Penyebab Mengapa Wanita Susah Hamil

loading...
Wanita tidak kunjung hamil belum tentu karena faktor wanita saja, karena penyebab mengapa wanita susah hamil itu bisa di akibatkan karena faktor laki-laki yang kurang subur. Agar seorang wanita bisa hamil maka dalam proses pembuahan haruslah berhasil.

Menurut sebuah penelitian di amerika 10-15% pasangan sulit memiliki keturunan karena ketidak suburan pada wanita dan prianya. Maka dari itu hal ini harus di perikasakan apakah karena masalah kesuburan laki-laki atukah perumpuan. Sehingga ketika telah di ketahui penyeybabnya maka tindakan selanjutnya dapat di lakukan dengan benar.

Penyebab Mengapa Wanita Susah Hamil

Biasanya kesuburan pada laki-laki dan perempuan di akibatkan karena faktor penyakit dan kadang akibat adanya kelainan pada alat reproduksi mereka. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan seorang wanita sulit untuk hamil :

1. Karena Usia 
Ketidak suburan wanita juga bisa jadi karena faktor usia. Wanita yang berusia di atas 40 tahun memiliki resiko keguguran lebih tinggi di bandingkan pada wanita berusia 20 tahun sebab masa-masa ini alat reproduksi sudah tidak produktif lagi sehingga memiliki resiko yang tinggi dan menjadi salah satu alasan menga wanita susah untuk hamil.

2. Riwayat Penggunaan Alat Kontrasepsi
Sering mendengar kasus ibu hamil mengalami kesulitan untuk hamil setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi walupun sudah berbulan-bulan. Peran alat ini adalah untuk menjadikan wanita selalu dalam ketidak suburan alat reproduksinya sehingga proses pembuahan terganggu dan efeknya terkadang bisa berbulan-bulan, bahkan bertaun-taun.

Ketidak seimbangan hormon akibat penggunaan alat kontrasepsi menyebabkan Anda mengalami masalah pada kesuburan. Wanita satu dengan wanita lainnya bisa jadi mengalami hal yang berbeda dalam pemulihannya, tergantung dari kemampuan tubuhnya untuk dapat pulih kembali.

3. Masalah Pada Kesuburan Pria
Tidak merasa mengalami masalah pada kesuburan wanita karena telah memerikasakan diri maka hal yang perlu di curigai adalah kualitas dari alat reproduksi jantang yaitu sel sperma laki-laki. Ketidak suburan pria akan mengakibatkan wanita susah untuk hamil.

Masalah ini dapat di tindak lanjuti dengan memerikasakan kondisi pria kepada dokter, setelah positif dokter akan memberikan saran-saran agar kesuburan pria kembali normal.

4. Menoupause Datang Lebih Awal
Penyebab lain dari salah satu wanita susah hamil adalah menoupus yang datang lebih awal sebelum usian 40 tahun. Namun menurut hasil survey sekitar 1 dari 10.000 orang wanita yang berusian 20 tahun ke bawah telah mengalami menoupause. Biasanya tanda-tanda Menoupause ini datang bulan sudah tidak pernah datang lagi.

5. Ovulasi Bermasalah
Gangguan yang terjadi pada Ovulasi adalah hal yang paling umum terjadi pada wanita yang mengalami susah untuk hamil sebab terjadi gangguan dalam pelepasan sel telur secara secara berkala.

6. Efek Obat-Obatan
Obat-obat tertentu yang kita konsumsi dapat menjadi penyebab kesuburan alat reproduksi wanita mengelami ketidak suburan seperti Obat anti-inflamasi nonstreoid (OAINS), Neuroleptik atau obat antipsikotik, Spironolakton, Obat untuk kemoterapi dan Obat-obatan terlarang seperti ganja dan kokain mampu memengaruhi kesuburan.

7. Tumor Jinak (Submucosal fibroid)
Tumor ini tumbuh di sekitar dan kadang didalam rahim dan tidak bersifat kanker. Submucosal fibroid ini dapat mencegah embrio tumbuh dalam rahim sehingga menjadikan wanita sulit untuk hamil. Tumor ini sampai saat ini belum di ketahui pemicum tumbuhnya di darah rahim.

8. Gangguan Lendir Serviks
Proses pembuahan sperma akan menembus sel telur dengan melewati cairan/ lendir servisks dan pada masa berevulasi lendir ini menipis agar sperma dapat melewatinya dengan mudah. Namun kelainan pada lendiri ini akan mempersulit dalam proses pembuahan sel telur.

Penyebab Lain Mengapa Wanita Susuah Hamil
Hal-hal selain di atas seperti karena kondisi medis ada beberapa kasus mengenai wanita sulit untuk hamil. Pertama karena adanya kelainan pada alat reproduksi wanita yang bersifat keturunan dan yang kedua adalah penyebab yang tidak di ketahui dan belum bisa di jelaskan secara medis.

Bila Anda ingin segera hamil, sebaiknya segerlah berkonsultasi ke dokter kandungan, atau bidan. Mulailah gaya hidup yang sehat dan alami serta di imbangi dengan olahraga yang cukup dan teratur agar tubuh dapat segera meregenarasi organ reproduksi yang tidak normal menjadi berfungsi kembali. Imbangi juga dengan mengkonsumsi makanan bergizi lengkap.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Mengapa Wanita Susah Hamil "

loading...