semua tentang ibu hamil

Menjaga Kehamilan: Tips Cara Menguatkan Kandungan

loading...

loading...
Setiap ibu hamil memiliki resiko untuk mengalami keguguran pada kandungannya, hanya saja tingkat resikonya yang berbeda. Menjaga kehamilan adalah keharusan yang perlu untuk di lakukan oleh ibu hamil agar janin yang di kandungnya dapat tumbuh normal dan menjadi bayi kelak ketika usai persalinan.

Beberapa ibu hamil merasa telah menjaga kandungannya namun tetap saja keguguran hingga berulang-ulang. Hal ini bisa saja terjadi karena kandungan yang lemah sehingga janin tidak dapat bertahan hidup di dalam rahim seorang wanita. 

Menjaga Kehamilan: Tips Cara Menguatkan Kandungan

Berbagai tips cara menguatkan kandungan dapat ibu hamil jalani untuk dapat meminimalisir resiko keguguran di kandungan saat ini ataupun yang akan datang. Apapun akan di lakukan oleh seorang ibu hamil yang benar-benar mengharapkan buah hati dari pernikahannya, Apakah Anda juga demikian ? 

Sebelum anda melanjutnkan membaca, maka Anda wajib untuk mengetahui penyebab keguguran pada ibu hamil muda di artikel sebelumnya jika Anda belum tahu apa saja faktor penyeyab terjadinya keguguran.

Hal-Hal Yang Dapat Menjaga Kehamilan dan Menguatkan Kandungan

Pra Kehamilan : Persiapan Kehamilan Lebih Matang
Perencanaan sebelum kehamilan dapat mengurangi resiko ketidak cocokan kromosom sehingga resiko keguguran lebih rendah. Persiapan kehamilan harus di lakukan oleh calon ayah dan ibu dengan cara menjaga kesehatan tubuh dalam ke adaan fit dengan mengkonsumsi buah dan olahraga yang teratur sebelum melakukan pembuahan. 

Hal yang cukup mempengaruhi pada kekuatan kandungan di perkirakan sekitar 40% dari istri dan 40% dari suami dan 20% sisanya adaah kombinasi kesuburan suami istri. Jadi agar kandungan lebih kuat harus dipersiapkan sebelum pembuahan. 

Saat Hamil : Gaya Hidup Yang Sehat
Kegiatan dan makanan yang di konsumsi akan mempengaruhi kekuatan kehamilan, gaya hidup sehat dapat mengurangi resiko keguguran di luar faktor genetik atau kelainan pada alat reproduksi. Maka dari itu mulailah dari sekarang ibu hamil meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat. 

1. Mulailah Mengkonsumsi Makanan Alami 
Apa yang kita makan akan tercermin dari kesehatan tubuh kita, mengkonsumsi makanan segar dari tanaman dan daging yang sehat akan memberikan nutrisi tubuh dan banyak manfaat tanpa efek samping pada kehamilan. Makanan alami yang terkontaminasi dengan pastisida, daging yang di suntikkan hormon juga perlu untuk di hindari agar tehindar dari masalah kehamilan yang di akibatkan zat beracun dari bahan kimia.

2. Mulailah Rutin Berolahraga
Olahraga juga dapat di lakukan oleh ibu hamil seperti senam khusus untuk ibu hamil, berenang, atau hanya sekedar jalan-jalan pagi. Hal ini akan membantu tubuh meregangkan otot kaku, melancarkan peredaran darah dan melatih persendian yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, sebab kehamilan yang kuat berasal dari kesehatan tubuh yang prima.

3. Kurangi Pekerjaan Yang Menimbulkan Stres
Bila Ibu hamil memiliki pekerjaan dimanapun tempatnya dan apapun pekerjaannya yang beresiko menimbulkan stres sebaiknya untuk di kurangi. Stres yang berlebih akan berpengaruh pada kadar hormon dalam tubuh, menurunkan daya tahan tubuh dan akibatnya kesehatan  ibu dan janin akan terancam.

4. Stabilkan Kadar Hormon Progesteron
Hormon ini berfungsi untuk mempertahankan janin menempel pada dinding rahim dan menguatkannya. Kadar minimal hormin progesteron minimal di atas 18,9 jika di awal kehamilan trimester pertama di bawah angka itu maka ibu hamil akan beresiko keguguran lebih tinggi. 

Hal yang menyebabkan penurunan kadar hormon progesteron adalah pola hidup yang tidak sehat seperti obesitas, usia di atas 35 tahun dan munculnya stres yang di alami oleh ibu hamil. Untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga.

5. Hindari Apapun Yang Menyebabkan Kontraksi 
Kontraksi adalah salah satu tanda sesuatu terjadi di dalam kandungan anda, dan termasuk salah satu gejala di mulainya keguguran apabila kontraksi terasa terlalu sakit dari biasanya. 

Hal-hal  yang menyebabkan kontraksi juga harus di hindari, berikut yang dapat menimbulkan kontraksi seperti menyusui, menggunakan sepatu hak tinggi, melakukan hubungan seks berlebihan, dan gerakan yang terlalu berat.

6. Hindari Kebiasaan Buruk 
Apakah Anda perokok, peminum alkohol? Jika Anda ingin memiliki kandungan yang sehat dan tidak terjadi masalah pada kesehatan janin maka mulailah berhenti merokok dan meminum alkohol karena akan sangat berbahaya untuk kesehatan janin dan kandungan Anda.

7. Istirahat Yang Cukup
Metabolisme dan perbaikan jaringan tubuh banyak terjadi selama Anda istirahat, istirahat bukan hanya sekedar mengembalikan kesegaran melainkan juga dapat menghemat energi dan memulihkan tubuh yang kurang fit menjadi lebih prima. Hal ini baik untuk menjaga nafsu makan dan kesehatan saat hamil.

Hal paling penting cara menjaga kehamilan dan menguatkan kandungan adalah dengan polah hidup yang sehat dengan di wujudkannya tubuh yang selalu dalam ke adaan baik, pikiran yang positif dan makanan yang di konsumsi juga menyehatkan.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menjaga Kehamilan: Tips Cara Menguatkan Kandungan

0 komentar: