Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Ibu Hamil

loading...
Apakah ibu hamil boleh makan buah anggur dan benarkah buah anggur itu memiliki manfaat untuk ibu hamil? Buah anggur berbahaya untuk ibu hamil dan dapat menyebabkan keguuguran adalah sebuah mitos yang sampai saat ini belum terbukti kebenarannya.

Buah anggur ternyata jika di tinjau dari kandungan gizinya rupanya ibu hamil akan mendapatkan banyak manfaat dari mengkonsumsinya. Selain itu buah anggur memiliki rasa agak kecut dan manis yang cocok untuk lidah ibu hamil yang gemar makanan kecut.

Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Ibu Hamil

Apa saja sih kandungan pada buah anggur ini ? Yuk kita liat informasi kandungan buah anggur dalam sajian 100 gram yang di rujuk dari data USDA amerika :

Informasi Nilai Gizi Buah Anggur/100 g
Karbohidrat 18.1 g
Gula  15.48 g
Serat pangan 0.9 g
Lemak 0.16 g
Protein 0.72 g
Kandungan Vitamin Anggur
Tiamina (Vit. B1) 0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.07 mg (5%)
Niasin (Vit. B3) 0.188 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5) 0.05 mg (1%)
Vitamin B6 0.086 mg (7%)
Folat (Vit. B9) 2 μg (1%)
Vitamin B12 0 μg (0%)
Vitamin C 10.8 mg (18%)
Vitamin K 22 μg (21%)
Kandungan Mineral Anggur
Kalsium 10 mg (1%)
Besi  0.36 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Mangan 0.071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%)
Kalium 191 mg (4%)
Natrium 3.02 mg (0%)
Zink  0.07 mg (1%)

Rupanya buah anggur banyak memiliki nutrisi untuk kesehatan. Namun, untuk ibu hamil makan anggur dengan porsi 10 kg perhari supaya di hindari karena di khawatirkan akan berlebihan glukosa yang membuat ukuran janin dalam kandungan membesar sehingga beresiko lahir sesar. 

Jadi konsumsi buah anggur yang sedang-sedang saja agar manfaatnya maksimal tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan tubuh kita. Berikut ini manfaat anggur untuk ibu hamil : 

Memperbaiki Nafsu Makan Ibu Hamil Muda
Anggur memiliki rasa kecut manis yang biasanya di sukai oleh ibu hamil karena dapat mengurangi rasa mual dan meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil karena mengandung Vitamin B1 yang berfungsi memperbaiki nafsu makan.

Sama halnya dengan manfaat asam jawa untuk ibu hamil yang juga dapat memperbaiki nafsu makan , menghilangkan mual dan juga untuk kesehatan tulang.

Mengobati Migran Pada Ibu Hamil
Ibu hamil harus hati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan dalam menyembuhkan sakit kepada sebelah atau sering di sebut migran. Jus buah anggur merah bermanfaat sebagai obat migran yang aman untuk ibu hamil.

Membantu Pembentukan Tulang Janin 
Siapa yang sangka kalau buah anggur itu kaya kandungan kalsium, kalium, dan magnesium yang berperan penting di dalam pembentukan tulang pada janin, dan juga menjaga kekuatan tulang ibu hamil, jadi anggur sangat baik unuk di konsumsi ibu hamil.

Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan 
Jika ibu hamil mengalami masalah pada pencernaan seperti susah BAB maka dengan mengkonsumsi buah anggur dapat membantu melancarkan pencernaan, sebab anggur memiliki kaya serat dan vitamin C yang membantu proses pencernaan bekerja lebih baik.

Menjaga Kekebalan Tubuh Ibu Hamil
Kekebalan tubuh yang baik akan menjaga tubuh ibu hamil terhindar dari masalah kesehatan seperti demam, batuk dan pilik. Anggur kaya akan vitamin C dan antioksidan akang meningkatkan kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Ginjal 
Khasiat dari anggur salah satunya adalah menjaga kesehatan ginjal karena dapat meningkatkakn kinerja ginjal sebab anggur memiliki sifat alkaline yang dapat melancarkan pembuanagan ampas makanan cair melalui urin.

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi pada buah anggur dapat menjaga kesehatan darah ibu hamil, sebab zat besi bermanfaat untuk menjaga kadar sel darah merah dalam darah dan membantu mengikat oksigen dalam darah, hal ini akan menjadikan tubuh segar dan terhindar dari gampang lelah.

Mengurangi Bengkak Pada Ibu Hamil
Biasanya ibu hamil mengalami masalah pada kaki yang membengkak dan untuk mengurangi bengkak dapat di lakukan dengan olah raga untuk ibu hamil agar otot mengalami peregangan. Mengkonsumsi anggur yang mengandung kalsium dan magnesium dapat dengan efektif mengurangi bengkak pada kaki ibu hamil.

Metabolisme Tubuh Lancar
Metabolisme dalam tubuh menghasilkan energi untuk aktifitas sehari-hari dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Buah anggur kaya akan vitamin dan mineral penting yang di butuhakn oleh tubuh sehingga membuat pemulihan tubuh smakin cepat.

Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil sangat banyak, namun tidak dianjurkan untuk mengkonusmsinya terlalu banyak karena dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh. jadi makannya sedang-sedang aja.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Ibu Hamil"

loading...