Tips Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

loading...
Mengetahui masa subur pada wanita yang ingin segera hamil akan sangat membantu didalam program kehamilan. Sebab masa subur adalah fase yang cukup penting untuk melakukan hubungan suami istri apa bila ingin segera hamil karena persentase keberhasilan tinggi untuk ibu hamil apabila di lakukan pada masa subur.

Mengapa demikian? Sebab dikarenakan masa subur adalah masa dimana sel telur benar-benar matang dan siap untuk di buahi sehungga ketika sel sperma yang prima mencoba membuahi sel telur akan lebih mudah dan jika berhasil akan menyebabkan kehamilan.

Tips Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Namun sayangnya banyak pasangan yang belum mengetahui cara menghitung masa subur setelah haid, Nah pada kesempatan kali ini areabumil.com akan mencoba membagikan informasinya untuk pembaca.

Tips Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid 

Metode dalam perhitungan masa subur pada wanita cukup banyak untuk menentukan kapan masa subur Anda. Salah satu cara yang cukup mudah adalah menggunakan kalkulator masa subur. Saat ini telah banyak aplikasi kalkulator penghitung masa subur yang dapat Anda peroleh dari internet, namun anda tetap bisa menghitungnya sendiri karena tidak terlalu sulit karena rumusnya cukup sederhana.

Pembagian Masa Subur Pada Wanita

Perhitungan Kesuburan pada wanita di bagi menjadi dua berdasarkan tingkat keteraturan haidnya , sebab wanita ada yang memiliki haid yang teratur dan ada yang tidak teratur. Namun yang perlu di ketahui juga bahwa masa subur juga terbagi menjadi dua yaitu masa subur biasa dan puncak masa subur.

Masa puncak kesuburan wanita untuk siklus haid normal terjadi pada hari ke 14 sampai 16 sejak awal Anda haid jika siklus haid Anda selama 29 hari. Bagaimana jika siklus haid Anda kurang atau lebih dari 29 maka masa subur Anda juga berbeda, untuk membantu Anda saya sertakan tabel masa subur di bawah ini untuk Anda.


Bagaimana dengan wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur? Maka dia harus memiliki catatan mengenai siklus haidnya selama 6 bulan sebelumnya. Nah sekarang cara menghitung masa suburnya adalah menentukan siklus terpendek kemudian di kurangi 18 dan siklus yang panjang di kurangi 11 dan hasilnya adalah rentang masa subur, agar lebih mudah memahaminya berikut ini saya berikan contohnya : 

Misal siklus haid terpendek 25 hari maka (25-18=7) dan siklus terpanjang selama 35 maka (35-11=24) Nah maka masa subur untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur antara hari ke 7 hingga hari ke 24. Karena rentang masa subur ini cukup panjang sehingga lebih sulit untuk menentukan hari keberapa terjadinya ovulasi.

Apa bila Anda masih bingung dengan perhitungan di atas Anda tetap bisa mengetahui masa subur dengan metode yang lain seperti menguji suhu badan harian (suhu tertinggi adalah masa subur, bukan karena demam), lendir serviks (lendir bersifat elastis) dan kit ovulasi. Semoga artikel tips menghitung masa subur wanita setelah haid ini bermanfaat untuk para pembaca. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid "

loading...