Tips Cara Mencegah Keguguran Di Awal Kehamilan

loading...
Mendambakan kehadiran buah hati dalam keluarga setelah sekian lama menanti akan membuat ibu hamil muda sangat berhati-hati di dalam menjaga kandungannya. Menghindari hal-hal yang membahayakan janin dan kesehatan kerap menjadi proritas utama untuk mencegah keguguran di awal kehamilan.

Tips Cara Mencegah Keguguran Di Awal Kehamilan

Awal kehamilan menjadi masa paling rawan mengalami keguguran karena kandungan dalam ke adaan lemah sehingga mudah untuk mengalami kejatuhan. Maka dari itu ibu hamil butuh perhatian khusus untuk menjaga kehamilannya. Berikut ini tips untuk mencegah keguguran untuk ibu hamil muda :

1. Menjaga Kebutuhan Nutrisi Penting 
Hal yang mendasar agar kandungan lekas menguat adalah memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, terutama pada kehamilan trimester pertama yang sangat lemah dan butuh sokongan nutrisi yang cukup, terutama asam folat yang sangat di butuhkan oleh janin di awal kehamilan agar mencegah lahir prematur dan cacat syaraf.

Ibu hamil juga perlu membaca artikel ini : Nutrisi Untuk Ibu Hamil

2. Berhentilah Merokok dan Minuman Beralkohol
Bila sebelum hamil Anda memiliki kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol maka saat ini cobalah untuk mulai beristirahat mengkonsumsinya untuk menjaga kesehatan Anda dan janin dalam kandunga, sebab alkohol dan rokok mengandung zat yang dapat merusak organ tubuh ibu hamil.

3. Hati-hati Mengkonsumsi Obat
Ketika hamil seorang wanita terkadang terserang beberapa penyakit seperti batuk, pusing dan lain sebagainya yang mengharuskan minum obat. Hati-hati dalam mengkonsumsi obat, sebab obat tertentu akan beresiko menggangu kehamilan, maka sebaiknya Anda konsultasikan kepada bidan atau dokter kehamilan terlebih dahulu.

4. Hindari Stres Galau Berkepanjangan
Stress yang berkepanjangan akan mengakibatkan kondisi mental memburuk dan akan lebih berimbas pada kesehatan kandungan. Stress yang terlalu berat biasanya akan mengakibatkan perut kontraksi dan beresiko keguguran.

Jika Anda mengalami stres segeralah berkonsultasi kepada orang yang menurut Anda tepat untuk menyelesaikan masalah Anda, hal ini akan sangat membantu menghilangkan stres. Sehubungan dengan setres ibu hamil juga dapat membaca artikel sebelumnya yang membahas : Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil

5. Hindari Menggunakan Pakayan Ketat
Menggunakan pakaian yang ketat dan tebal akan membuat tubuh menjadi sesak dan tidak nyaman, selain itu juga membatasi tubuh untuk bergerak bebas. Pada ibu hamil menggunakan pakayan yang ketat dapat beresiko keguguran apa bila perut mengalami penyempitan.

6. Hindari Gerakan Ekstrim Yang Menguras Tenaga
Garakan yang terlalu berat dan membutuhkan tenaga besar rawan sekali akan mengalami kontraksi atau perut mengalami sakit, dan banyak kasus keguguran akibat gerakan yang berat di awal kehamilannya.

Contoh: Mencuci pakayan terlalu banyak secara manual, mengangkat benda yang terlalu berat, olahraga yang beresiko cidera terlalu tinggi dan lain sebagainya.

Artikel sebelumnya juga cocok untuk Anda kunjungi yang membahas : Olahraga Untuk Ibu Hamil

7. Kurangi Berkendara Terlalu Lama 
Berkendara terlalu lama akan membuat otot pegal dan fisik menjadi lemas, di tambah lagi apabila jalan yang di lalui berlobang dan bergelemombang juga tanjakan serta turunan yang ekstrim akan sangat beresko untuk kandungan Anda.

Beberapa ibu hamil mengalami keguguran akibat berkendara terlalu lama karena melaliu jalan yang berlobang. Goncangan dalam kendaraan akan berakibat buruk apabila kondisi kehamilan masih sangat muda (trimester pertama).

Artikel terkait : Hamil sering naik motor? aman atau bahaya

8. Pola Makan Teratur
Ketika hamil muda umumnya ibu hamil mengalami mual-mual dan biasanya nafsu makan sangat rendah sehingga terkadang ibu hamil terlambat memenuhi kebutuhan gizi kandungannya. artikel sebelumnya : Buah Untuk Ibu Hamil Muda Agar Tidak Mual

Makanlah pisang untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi sementara ibu hamil dan setelah kondisi tubuh membaik lengkapilah kebutuhan gizi dengan mengkonsumsi makanan yang lebih banyak.

Informasi Penting tambahan : Tanda-Tanda Keguguran yang harus di waspadai

Selain berhati-hati dan memenuhi kebutuhan nutrisi, ibu hamil dalam mencegah keguguran di awal kehamilan sebaikanya juga di imbangi dengan istirahat yang cukup, selalu berpositif thinking agar kondisi tubuh selalu fit. Ibu hamil juga bisa mebaca artikel yang mengulas Penyebab Keguguran Yang Paling Utama.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Cara Mencegah Keguguran Di Awal Kehamilan"

loading...