Manfaat Dan Kandungan Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

loading...
Semangka adalah buah yang cocok di konsumsi saat suhu udara panas. Buah semangka juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan ibu hamil karena kandungan nutrisi berupa mineral dan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh untuk bermetabolisme.

Tubuh kita setiap hari memerlukan nutrisi, terutama ibu hamil yang mengalami kebutuhan lebih tinggi dari biasanya. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi sangat di perlukan oleh ibu hamil agar kesehatan kandungannya terjaga.

Agar pemahaman Ibu hamil lebih dalam mengenai nutrisi atau gizi yang di butuhkan setiap hari selama kehamilan, Anda bisa membaca artikel berikut ini : Nutrisi Gizi Penting Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat Dan Kandungan Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Berbicara mengenai manfaat semangka, ada baiknya jika kita melihat apasaja kandungan nutrisi pada buah semangka 100 gram. Berikut ini informasi nilai Gizi semangka yang saya kutip dari USDA dari situs wikipedia. : 

Kandungan Nilai Gizi Semangka per 100 g (3.5 oz)
Energi 127 kJ (30 kcal)
karbohidrat 7.55 g
Gula 6,2 g
Serat makanan 0,4 g
Lemak 0,15 g
protein 0.61 g

Kandungan Vitamin Buah Semangka
Vitamin A equiv. (4%) 28 ug
beta karoten (3%) 303 ug
Tiamin (B1) (3%) 0,033 mg
Riboflavin (B2) (2%) 0,021 mg
Niacin (B3) (1%) 0,178 mg
Asam pantotenat (B5) (4%) 0,221 mg
Vitamin B6 (3%) 0,045 mg
Kolin (1%) 4,1 mg
Vitamin C (10%) 8.1 mg

Kandungan Mineral Buah Semangka
Kalsium (1%) 7 mg
Besi (2%) 0,24 mg
Magnesium (3%) 10 mg
Mangan (2%) 0,038 mg
Fosfor (2%) 11 mg
Kalium (2%) 112 mg
Sodium (0%) 1 mg
Zinc (1%) 0,1 mg
konstituen lainnya
Air 91,45 g
Lycopene 4532 ug

Setelah di tinjau dari kandungannya sepertinya manfaat buah semangka cukup banyak untuk kesehatan ibu hamil karena kaya vitamin dan mineralnya. 

Bila Anda sedang hamil muda mungkin Anda juga butuh daftar buah yang dapat mengurangi rasa mual pada postingan sebelumnya : Buah-Buahan Untuk Ibu Hamil Muda Agar Tidak Mual

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Buah semangka kaya akan lycopene yang sama halnya dengan buah tomat. Lycopene berperan sebagai antioksidan yang meredam radikal bebas yang dapat meneybabkan penyakit jantung, kangker, katarak dan penyakit lainnya yang dapat menjangkit ibu hamil.

Buah Sumber Energi 
Ibu hamil membutuhkan kalori lebih banyak dari biasanya, dan sumber kalori utama dalam tubuh kita adalah karbohidrat dan gula yang di dalam tubuh di gunanakan untuk metabolisme dan energi untuk beraktifitas sehari-hari. Buah semangka juga kaya akan karbohdrat dan gula.

Menjaga Kekuatan Tulang Ibu Hamil 
Kalsium di perlukan oleh tubuh agar tulang tetap padat dan kuat. Ibu hamil membutuhakan kalsium tambahan karena kalsium yang di asup ibu hamil juga di gunakan untuk membantu pembentukan tulang pada janin dalam kandungan.

Mengandung Zat Besi
Masa kehamilan biasanya ibu hamil di berikan suplemen tambahan yang kaya akan zat besi untuk mencegah ibu hamil terserang enamia yang menyebabkan pucat dan lemas. Kurangnya zat besi juga dapat mengakibatkan bayi lahir prematur.

Menjaga Kesehatan Janin 
Ibu hamil yang sehat cerminan dari janin yang sehat dalam kandungannya. Buah semangka mengandung vitamin A dan beta karoten yang berperang tidak hanya menjaga kesehatan mata melainkan juga menjadi Antibodi bagi janin dalam kandungan. 

Kaya Vitamin C
Manfaat Vitamin C selain sebagai antioksidan juga berguna didalam melarutkan beberapa mineral dan vitamin seperti kalsium agar dapat di serap dan dimanfaatkan oleh tubuh.

Mengurangi Derita Morning Sickness
Ibu hamil sering mengalami masalah morningsickness di pagi hari, untuk menguranginya Anda dapat mengkonsumsi jus buah semangka, sebab semangka dapat menenangkan ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness.

Bila Anda ingin lebih tau manfaat buah yang lain untuk ibu hamil dapat membacanya pada label buah di halaman ini : Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil dan jika Ibu hamil juga penasaran dengan perbedaan manfaat pada semangka kuning dan merah dapat melihatnya pada artikel ini : Manfaat Semangka Merah dan Kuning

Buah semangka juga dapat menjadi pilihan untuk ibu hamil muda ketika mual mengkonsumsi makanan pokok. Semoga artikel manfaat dan kandungan buah semangka untuk ibu hamil bermanfaat untuk para pembaca. Selamat menikmati buah semangka :-)
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Dan Kandungan Buah Semangka Untuk Ibu Hamil"

loading...