Bersepeda Saat Hamil Apakah Aman?

loading...
Bersepada saat hamil apakah aman dan akankah berbahaya untuk kesehatan ibu hamil? Salah satu olahraga yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah bersepeda karena dapat beresiko jatuh dari kendaraan dapat melukai janin dalam kandungan. 

Namun tidak semua situs kesehatan membenarkan kalau bersepeda dilarang untuk ibu hamil sebab bersepada dapat memberikan beberapa manfaat di antaranya adalah mengurangi stres dan insomnia. Walaupun demikian bersepeda sebaiknya di hindari apabila kondisi ibu hamil sedang tidak fit dan usia kehamilan trimester pertama karena masa ini resiko keguguran sangat tinggi.

Salah satu olahraga yang sehat untuk ibu hamil adalah berenang, Ibu dapat membaca ulasannya pada artikel sebelumnya yaitu : Manfaat berenang untuk ibu hamil.

Bersepeda Saat Hamil Apakah Aman?

Apakah ibu hamil tetap boleh bersepeda? Ibu hamil tetap bersepeda sebab jika ibu hamil dapat menerapkan beberapa tips aman berkendara sepeda akan mengurangi resiko yang akan terjadi pada ibu hamil. Berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan dalam naik sepeda untuk ibu hamil: 

1. Gunakan sepeda khusus wanita, karena sepeda wanita cenderung lebih kecil dan stir yang mudah dalam pengendaliannya. 

2. Perikasa terlebih dahulu fungsi rem sepeda, kemudian ban sepeda apakah ada kebocoran atau tidak selanjutnya uji putaran apakah ban berputar dengan normal ataukah tidak (putaran ban tidak setabil)

3. Gunakan Sepeda yang pendek tempat duduknya (saddlenya rendah) hal ini untuk membuat ibu hamil duduk lebih nyaman karena kaki dapat leluasa menyentuh permukaan jalan apabila terjadi ketidak seimbangan sehingga potensi untuk jatuh lebih kecil karena dapat di tahan oleh kaki.

4. Saddle yang lebar juga perlu untuk ibu perhatikan, selain membuat tempat duduk yang nyaman saddle yang lebar akan membuat ibu tidak cepat lelah dan tidak sakit pada saat bersepeda.

5. Hindari Jalan yang berlobang dan begelombang karena dapat menimbulkan goncangan yang cukup keras pada kandungan, selain itu goncangan yang kuat akan beresiko ibu mengalami kontraksi pada kandungan.

6. Jangan bersedap saat matahari panas yaitu sekitar jam 10 pagi hingga jam 3 siang karena paparan matahari yang panas bebahaya untuk janin. Kepanasan akan mengakibatkan janin mengalami permasalahan dalam pertumbuhan.

7. Jalan tanjakan juga supaya di hindari karena dapat mengakibatkan jatuh apabila tidak kuat dalam mengayuh selain itu juga tenaga akan terkuras lebih banyak di jalan tanjakan. Bila ada gunakanlah jalan yang datar dan rata.

8. Gunakan pakaian yang longgar dan hindari yang ketat agar tidak sesak dan nyaman dalam bersepeda karena bila ketat akan sangat tidak nyaman dan membatasi gerakan kita.

9. Bersepedalah besama suami agar selalu ada yang menjaga ketika ada hal yang tidak diduga di jalan. Selain itu bila bersepeda bersama pasangan akan menambah suasana menyenangkan dalam olahraga ini.

10. Bersepedalah ditaman karena ditaman pengendara mobil dan motor akan jarang berlalu lalang yang bersiko tabrakan bila tidak waspa. 

11. Jangan bersepeda apabila kondisi tubuh kurang fit atau sudah terlalu lelah karena akan mengakibatkan kondisi tubuh menjadi rentang terserang penyakit. Bila sore hari ibu sudah lelah sebaiknya lakukan berepeda di pagi hari karana kondisi tubuh dalam ke adaan fit.

Hal yang harus diperhatikan dalam bersepeda adalah usia kehamilan yang masih muda sebaiknya harus di hindari karena ibu hamil muda biasanya masih mengalami gejala mornig sickness dan kondisi tubuh yang masih lemas selain itu akan beresiko jatuh yang membahayakan janin yang belum kuat.

Namun bila kondisi ibu dalam keadaan baik, susana hati yang baik dan cuaca yang cerah segar maka bersepeda akan sangat menyenangkan dilakukan. Selain bermanfaat untuk kesehatan sepeda juga menjadi olahraga yang dapat mengurnagi rasa suntuk saat hamil. Jadi bersepada saat hamil? kenapa tidak?
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bersepeda Saat Hamil Apakah Aman? "

loading...