semua tentang ibu hamil

Mual Saat Hamil: 7 Tips Terbaik Cara Mengatasi Mual

loading...

loading...
Ibu hamil muda akan sangat identik dengan gejala mual saat hamil di trimester pertama dan sangat menggangu aktifitas seorang ibu rumah tangga. Sehingga rasa mual ini harus segera di hilangkan agar kegiatan kembali menjadi lancar. 

Sebernarnya mual adalah pertanda baik bagi seorang ibu hamil muda selama 3 bualan pertama, sebab munculnya mual pada ibu hamil menandakan janin di kandungannya mengalami perkembangan. Mual ini adalah efek hormon yang di keluarkan oleh janin agar dapat bertahan hidup di dalam rahim seorang wanita.

Mual Saat Hamil: 7 Tips Terbaik Cara Mengatasi Mual

Gelaja mual juga akan hilang dengan sendirinya sering bertambahnya usia kandungan, biasanya setelah melewati trimester pertama rasa mual akan berkurang karena janin telah menempel kuat pada dinding rahim seroang ibu. 

Bila Ibu hamil ingin tahu mengenai mual pada kehamilan dapat membacanya pada artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang : Penyebab Mual Pada Ibu Hamil 

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil 

Kenali Penyebab Mual 
Penyebab mual salah satunya akibat dari mencim bau yang terlalu tajam. Jika penyebab ibu hamil mual karena bau yang tajam maka sebaiknya menjauh dari tempat itu. Apabila makan nasi menjadikan ibu hamil mual, tips makan agar tidak mual adalah makan secara sedikit-sedikit. 

Menghirup Aroma Terapi
Saat ketika mual menjadi masalah yang taktertahankan ibu hamil dapat meredakannya dengan menghirup aroma terapi yang saat ini banyak tersedia di apotik. Contoh (bukan promosi) minyak kayuputih, balsem, minya kapak, freshcare dan lain-lain yang cocok dengan ibu hamil.

Mengkonsumsi Buah Segar Kecut
Ibu hamil muda biasanya akan merasakan ngidam buah, dan umunya buah yang dipilih adalah buah yang memeiliki rasa kecut seperti kedondong, mangga muda, salak dan lain sebagainya. Buah segar berasa kecut akan membantu menghilangkan umor atau mulut taksedap yang menyebabkan mual pada ibu hamil muda.

Minum Air Jeruk Nipis
Buah jeruk nipis biasanya di gunakan untuk menghilangkan amis pada makanan dan memberikan sensasi kecut. Bila ibu hamil merasa mual dapat mengkonsumsi air jeruk nipis baik di sajikan dengan bentuk jeruk nipis hangat ataupun es jeruk nipis, biasanya mual akan segera berkurang.

Mengkonsumsi Wedang jahe
Minum wedang jahe akan membantu memberikan sensasi rileks dan menghangatkan tubuh yang kedinginan, selain itu juga berkhasiat menghilangkan mual saat kehamilan. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Memenuhi Kebutuhan Gizi
Kondisi hormon yang tidak begitu stabil memunculkan mual, akan lebih cepat pulih apabila ibu hamil memiliki tubuh yang fit, maka dari itu asupan gizi dan nutrisi harus lengkap. Ibu hamil dapat membaca artikel lain di blog ini yang membahas banyak mengenai nutrisi dan buah yang bagus untuk ibu hamil konsumsi.

Istirahat Yang Cukup
Agar tubuh segera merakan kesegaran, ibu hamil harus menghindari kegiatan yang berefek terlalu lelah. Istirahat yang cukup akan dapat segera memulihkan  tubuh sehingga ibu hamil dapat beradaptasi  dengan kehamilan yang baru dialaminya.

Jangan terlalu Banyak Beban Pikiran
Ibu hamil yang mengalami tekanan pikiran akan berpengaruh pada kekuatan imun dalam tubuh, sehingga tubuh akan lebih cenderung mudah sakit, tubuh yang lemah akan membuat ibu hamil lebih mudah mengalami mual.

Silahkan ibu hamil juga membaca artikel : Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda Yang Harus Di Waspadai

Beberapa cara lain yang bisa ibu hamil tempuh untuk mengurangi rasa mual adalah dengan jalan-jalan diudara yang segar, atau bisa juga istirahat yang cukup dengan tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi. Maul saat hamil itu adalah hal yang lumrah dan akan hilang secara perlahan, tenangkan diri dan cobalah untuk bersantai maka rasa mual akan berkunrang. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mual Saat Hamil: 7 Tips Terbaik Cara Mengatasi Mual

0 komentar: