semua tentang ibu hamil

Manfaat Dan Kandungan Sayur Brokoli Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Brokoli adalah salah satu jenis sayur berkelas yang memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil, kandungan brokoli juga banyak mengandung vitamin dan mineral penting yang di butuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan kandungannya. 

Memasak brokoli menjadi sayuran untuk di konsumsi dapat di oleh dengan cara di rebus, di kukus dan di tumis atau juga boleh di makan mentah. pengolahan dengan cara pemanasan dapat menghilangkan beberapa nutrisi di dalam brokoli. 

Manfaat Dan Kandungan Sayur Brokoli Untuk Ibu Hamil

Misal dengan cara merebus brokoli dapat menghilangkan 50% kandungan asam folat di dalamnya, jadi kalau mau di rebus, jangan terlalu lama, sekitar 5 menit sudah cukup. Cara yang baik dalam memasak brokoli dengan mengukusnya karena nutrisi yang hilang akan lebih sedikit.

Brokoli memiliki kandungan nutrisi yang banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, Anda penasaran apa saja dalam kandungan brokoli? Berikut ini informasi nilai gizi brokoli dalam 100 gram yang di kutib dari data best gizi milik USDA : 

Nilai gizi per 100 g (3.5 oz)
Energi 141 kJ (34 kcal)
karbohidrat 6.64 g
Gula 1,7 g
Serat makanan 2,6 g
Lemak 0,37 g
protein 2,82 g
Kandungan Vitamin Brokoli 
Vitamin A equiv (4%) 31 ug
beta karoten (3%) 361 ug
lutein zeaxanthin  1403 ug
Tiamin (B1) (6%) 0,071 mg
Riboflavin (B2) (10%) 0,117 mg
Niacin (B3) (4%) 0,639 mg
Asam pantotenat (B5) (11%) 0,573 mg
Vitamin B6 (13%) 0,175 mg
Folat (B9) (16%) 63 ug
Vitamin C (107%) 89,2 mg
Vitamin E (5%) 0,78 mg
Vitamin K (97%) 101,6 ug
Kandungan Mineral Brokoli 
Kalsium (5%) 47 mg
Besi (6%) 0,73 mg
Magnesium (6%) 21 mg
Mangan (10%) 0,21 mg
Fosfor (9%) 66 mg
Kalium (7%) 316 mg
Sodium (2%) 33 mg
Zinc (4%) 0,41 mg
konstituen lainnya Air 89,3 g

Cukup banyak bukan, kandungan nutrisi atau gizi pada 100 gram brokoli. Setelah mengetahui isi dari sayur brokoli saatnya kita mengulas manfaatnya untuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini ulasannya : 

Manfaat dan Khasaiat Brokoli Bagi Ibu Hamil

1. Menjaga Kehamilan Tetap Sehat
Brokoli merupakan sumber vitamin B9 atau sering di sebut asam folat yang di butuhkan oleh ibu hamil agar kesehatan syaraf janin terjaga. Selain itu wanita yang tidak hamil dan berencana untuk hamil juga perlu asam folat untuk meningkatkan kesuburan.

2. Membantu pembentukan tulang Pada Janin 
Mineral penting yang di butuhkan janin dalam masa pembentukan organ tubuh salah satunya yaitu kalsium, fosfor dan kalium yang berguna di dalam pembentukan sel tulang. Kalsium yang cukup akan membantu dalam penyempurnaan bentuk tulang pada janin dalam kandungan.

3. Mencegah Bayi Lahir Prematur
Salah satu yang menyebabkan bayi prematur adalah karena kurangnnya zat besi yang di konsumsi oleh ibu hamil, sehingga menjadikan oksigen dalam darah tidak terpenuhi. mengkonsumsi brokoli dapat mengasup kebutuhan zat gizi ibu hamil untuk mencegah bayi lahir prematur.

Ulasan sebelumnya juga menjelasakan sumber zat besi pada sayur bayam, dapat Anda baca pada : manfaat bayam untuk ibu hamil

4. Mengatasi Pucat Saat Kehamilan 
Masa kehamilan cukup berat bagi ibu hamil karena nutrisi yang di konsumsnya harus di bagi untuk janin yang di kandungannya, hal ini dapat mengakibatkan ibu hamil mengalami pucat apabila kekurangan asupan nutrisi zat besi dan vitamin. brokoli kaya akan zat besi dan vitamin untuk mengatasi pucat saat kehamilan.

6. Melancarkan Pencernaan Ibu Hamil
Pencernaan bermasalah yang di sebabkan kurang serat? Ibu hamil jangan khawatir apa bila mengkonsumsi sayur brokoli, karena brokoli kaya akan serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan dan menjaganya dari berbagai masalah pencernaan.

7. Melindungi tubuh Dari Kerusakan
Taukah Anda bahwa tubuh dapat di rusak oleh radikal bebas yang menyarang tubuh kita akibat banyak polusi di sekitar. Brokoli kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan organ tubuh akibat radikal bebas sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat walupun sedang hamil.

8. Menjaga Kecantikan Kulit Ibu Hamil
 Salah satu organ kecantikan yang penting adalah kulit, dengan mengkonsumsi brokli yang kaya akan vitamin C, antioksidan dan vitamin E akan membantu menjaga kesehatan kulit ibu hamil agar tetap cerah dan lembab. 

Masih banyak sayuran lain yang bermanfaat dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan kandungan ibu hamil, dan pernah saya bahas pada postingan sebelumnya, Anda dapat membacanya kembali di : Sayur-sayuran yang sehat untuk ibu hamil

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca, terutama untuk ibu hamil yang mencari manfaat dari brokoli untuk kesehatan kehamian. Sekian artikel kali ini sampai jumpa di postingan yang lain. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Dan Kandungan Sayur Brokoli Untuk Ibu Hamil

0 komentar: