.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Aman Atau Bahaya

0 komentar: