Alat Tes Kehamilan Tidak Harus Digunakan Pagi Hari

loading...
Testpack adalalah alat tes kehamilan yang praktis dan biasa digunakan oleh banyak wanita yang ingin mengetes apakah dirinya hamil atau tidak. Menggunakan testpack maka kita bisa mengetahui hasil tes kehamilan dirumah dengan hitungan waktu yang singkat. Berbeda halnya dengan tes kehamilan yang di lakukan di laboratorium dengan menggunakan sampel darah. 

Walaupun cara kerja ke dua alat tes kehamilan untuk mendeteksi hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin), testpack memliki keunggulan yang lebih baik karena dapat mendeteksi lebih dini adanya keberhasilan pembuahan yang mengakibatkan seorang wanita hamil.

Alat Tes Kehamilan Tidak Harus Digunakan Pagi Hari

Strit dan compact adalah dua bentuk testpack yang umum kita jumpai dipasaran. Cara kerja testpack berbentuk strip yaitu dengan mencelukan strip ke dalam urin yang telah di tampung sebelumnya di dalam wadah atau juga bisa di sentuhkan ke urin saat sedang buang air kecil. Berbeda dengan testpack berbentuk compact, langkah penggunaannya dengan meneteskan urin ke area uji kehamilan yang telah di tentukan.

Baca Juga : Cara Menggunakan Testpack Dengan Benar

Prinsip kerja dari testpack adalah dengan mendeteksi adanya homon hCG yang di produksi oleh seorang wanita ketika telah terjadi pembuahan. Umumnya ibu hamil muda ini akan terdeteksi kadar hCGnya oleh alat testpack setidaknya 25 m1U/ml, Hal ini tergantung tingkat ke sensitifannya, sebab ada juga testpack yang mengklaim mampu mendeteksi kadar hCG walaupun kadarnya masih 5 mlU/ml.

Perubahan warna pada indikator positif akan terjadi ketika alat sensitif testpack berkontak dengan urine, apa bila terjadi perubahan warna maka itu mendandakan adanya hormon hCG dalam urine. Pada testpack yang berbentuk strip tanda positif akan terlihat dua garis baik samar ataupun terang.

Baca juga : Hasil Testpack Samar, Mungkin Ini Penyebabnya 

Sedangkan bila testpack tidak dapat mendeteksi kadar hCG dalam urin maka strip penanda positif tidak akan berganti warna ( sehingga hanya ada satu garis berwarna yang merupakan strip kontrol) sehingga hasilnya negatif. Begitu pula pada testpack berbentuk compact kalau positif akan ada tanda plus (+) dan jika negatif akan hanya ada satu garis (-). Ingat kalau positif itu tandanya hamil kalau negatif itu tandanya Anda belum hamil.

Kapan Seharusnya Melakukan Tes Kehamilan Dengan Testpack?
Menggunakan testpack dua hari sebelum datang bulan akan menunjukkan hasil yang akurat (apa bila siklus haid Anda teratur yaitu 28 hari) atau juga dapat di lakukan setelah 12 hari melakukan hubungan badan di masa subur. 

Kalau Anda ingin mengetahui yang lebih simpel adalah ketika anda telah terlambat datang bulan. Beberapa testpack mungkin akan meberikan saran yang berbeda mengenai  waktu yang tepat untuk menggunakan testpack, maka dari itu penting untuk mengetahui instruksi penggunaan testpack pada produk yang anda beli.

Melakukan Tes Kehamilan Paling Bagus Dipagi Hari
Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, sebab tes kehamilan menggunakan testpack dapat kita lakukan setiap saat/ kapan saja. Hanya saja kepekatan urine dengan konsentrai hCG lebih tinggi saat pagi hari sehingga testpack lebih mudah mendeteksi adanya hCG dalam urine.

Catatan penting dalam penggunaan testpack adalah alat ini hanya mampu menunjukkan adanya hormon hCG yang menandakan Anda hamil, namun alat ini tidak bisa mendeteksi apakah kehamilan Anda normal (sehat)  ataukah tidak.

Salah satu kehamilan yang tidak normal adalah kehamilan anggur, dalam kasus ini yang tumbuh dan berkembang bukan janin tetapi gelembung yang menyerupai anggur. 

Artikel Terkait Lainnya : Mendeteksi Kehamilan Tanpa Menggunakan Testpack, Tanda-Tanda Hamil Anggur, Tanda-Tanda Hamil Kosong
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alat Tes Kehamilan Tidak Harus Digunakan Pagi Hari"

loading...