Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Ibu Hamil

loading...
Labu siam atau disebut juga dengan jipang merupakan jenis sayuran yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang dikandungnya sebab memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti halnya manfaat labu kuning untuk ibu hamil.

Biasanya untuk mengkonsumsi labu siam direbus terlebih dahulu untuk menghilangkan getahnya, kemudian dimasak dengan berbagai macam hidangan sebagai lalapan, campuran sayur bening, dan disayur dengan bahan lainnya. 

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan nutrisi labu siam tergolong tinggi sehingga cukup di gemari oleh banyak orang karena manfaatnya bagi kesehatan, kandungan gizi pada labu siam.

Mungkin saat ini ibu hamil lagi memasak labu siam untuk di hidangkan dalam menu masakan dan ingin tau kegunaan labu siam untuk kesehatan kandungan ibu hamil, berikut ini ulasannya : 

Menjaga Berat Badan Ideal Ibu Hamil
Berat badan cukup sulit untuk di jaga karena nafasu makan yang tinggi saat usia kandungan di atas trimester pertama, untuk ibu hamil yang ingin tetap memiliki tubuh yang baik dengan berat badan ideal maka dapat mengkonsumsi buah labu siam karena rendah kalori dan lemak selain itu juga labu siam kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan.

Mengandung Asam Folat Yang Cukup 
Sayuran yang mengandung folat salah satunya adalah labu siam yang sangat di butuhkan oleh ibu hamil untuk perkembangan syaraf janin yang sangat penting sehingga tidak heran jika banyak produk susu ibu hamil menekankan kandungan asam folat di dalamnya.

Kandungan folat atau vitamin B9 dalam buah labu siam ini sebesar 93 mikrogram yang merupakan sekitar 23% dari kebutuhan folat pada ibu hamil.

Antioksidan Penetral Radikal Bebas
Tubuh ibu hamil rentang terserang radikal bebas dari polusi lingkungan yang kian lama makin tidak terkendali yang dapat merusak struktur DNA dan protein dalam tubuh, sehingga ibu hamil sangat perlu antioksidan yang cukup untuk mentralkan senyawa radikal yang berbahaya untuk ibu hamil dan kandungannya.

Mengurangi Stres Pada Ibu Hamil 
Ibu hamil sering mengalami masalah mental yang di akibatkan beberapa faktor termasuk salah satunya faktor kesehatan. Kandungan kalium pada buah labu siam dapat membantu mengendalikan hormon penyebab setres serta meningkatkan kerja otak sehingga pikiran menjadi lebih tenang.

Membantu Meningkatkan Nafsu Makan 
Bagi ibu hamil yang memiliki masalah morningsickness akan mengalami nafsu makan yang rendah, dengan mengkonsumsi buah labu siam yang mengandung thiamin akan membantu memperbaiki nafsu makan pada ibu hamil, apa lagi jika ibu hamil mengidam labu siam.

Membantu Pembentukan Tulang Pada Janin
Kandungan kalsium, fosfor dan magnesium pada labu akan meningkatkan perkembangan tulang janin yang cepat, ibu hamil juga membutuhkan kalsium untuk menjaga kekuatan tulang akibat menopang janin dalam kandungannya.

Dalam mengelola labu siam juga harus hati-hati karena lendir getah saat mengupasanya dapat menyebabkan kulit gatal namun bersifat sementara, jadi tidak perlu khawatir. Selain itu untuk memperoleh manfaat labu siam untuk ibu hamil, tidak di anjurkan mengkonsumsinya dengan porsi yang berlebihan karena hal yang berlebihan itu tidak akan memberikan manfaat. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Ibu Hamil"

loading...