Cara Menghilangkan Stres Saat hamil

loading...
Kondisi ibu hamil kadang tidak stabil dengan emosional yang sensitif kerap menjadikan ibu hamil mengalami stres. Tips cara menghilangkan stres saat hamil salah satunya adalah dengan mengetahui mengapa kita mengalami stress.

Stres dapat di sebabkan oleh beberapa alasa seperti kondisi fisik yang yang tidak baik, mendengar hal yang menyedihkan, permasalahan yang tak kunjung teratasi dan lain sebagainya. Bahkan kadang ibu hamil mengalami stres namun tidak mengerti apa yang menyebabkannya stres.

Mengatasi stres dapat diatasi ketika kondisi ibu hamil baik fisik maupun batin dalam ke adaan baik dan tenang. Badan yang rileks akan menjernihkan fikiran meregangkan otot kaku yang dapat mengurangi stres.

Cara Menghilangkan Stres Saat hamil

Hal-Hal Yang Dapat Menghilangkan Stress Saat Hamil
1. Menyelesaiakan masalah pribadi
Bila ibu hamil punya masalah dengan seseorang dengan sekitarnya hingga menjadi beban, maka sebaiknya segeralah mengatasinya dengan berkominikai yang baik, mintabantuan orang di sekitar Anda bila perlu untuk di lakukan.

2. Mengkonsumsi Buah Yang Segar
Beberapa buah yang segar memiliki manfaat untuk memberikan efek ketenangan pada ibu hamil seperti kedondong, stroberi dan lain sebagainya. Buah kesukaan Anda juga boleh , asalkan Anda harus menelitinya terlebih dahulu apakah buah itu aman dikonsumsi saat hamil.

3.Melakukan Hobi 
Dengan melakukan hobi dapat memperbaiki kondisi emosi yang buruk menjadi lebih baik. Jaklah orang-orang yang sehobi dengan Anda agar semakin menyenangkan.

4. Lakukan Olahraga
Olahraga akan membuat tubuh menjadi rileks saat sedang hamil, hal yang perlu di perhatikan saat berolahraga hindari olaharaga ekstrim semisal tenis, lari dan melompat-lomat. Olahraga untuk ibu hamil salah satunya berenang : Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil

5. Isirahat Yang Cukup
Tubuh lelah dan letih dapat menjadikan munculnya stres pada ibu hamil, nah untuk mengatasinya dengan isirahat yang cukup setiap hari, selain itu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

6. Berkonsultasi 
Berkonsultasi dengan orang yang tepat atas masalah yang di alami dapat menurunkan tinggakatan stres bahkan bisa menghilangkannya. Bila ada masalah kesehatan berkonsultasilah pada dokter, dan jika masalah pribadi Anda bisa berkonsultasi dengan ahli sikologi.

7. Mendengarkan Music Kesukaan
Music yang di sukai dapat mengurangi beban sikologi dan memberikan sensasi menghibur sehingga stres dapat hilang secara pelahan. Music yang dapat menjadi piliah adalah musik yang lantunannya merdu.

Berikut ini beberapa penyebab Ibu hamil mengalami stres dan bagaimana cara mengatasinya :

Karena Hormon dan Perubahan Fisik
Kehamilan bagi seorang wanita yang baru mengalaminya akan merasakan hal-hal baru yang merubah kondisi fisik dan munculnya hormon yang di akibatkan karena hamil. Salah satu bentuk fisik yang biasanya cantik menjadi kurang cantik seperti terjadinya pembengkakan, tubuh semakin berat, muculnya jerawat dan perut yang mulai buncit.

Sedangkan yang di akibatkan hormon adalah mual-mual, pusing, persendian mengalami sakit terkadang juga di ikuti demam. Ibu hamil kerap mengalami hal ini yang mengakibatkan stress saat di awal kehamilan.

Anda tak perlu khawatir dengan hormon ini karena dengan semakin berumurnya kandungan tubuh kita akan mulai dapat beradptasi, untuk mebantu Anda melewati masa-masa ini dapat meminta suami atau orang terdekat Anda untuk melayani dan menghibur hari-hari Anda. 

Rasa Khawatir Dengan Proses Persalinan
Wanita sering mendengar kalau proses bersalin itu akan sangat menyakitkan dan taruhannya adalah kematian. Hal ini yang membuat ibu hamil mengalmi stres. Sebenarnya saat ini teknologi medis telah canggih dan banyak menemukan metode agar keselamatan ibu dan bayi dapat terjamin. 

Belum Siap Untuk Hamil (Tak Diharapkan)
Kehadiran janin yang tidak di harapkan oleh seorang wanita akan menjadi faktor munculnya stres berkepanjangan yang beresiko pada kesehatan ibu hamil dan janin. Apalagi keluarga dekat juga tidak mengharapkan kehamilan ini.

Masalah ini cukup riskan untuk di atasi, ibu hamil yang mengalami maslah ini membutuhkan nasehat dari orang-orang di sekitarnya dan mendekatkan diri pada sang pencipta agar di berikan hati yang lapang dada dan menerima kenyataan serta bertanggung jawab atas karunia janin yang di kandungnya.

4. Masalah Ekonomi Keluarga
Bagi keluarga baru dengan kekuatan ekonomi yang belum kuat akan stres jika mengalami kehamilan karena dengan hamil akan butuh biaya tambahan sedangkan penghasilan sehari-hari juga belum meningkat.

Stress akan semakin parah jika kondisi kepala keluarga dalam masalah kehilangan pekerjaa. Cara mengatasi untuk masalah ini juga tergolong cukup berat. Hal yang bisa di lakukan agar sang ibu tidak stres adalah suami dapat meyakinkan ibu hamil bahwa dia dapat berusaha lebih giat dan bekerja lebih keras untuk menambah pengahsilan.

Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil adalah dengan mendekatkan diri pada pencipta dengan pasrah dengan di wujudkan dengan usaha dan kesabaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca, dan membantu ibu hamil.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghilangkan Stres Saat hamil "

loading...