semua tentang ibu hamil

Tanda-Tanda Kehamilan Pada Minggu Pertama Lengkap

loading...

loading...
Tanda tanda kehamilan pada minggu pertama sudah bisa dirasakan oleh wanita yang sedang hamil umunya gejala yang di rasakan adalah mualdan terlambat datang bulan. Namun mual-mual saja terkadang cukup meragukan karena mual bisa saja di sebabkan karena demam biasa atau hal-hal lain yang menyebabkan mual lainnya. Dengan adanya tanda atau ciri yang lain kehamilan dapat lebih di pastikan kemungkinannya dengan mengetahui ciri-ciri yang lebih lengkap kehamilan pada minggu pertama. 

Sedangkan kehamilan menurut medis umunya dokter kandungan dan bidan adalah tehitung sejak hari pertama setelah menstruasi, bukan hari disaat 1 minggu setelah pembuahan terjadi melainkan 1 minggu setelah Anda datang bulan terakhir kalinya.

Tanda-Tanda Kehamilan Pada Minggu Pertama Lengkap

Setiap ibu hamil bisa berbeda-beda tanda yang di alami pada awal kehamilannya tergantung dari kondisi medis yang di alami oleh wanita hamil. Tanda-tanda kehamilan dapat terdiri dari beberapa ciri-ciri yang dapat di lihat dan dirasakan, berikut ini ulasanya baik menurut medis ataupun non medis : 

# Tanda-tanda Kehamilan Pada Minggu Pertama Secara Medis

Menggunakan tanda kehamilan berdasarkan medis tingkat ke akurasiannya tinggi walaupun usia kandungan baru satu minggu. 

1. Tanda Kehamilan Menggunakan Tes Urin/ Tes Pack
Cara ini akan terglong mudah dalam mengetahui tanda kehamilan telah terjadi dengan cukup akurat selain itu cara ini juga sangat simpel dan murah. Alat tes pack juga sangat mudah di jumpai di apotik terdekat dengan harga yang terjangkau. 

Waktu menggunakan tes pack paling efektif adalah pada air urin pertama setelah bangun tidur karena kandungan plasenta tertinggi pada air urin yang pertama sehingga tanda positif akan terlihat lebih jelas. 

Sebenarnya juga bisa menggunakan air seni kapan saja, Namun biasanya warna garis penanda positif sedikit tidak jelas. Tanda positif pada alat tes pack akan muncul 2 garis merah dan jika negatif akan hanya ada satu garis.

Artikel Terkait : Cara Menghitung Masa Subur Setelah Haid

2. Tanda Kehamilan Minggu Pertama Dengan USG
Menggunakan USG untuk melihat apakah hamil atau tidak cukup jarang di lakukan, Namun untuk memastikan adanya janin akan lebih lebih akurat menggunakan alat USG. 

# Tanda-tanda Kehamilan Pada Minggu Pertama Secara Non-Medis

Tanda yang di alami oleh ibu hamil muda akan dirasakan pada perubahan fisik dan non fisik berupa gejala kesehatan.

A. Tanda Kehamilan Secara Fisik
unculnya perubahan fisik pada wanita hamil satu minggu umumnya di sebabkan karena adanya ketidak seimbangan hormon pada tubuh sehingga berimbas pada kondisi fisik yang tidak biasa. 

1. Adanya Bercak Darah 
Beberapa ibu hamil mengalami pendarahan seperti bercak darah pada kehamilan minggu pertama ini di akibatkan adanya implasi (menempelnya calon janin pada dinding rahim) sehingga muncullah bercak seperti haid.

2. Perut Mengalami Kram
Adanya kram atau perut terasa sakit pada awal kehamilan juga di sebabkan karena proses implasi janin. Sakit pada perut ini terjadi karena rahim mengalami perubahan sehinga terjadi gangguan di perut.

3. Payudara Tidak Nyaman
Payudara mengalami perubahan atau tidak seperti biasanya merupakan salah satu tanda di minggu pertama, biasanya akan lebih sensitif dan terasa tidak nyaman, akan terjadi pembesaran, terasa gatal dan puting yang membesar karana adanya perubahan hormon dalam tubuh.

4. Terlambat Datang Bulan 
Keterlambatan datang bulan di sebabkan karena overium yang sudah terbuahi tidak akan dikeluarkan oleh tubuh, dan umumnya terlambat datang bulan hingga seminggu biasanya menjadi acuan kemungkinan adanya kehamilan.

5.Terasa Mual dan Terkadang Muntah
Terjadinya perbedaan hormon dalam tubuh akibat hamil memunculkan rasa mual dan terkadang muntah yang di sebut morning sickness, biasanya terjadi pada pagi hari bahkan sepanjang hari. Mual ini umumnya di picu karena sensitif pada bau-bauan

6. Sering Buang Air Kecil 
Mengalami sering buang air kecil di usia kandungan 1 minggu diarenakan janin dalam rahim membutuhkan ruang untuk dapat berkembang di dalamnya dan hal ini menyebabkan kandungan kemih mengalami tekenan oleh rahim sehingga menimbulkan keinginan untuk sering buang air kecil.

7. Mudah Lelah 
Berasamaan dengan mual yang di akibatkan ketidak seimbangan hormon membuat ibu hamil merasakan tubuh yang selalu lemas dan terasa begitu capek dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah rendah tinggkat kelelahan bisa lebih parah dan terkadang hingga mengalami pingsan, oleh sebab itu di kehamialn minggu pertama haruslah berhati-hati dan perbanyak istirahat.

B. Tanda Kehamilan Secara NonFisik
Selain tanda perubahan fisik yang terjadi ibu hamil muda usia seminggu ini akan mengalami tanda kehamilan diluar fisik seperti berikut ini : 

  • Mengidam 
  • Sensitif Terhadap Bau
  • Mengantuk dan Mudah tersinggung
  • Gelisah dan Stress
Artikel Terkait : Penyebab Terjadinya Kehamilan

Semua tanda-tanda kehamilan minggu pertama diatas pada wanita dapat saja berbeda, terkadang terjadi kesmuanya secara bersamaan dan terkadang juga tidak. Beberapa ibu hamil terkadang tidak mengalami beberapa gejala non medis seperti mual dan lelah tetapi kondisi medis akan tetap di rasakan. Baca juga : Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Alat Tes Kehamilan

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanda-Tanda Kehamilan Pada Minggu Pertama Lengkap

0 komentar: