10 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Ibu Hamil

loading...
Buncis merupakan jenis dari tanaman kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk ibu hamil. Sayur buncis biasanya di konsumsi dengan cara di tumis dan dijadikan sayur sop yang lezat  untuk di santap oleh ibu hamil. 

Manfaat dari buncis yang kaya akan protein dan vitamin di butuhkan oleh ibu hamil dalam proses pertumbuhan janin dan metabolisme dalam tubuh. Selain untuk menyehatkan ternyata buncis juga berguna untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan lain sebagainya. 

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Sebenarnya apa yang membuat buncis ini menjadi spesial ? ternyata adalah kandungan gizi pada buncislah yang menjadi penyebabnya, yuk sekarang kita intip beberapa kandungan buncis di bawah ini : 

Kandungan Nilai Gizi Buncis  per 100 g (3.5 oz)
Energi 131 kJ (31 kcal)
Karbohidrat 6,97 g
Serat makanan 2,7 g
Lemak 0,22 g
Protein 1,83 g
Kandungan Vitamin Buncis
Vitamin A equiv. (4%) 35 ug
Tiamin (B1) (7%) 0,082 mg
Riboflavin (B2) (9%) 0,104 mg
Niacin (B3) (5%) 0,734 mg
Asam pantotenat (B5) (5%) 0,225 mg
Vitamin B6 (11%) 0,141 mg
Folat (B9) (8%) 33 ug
Vitamin C (15%) 12,2 mg
Vitamin K (14%) 14,4 ug
Kandungan Mineral Buncis
Kalsium (4%) 37 mg
Besi (8%) 1,03 mg
Magnesium (7%) 25 mg
Mangan (10%) 0,216 mg
Fosfor (5%) 38 mg
Kalium (4%) 211 mg
Zinc (3%) 0,24 mg
konstituen lainnya
Fluoride 19 ug

Mengetahui kandungan buncis yang kaya nutrisi, kira-kira apa saja ya pengaruh kandungan buncis di atas untuk kesehatan kita, berikut ini ulasan Manfaat Buncis Untuk Ibu Hamil untuk Anda :

1. Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil
Sembelit pada masa kehamilan adalah hal yang cukup menyiksa, hal ini di sebabkan karena kurang sehatnya pencernaan, dengan mengkonsumsi buncis yang kaya akan serat dapat membantu mengurangi sembelit yang terjadi pada ibu hamil.

Seputar kesehatan pencernaan ibu hamil, yakult yang merupakan minuman probiotik yang menjaga kesehatan usus ikut serta dalam menjaga kesehatan usus. Namun, bolehkan ibu hamil minum yakult?

2. Aman Untuk Diabetes
Jika salah satu di antara ibu hamil mengidap diabetes maka jangan terlalu khawatir mengkonsumsi buncis sebab buncis aman untuk orang yang mengidap diabetes karena kadar indeks glikemik yang sangat rendah dan kandungan glyconutrien di dalam buncis membantu mengontrol kadar gula darah ibu hamil.

3. Menjaga Kesehatan Jantung Ibu Hamil
Mengkonsumsi buncis ternyata juga baik untuk kesehatan jantung, sebab sayuran ini mempu menurunkan LDL atau kadar kolestrol jahat yang menyumbat pembuluh darah sehiingga membahayakan untuk kesehatan. Buncis juga mengnadung magnesium yang merupakan salah satu nutrisi untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Membantu Dalam Pembantukan Tulang Janin
Setiap hari tubuh membutuhkan kalsiun untuk menjaga kekuatan tulang, namun pada ibu hamil kalsium tidak hanya untuk kekuatan tulang tetapi juga di gunakan dalam pembentukan tulang ibu hamil. Buncis ternyata juga mengandung kalsium dan fosfor untuk kebutuhan kalsium ibu hamil.

5. Peroleh Pikiran Yang Tenang
Sifat hipoglikemik yang mampu membuat saraf menjadi lebih tenang dan mengurangi tingkat stress yang terjadi. Hal ini yang menyebabkan mental kita lebih sehat yang akhirnya pikiran kita menjadi lebih tenang dan terkendali.

6. Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil
Ibu hamil sering terserang anemia karena kurangnya sel darah merah dalam darah, hal ini di sebabkan makanan yang di konsumsi tidak mencukupi kebutuhan zat besi sehingga ibu hamil sering mengalami lemas. Ibu hamil makan buncis maka ibu hamil juga engasup zat besi yang terdapat pada buncis.

7. Menjaga Kesehatan Kandungan 
Nutrisi yang tidak kala penting untuk ibu hamil adalah asam folat atau juga di sebut vitamin B9 yang berperan penting untuk menjaga kesehatan janin. Ibu hamil yang kekurangan asam folat dapat mengakibatkan gangguan syaraf, berat badan janin rendah, prematur bahkan juga keguguran yang di akibatkan ketidak mampuan janin bertahan hidup dalam rahim.

8. Membantu Meningkatkan Nafsu Makan 
Buncis mengandung vitamin B1 tiamin yang berguna untuk meningkatkan nafsumakan, karena ibu hamil muda biasanya mengalami nafsu makan yang buruk, maka makan buncis sangat cocok untuk memperbaik nafsu makan ibu hamil muda.

9. Sayuran Ber-antioksidan 
Ingin terhindar dari masalah kesehatan akibat radikal bebas maka mengkonsumsi sayur bunci akan membantu menetralkan radikal bebes yang sering berpotensi untuk merusak beberapa organ tubuh ibu hamil yang di khawatirkan mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

10. Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Janin
Buncis merupakan sumber protein nabati yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan janin, protein dalam tubuh berguna di dalam pembentukan sel-sel baru pada janin dan meremajakan sel yang rusak akibat radikal bebas dan usia sel yang harus di regenerasi.

Tips mengkonsumsi Buncis Untuk Ibu Hamil
Walupun buncis bermanfaat untuk ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buncis berlebihan karena beberapa nutrisi bila di asup berlebihan akan bersiafat toksin atau racun yang memperburuk kondisi kesehatan. 

Jadi ibu hamil dapat mengkonsumsi buncis dengan cara di tumis atau di olah menjadi sayur sop yang dapat di hidangkan bersama keluarga. Imbangi juga dengan makanan bergizi lengkap dan se-imbang agar kondisi tubuh dan janin selalu sehat. Itulah informasi menganai manfat buncis untuk ibu hamil semoga bermanfaat.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Ibu Hamil"

loading...