semua tentang ibu hamil

Minum Teh Saat Hamil, Inilah Dampaknya Untuk Kesehatan

loading...

loading...
Minum teh saat hamil bisa jadi adalah hal yang sangat menyenangkan untuk ibu hamil yang gemar minum teh, karena salah satu manfaat teh adalah memberikan rasa tenang dan nyaman pada tubuh. 

Segelas teh hangat dapat memberikan banyak manfaat pada ibu hamil namun pada kondisi tertentu justru memberi kerugian untuk kesehatan, terutama pada ibu hamil sebab beberapa sifat teh yang berpengaruh untuk tubuh.

Sebelum hamil minum teh bukanlah hal yang perlu di pikirkan, tetapi saat hamil minum teh harus di perhitungkan resikonya, berikut ini ulasannya : 

Minum Teh Saat Hamil, Inilah Dampaknya Untuk Kesehatan

Berdasarkan informasi yang di kumpulkan oleh kami bahwa dalam teh hitam seduh terkandung kafeain, flouride, dan theobromin.  Masing-masing dari zat ini memiliki manfaat untuk tubuh namun pada dosis yang berlebih justru akan memiliki efek samping untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa dampak dari minum teh untuk ibu hamil :

Pengaruh Kafein Teh Pada Kondisi Janin
Apapaun yang di konsumsi oleh ibu hamil akan juga di konsumsi oleh janin dalam kandungannya. Kafein yang di konsumsi ibu hamil akan masuk kedalam plesenta yang satu jalur dengan janin. Kafein yang di konsumsi oleh janin dapat mengakibatkakn detak jantung janin tidak teratur dan ritmenya lebih cepat.

Meningkatkakn Resiko Keguguran 
Berlebihan kafein juga dapat mengakibatkan resiko keguguran yang tinggi sebab kafein dapat menghambat perkembangan janin sehingga janin gagal untuk tumbuh dan hal ini yang membuat keguguran dapat terjadi.

Menjadi Salah satu Penyebab Susah Hamil
Kafein yang di konsumsi terlalu banyak akan berakibat seseorang sulit untuk hamil, beberapa penelitian mengungkapakan bahwa kafein yang tidak sesui dengan anjuran akan mengakibatkan gangguan pada metabolisme tubuh dan produksi hormon estrogen pada wanita.

Dapat Merangsang Kontraksi Rahim 
kandungan kafein dan zat stimulan dapat merangsang kontraksi pada rahim, selain itu juga berlebihan minum teh akan mengakibatkan gangguan pada produksi kelenjar penghasil ASI.

Kontroversi Bahaya Kandungan Flouride 
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa flouride memiliki efek samping untuk kesehatan, seperti menurunkan kecerdasan dan memiliki sifat beracun untuk tubuh. Kandungan flouride juga di temukan pada komposisi racun tikus dan pasta gigi. (Kadar aman konsumsi flouride adalah 1.5 mg per hari).

Hal menarik dari kandungan teh yang harus di ketahui bahwa menurut USDA databes nutrisi bahwa dalam secangkir teh berbobot 237 gram teh mengandung :

Karbohidrat 0.7 g
Asam folat 11.9 gcm
Omega 3 total 7.1 mg
Omega 6 total 2.4 mg
Magnesium 7.1 mg
Fosfor 2.4 mg
Pottasoium 87.7mg
Sodium 7.1 mg
Flouride 884 mcg
Kafein 47.4 mg
Theobromine 4.7 mg

Jika ibu hamil menjumpai infomrasi yang menyatakan bahwa kandungan pada teh kaya akan vitamin dan mineral sebaiknya jangan lansung mempercainya, kenali dulu sumber informasi nutrisi yang terpercaya.

Tips Minum Teh Untuk Ibu Hamil
Jika ibu hamil mengidam minum teh atau sangat ingin mengkonsumsi teh silahkan meminumnya. namun hal yang perlu di perhatikan adalah jangan di tambahkan gula terlalu banyak sebab tidak baik untuk ibu hamil, selain itu juga bisa di minum bersama es agar lebih segar.

Artikel terkait : Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Es?

Meminum teh saat hamil tetap aman asalkan tidak terlalu banyak mengkonsumsinya, sebaiknya minum teh ketika hanya ingin saja dan jangan terlalu sering karena lebih baik menghindari resiko dari pada menerima dampaknya. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Minum Teh Saat Hamil, Inilah Dampaknya Untuk Kesehatan

0 komentar: