Bolehkah Ibu Hamil Begadang? Bahaya dan Manfaatnya

loading...
Bolehkah ibu hamil bergadang setiap hari? Kalau cuma sesekali rasanya tidak akan menjadi masalah pada kehamilan. Namun jika setiap hari bunda bergadang baru perlu di ketahui efek sampingnya untuk kandungan bunda.

Enatah apa alasannya beberaa ibu hamil begadang, hal yang memungkinkan seseorang begadang adalah pekerjaan, pelajaran atau karena tidak bisa tidur di malam hari, semunya itu bisa menjadi penyebab mengapa seseoarang begadang salah satunya ya untuk ibu-ibu hamil, benar kan bun?

Karena kali ini areabumil.com lagi membahas seputar bergadang maka akan di paparkannya manfaat dan efeksamping dari bergadang agar wawasan kita semakin banyak, yuk langsung simak ulasannya di bawah ini : 

Dari membaca beberapa situs yang tersebar di internet ternyata ada sisi positif yang bisa kita ambil, dan pastinya juga ada sisi negatif yang dapat merusak kesehatan kita. Ya namanya juga hidup ya bunda pasti ada sisi positif dan negatifnya. Nah sekrang kita liat apa saja manfaat dari bergadang nanti baru dampak negatifnya.

bolehkah Ibu hamil begadang

Manfaat Begadang (Bukan Untuk Kesehatan)
Setelah membaca kesini kemari akhirnya ditemukanlah sisi positif dari bergadang, salah satunya adalah untuk menjaga ke amanan rumah dari maling sebab rumah selalu ada yang mengawasi selama kita bangun. 

Selain itu bergadang buat ibu hamil yang kuliah adalah hal yang cukup membantu untuk mengerjakan tugas di kampus karena saat malam pikiran lebih tenang dan tidak ada gangguan dari suara-suara bising kendaraan dan tetangga sekitar.

Begadang pada masa hamil akan melatih bunda untuk bangun malam saat si dedek bayi sudah keluar karena biasanya dedek selalu nangis di tengah malam minta ini dan minta itu.

Namun, jika bunda bergadang karena tidak bisa tidur maka sebaiknya tetap istirahat berbaring walaupun tidak dapat terlelap sebab bergadang dengan aktifitas yang berat akan menggangu kesehatan.

Artikel Terkait : Kenapa Ibu Hamil Tidak Boleh Tidur Pagi?

Bahaya Bergadang Bagi Kesehatan (Baik Untuk Bumil Ataupun Tidak)
Begadang terlalu sering berdampak buruk pada kesehatan dan pada otak kita, baik untuk ibu hamil ataupun untuk orang biasa. Namun stetmen ini tidak sepenuhnya benar bun karena beberapa orang yang sering begadang justru kecerdasannya tetap tinggi dan memiliki stamina yang baik (melihat teman saya yang suka begadang) hal ini dikarenakan setiap individu memiliki kemampuan adaptasi yang berbeda. 

Perbedaan antara begadang dengan jarang tidur adalah begadang itu orang yang tidurnya di tengah malam atau pada dini hari sedangkan siang harinya dia tidur. Sedangkan orang yang jarang tidur itu dia sedikit tidur baik siang ataupun malam. Nah mana yang lebih berdampak negatif? Jelas adalah orang yang sedikit tidurnya baik malam ataupun siang.

Sehubungan dengan begadang untuk ibu hamil berikut ini daftar efek samping untuk ibu hamil :

1. Akan Mudah Sakit Kepala Atau Pusing
Jika bunda sering bergadang akan mudah terserang sakit kepala. Why? sebab sel otak kita mengalami gangguan yang di akibatkan karena kurang tidur. Kelebihan tidur juga akan menyebabkan sakit kepala, jadi antara tidur dan tidak harus seimbang.

2. Mudah Stress
Kok bisa ya? Iya bisa bun karena jika bunda begadang hingga tubuh mengalami kelelahan maka akan lebih sensitif dari segi emosional. Maka dari itu mengapa wanita hamil lebih sensitif dari pada tidak hamil bisa di sebabkan karena kurang tidur. Tapi biasanya ibu hamil stres sebab khawatir kalau begadang terus kondisi dedek dalam perut tidak baik. Jangan khawatir bun karena banyak ibu hamil yang mengalami hal yang sama dan kesehatan mereka juga tetap stabill.

3. Memicu Kobtraksi Rahim
Benar ga sih ? Kontraksi rahim terjadi apabila tubuh bunda benarbenar lelah karena begadang, tapi jika begadang bunda karena tidak bisa tidur saja dan tidak lelah ya gpp, kemungkinan kontraksi terjadi sangat kecil. 

4. Kekebalan Tubuh Menjadi Lemah 
Terasa memang ya bunda kalau kita jarang tidur tubuh kita menjadi lemah, kalau menurut artikel kesehatan sistem imun menjadi menurun karena sel darah putih kita menjadi hancur. Nah karena sel darah putih adalah antibody kita maka patutlah jika kekebalan tubuh menurun.

Empat saja ya bun saya tuliskan artikelnya, sebab kalau di tulis semua yang pernah saya baca ternyata mengerikan bahayanya tapi menurut saya sih itu terlalu berlebihan sebab banyak kok ibu hamil yang tidak bisa tidur di malam hari tapi tetap sehat kandungannya. 


Kalau memang bunda tidak bisa tidur di malam hari sebaiknya imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan istirahatlah di saat siang hari. Kembali dengan pertanyaan di atas, bolehkah ibu hamil begadang? Iya tergantung, loh kok tergantung bun? Iya kalau kondisi bunda fit dan begadang tidak menggangu kesehatan di pagi harinya ya gpp dan ga jadi masalah tapi kalau ke esokan harinya bunda merasa pusing karena kurang tidur maka begadangnya dikurangi dan segeralah untuk tidur.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bolehkah Ibu Hamil Begadang? Bahaya dan Manfaatnya"

loading...