Bolehkan Ibu Hamil Makan Nangka? Ini Manfaatnya Untuk Bumil

loading...
Bolehkah ibu hamil makan nangka? sepertinya pertanyaan ini banyak di alami oleh para ibu hamil yang gemar mengkonsumsi nangka. Pertanyaan selanjutnya setalah itu"jika boleh, apa manfatnya jika kita konsumsi?"

Nangka memiliki wangi yang khas dan membuat kita ingin mengkonsumsinya. warnanya yang kuning juga membuat nangka semakin memiliki daya tarik tersendiri untuk kita konsumsi. Namun apakah nangka itu aman kita konsumsi oleh ibu hamil?

Bolehkan Ibu Hamil Makan Nangka? Ini Manfaatnya Untuk Bumil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Nangka?

Rumor yang beredar bahwa nangka bila di konsumsi oleh ibu hamil akang mengakibatkan ibu hamil mengalami kontraksi bahkan dapat mengakibatkan keguguran. Padahal sampai saat ini belum ada laporan mengenai penelitian ilmiah yang membenarkan bahaya nangka untuk ibu hamil.

Beberapa buah bisa jadi memiliki efek samping pada kesehatan apa bila di konsumsi secara berlebihan, misal buah durian aman bila dengan porsi normal namun bisa jadi berefek samping bila di konsumsi secara berlebihan.

Manfaat Buah Nangka Untuk Bumil

Buah nangka jika di konsumsi memliki khasiat untuk kesehatan kita, karena kandungannya yang sangat luar biasa. Berikut ini listnya untuk Anda :

Membantu Pembentukan Tulang Padan Janin
Nangka mengandung kalsium dan kalium yang berguna untuk menjaga kekutan tulang ibu hamil dan membantu dalam pembentukan tulang pada janin dalam kandungan.

Menjaga Kekebalan Tubuh Janin
Imun yang baik akan menghindarkan janin dan ibu hamil dari masalah kesehatan, vitamin C dalam buah semangka berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu Vitamin A juga berfungsi menjaga kekebalan tubuh janin dalam kandungan.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan serat pada buah nangka akan membantu menjaga sistem pencernaan dari bebergai gangguan pencernaan. Sulit BAB juga dapat diatasi dengan memperbanyak mengkonsumsi serat dari buah nangka.

Meningkatkan Nafasu Makan Ibu Hamil
Umunya ibu hamil muda mengalami nafsu makan yang rendah, nangka mengandung vitamin B1 atau sering di sebut senyawa tiamin yang bermanfaat meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil.

Mencegah Pucat dan Lemas Pada Ibu Hamil
Salah satu masalah yang di alami oleh ibu hamil terutama dalam kandungan trimester pertama adalah pucat, lemas tak berdaya. Hal ini di sebabkan karena kadar sel darah merah menurun yang mengakibatkan oksigen darah berkurang karena perubahan fisik akibat hamil. Buah nangka mengandung zat besi yang dapat mengembalikan kadar sel darah merah dan oksigen dalam darah ibu hamil.

Membantu Pembentukan Sel baru Pada Janin
Sel pada janin dalam kandungan setiap detik melakukan metabolisme untuk pertumbuhan, dan sel membutuhkan nutrisi untuk menigkatkan volume selnya agar semakin berkembang. Salah satu nutrisi yang berperan membantu dalam pembentukan sel baru pada janin adalah asam folat. Asam folat juga terdapat pada buah nangka.

Ada baiknya juga Anda mengetahui informasi kandungan dalam buah nangka yang sangat banyak : Kandungan Gizi Buah Nangka

Setelah Ibu hamil mengetahui kalau buah nangka itu aman dan bermanfaat sekarang tidak perlu kahwatir mengkonsumsi buah kuning ini karena kaya vitamin dan mineral. Namun perlu di perhatikan dalam mengkonsumsinya jangan terlalu berlebihan agar tidak berdampak negatif pada kesehatan kita. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bolehkan Ibu Hamil Makan Nangka? Ini Manfaatnya Untuk Bumil"

loading...