Cara Melahirkan Bayi Secara Normal Dengan Mudah

loading...
Siapasih bun yang tidak ingin melahirkan secara normal? Saya rasa pastinya banyak ibu hamil yang mengharapkan dapat melahirkan bayinya dengan normal dan mudah. Mungkin untuk bunda yang belum pernah mengalami persalinan mungkin akan berfikir kalau melahirkan secara normal merupakan hal yang menakutkan dan rasa sakit yang luar biasa di bandingkan dengan oprasi.

Mengapa Harus Melahirkan Secara Normal?
Padahal bunda menurut pengalaman yang sudah-sudah, melahirkan secara normal lebih baik dari pada melalui oprasi ceasar. Kalau persalinan normal bunda akan lebih cepat pulih dan rasa sakitnya hanya ketika proses persalinan normal berlangsung, sedangkan dengan operasi ceasar memang saat persalinan tidak terasa begitu sakit tetapi setelah itu rasa sakitnya akan muncul dan lama di rasakan hinga berbulan-bulan bahkan sampai satu tahun lebih.

 Melahirkan Bayi Secara Normal

Pokoknya kalau saya disuruh milih ya bun antara melahirkan normal dengan jalan operasi ceasar saya memilih normal saja, sebab selain biayayanya lebih murah, efek kepada tubuh juga tidak lama. Bayangkan jika setelah operasi kita tidak boleh melakukan banyak kegiatan yang berat dan ini dan itu karena di khawatirkan bekas operasi dapat terbuka kembali. 

Jadi kalau saran saya mending normal. Nah buat bunda yang ingin melahirkan secara normal dapat mengikuti tips berikutn ini :

Tips Agar Ibu Hamil Dapat Melahirkan Dedek Bayi Secara Normal Dengan Mudah

1. Melatih Dengan Posisi Sujud
Salah satu persiapan dalam persalinan agar dapat mudah melahirkan secara normal adalah dengan melakukan posisi sujud, sebab dengan posisi ini dapat melatih posisi bayi nanti agar mudah meluncur dari rahim.

2. Kegiatan Naik Turun Tangga
Kegiatan ini memang baik untuk proses persalinan secara normal, tapi harus berhati-hati dan tidak boleh dengan intensitas yang terlalu sering. Sebaiknya juga bunda mlakukan ini ketika hamil sudah menginjak usia kandungan tua.

Buat bunda yang memiliki rumah bertingkat mungkin akan menjadi hal yang dapat dengan mudah dilakukan, Namun bagaimana dengan bunda yang tidak punya tangga? Heem pasti akan sulit ya, owh ya bunda bisa pinjam tangga tetangga.

3. Jangan Terlalu Banyak Makan Makanan Yang Manis
Makanan manis yang terlalu sering dapat menjadikan bayi dalam kandungan membesar sehingga akan menyulitkan persalinan secara normal. Jadi untuk bunda yang doyan makan jangan terlalu berlebihan ya, kalau lapar makan tapi sedikit-sedikit dengan intensitas yang sering juga ga apa- apa.

4. Melatih Pernafasan Dan kejangan 
Saat melakukan persalinan bunda akan mengejang dan mealkukan pernafasan yang cukup berat sehingga perlu latihan. Nafas yang baik saat melahirkan akan membantu meredakan ketegangan syaraf sehingga bunda akan lebih tenang dan lebih mudah dalam proses persalinannya.

Bagaimana bun cara bernafas yang benar? Caranya adalah dengan menarik nafas yang panjang kemudian hembuskan secara perlahan. Sedangkan pernafasan yang salah itu pendek dan tidak teratur ritme pernafasannya.

5. Cukupilah Kebutuhan Energi Bunda
Karena saat melahirkan bunda akan membutuhkan banyak energi dan hal ini penting untuk menunjang persalinan yang normal. Oleh sebab itu di masa mendekati proses persalinan harus makan makanan yang bergizi dan lengkap dengan kebutuhan energi yang cukup, seperti nasi yang kaya akan karbohidrat sebagai energi untuk tubuh.

7. Ketahuilah Cara Mengejang Yang Benar
Teknik mengejang juga penting untuk bunda ketahui, sebab dengan mengejang yang benar bayi akan keluar dari rahim lebih muda. Cara yang benar dalam mengejang bunda harus menarik nafas yang panjang lalu di hembuskan bersamaan dengan pengejangan, hal ini bertujuan agar bunda tidak cepat kehabisan nafas dan membuat bunda tidak cepat lelah.

Baca juga Ya bunda : Melahirkan Secara Normal Tanpa Jahitan Ini Tipsnya

Hal yang perlu bunda ketahui juga penyebab ibu hamil harus melahirkan secara ceasar adalah karena terjadi halangan pada proses persalinan normal semisal janin yang berukuran besar di dalam rahim, kondisi medis bunda, dan riwayat melahirkan sebelumnya sehingga tidak ada jalan lain yang aman untuk bunda dan bayi kecuali dengan jalan ceasar. Oleh sebab itu menjaga kesehatan saat hamil penting baik dari segi makanan, olahraga dan gaya hidup yang baik.

Penunjang bunda agar dapat hamil normal dengan baik adalah dengan rutin mengkonsumsi minyak kelapa, ukuran pinggul yang cukup besar dan kondisi fisik yang baik. Semoga dengan adanya tips ini banyak bunda yang ingin melahirkan secara normal dan mudah bisa tercapai.

Artikel Terkait : Pengalaman Melahirkan Anak Pertama

Apa bila bunda yang membaca artikel ini ada tambahan ataupun saran dan kritikan mohon untuk menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini, agar artikel ini semakin bermakana isinya dan nanti akan saya perbaiki sesuai saran bunda. Terimakasih, sampai ketemu di postingan lainnya  dan salam sehat.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Melahirkan Bayi Secara Normal Dengan Mudah"

loading...