semua tentang ibu hamil

Cara Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil

loading...

loading...
Keputihan pada wanita adalah masalah yang meresahkan. Keputihan umumnya terjadi menjelang menstruasi serta bisa jadi indikasi sebuah penyakit. Tetapi, pada ibu hamil terkadang juga terjadi keputihan. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon serta aliran darah disekitar rahim dan area kewanitaan sehingga meningkatnya proses sekresi pada kewanitaan yang menyebabkan terjadinya keputihan.

Pada keputihan normal, hal itu tidak perlu dikawathirkan. Tetapi, ketika keputihan tersebut menyebabkan gatal, berbau, bahkan sakit saat buang air kecil maka harus segera diwaspadai karena ditakutkan akan menganggu kesehatan bayi. Penyebab lain keputihan pada ibu hamil terkadang sama dengan keputihan pada orang non hamil, yaitu kurangnya menjaga kebersihan pada area kewanitaan. Tapi terkadang ibu hamil pada usia muda mengabaikan itu karena merasa hal itu tidak mengganggu. Padahal, bila dibiarkan dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan ketuban pecah jauh sebelum waktu nya.

Cara Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Beberapa cara ini harus diperhatikan agar keputihan saat hamil dapat teratasi:


  1. Jaga kebersihan organ kewanitaan dengan membasuh menggunakan air bersih
  2. Lebih baik menggunakan celana dalam berbahan dasar katun, agar keringat mudah diserap dan hindari pemakaian celana berbahan sintetis
  3. Jangan menggunakan pantyliner terlalu sering, karena menyebabkan daerah kewanitaan lembab dan dapat menimbulkan jamur penyebab keputihan
  4. Cara membersihkan organ kewanitaan itu dari depan kebelakang. Hal ini mencegah masuknya bakteri ke organ kewanitaan.
  5. Ketika keputihan terjadi semakin parah (berbau, jumlahnya banyak, dan menyebabkan sakit saat buang air) maka segera konsultasikan pada dokter.
  6. Hindari pemakaian sabun kewanitaan. 
  7. Bila celana dalam dirasa sudah lembap, segera gantilah dengan kering
  8. Kurangi asupan manis dan yang mengandung kafein
  9. Jangan stres saat hamil, usahakan selalu rileks karena setress memicu keputihan.
  10. Jangan berendam di air hangat karena menyebabkan tumbuhnya bakteri penyebab keputihan.
Semoga artikel cara alami mengatasi keuptihan saat hamil bermanfaat dan membantu mengatasi keputihan yang datang saat hamil. Setelah teratasi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri dan hindari berbagai makanan penyebab keputihan. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil

0 komentar: