semua tentang ibu hamil

Cara Menggunakan Testpack Dengan Benar (Alat Tes Kehamilan)

loading...

loading...
Memperhatikan tanda-tanda fisik yang berubah dan melalaui pemeriksaan laboratorium adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil. Cara lain yang paling simpel dan praktis adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan seperti test pack.

Perubahan fisik yang terjadi pada wanita pada dasarnya adalah tanda bahwa ia sedang hamil. Namun, untuk lebih memastikan apakah Anda benar-benar hamil atau tidak perlu di lakukannya tes kehamilan.

Cara Menggunakan Tespek Dengan Benar (Alat Tes Kehamilan)

Alat tes kehamilan yang simpel dan mudah adalah dengan menggunakan test pack yang dapat kita gunakan dirumah dengan hasil yang cukup akurat dan hanya butuh waktu beberapa menit untuk melihat hasilnya.

Di toko ataupun apotik saat ini telah banyak menjual alat tes kehamilan berupa test pack dengan berbagai merk dan harga yang berfareasi. Melihat petunjuk dan tingkat ke akuratan tespack merupakan hal yang harus Anda perhatikan dalam memlih test pack yang baik sebelum Anda menggunakannya.

Alat tes kehamilan (test pack) ini dapat mendeteksi hormon hCG, Namun hal yang perlu di ketahui adalah ke mampuan alat tes kehamilan ini dalam mendeteksi hormon dipengaruhi pada seberapa banyak konsentrasi hCG ketika Anda menggunakan testpack.

Waktu Terbaik Melakukan Tes Kehamilan Dengan Test pack

Setiap merk test pack dapat memberikan anjuran waktu yang berbeda dalam menggunakannya. Walaupun demikian umumya akan menyarankan Anda untuk menggunakan test pack saat pagi hari sebab  kadar hCG dalam urin biasanya akan tinggi saat pagi hari.

Artikel terkait : Hasil Testpack samar, positif atau tidak?

Cara Penggunaan Alat Tes Kehamilan Testpack: 
Biasanya setiap merk testpack akan memberikan aturan atau langkah dalam menggunakan alat tes kehamilan. Agar lebih mudah di pahami, berikut ini beberapa langkah dalam menggunakan alat tes kehamilan.

1. Membeli testpack di apotik atau toko
Membeli testpack di apotik di anjurkan karena bisa di pastikan apotik menyediakan banyak vareasi alat tes kehamilan sehingga Anda dapat memilih testpack sesuai selera Anda.

2. Perhatikan dengan sesama testpack yang hendak di beli
Periksalah tanda kadaluarsa pada testpack yang akan Anda beli hal ini akan mempengaruhi ke akuratan testpack. Selain itu pastikanlah bahwa kemasan dan testpack masih dalam kondisi yang baik, apa bila kemasan atau testpack mencurigakan sebaiknya Anda memilih yang lain yang lebih bagus.

3. Membaca dan memahami Intruki pemakaiyan
Merk testpack yang berbeda bisa jadi memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda sehingga perlu untuk membaca cara pemakaiyan testpack yang Anda beli. Nah apa bila Anda tidak memahami maksud dari intruksi penggunaan yang tertera pada kemasan testpack Anda dapat menelpon layanan konsumen mereka untuk meminta petunjuk lebih lanjut.

4. Bersihkan tangan dengan mencucinya menggunakan sabun dan air yang bersih

5. Bukalah kemasan testpack dan ambillah stik atau testpack di dalamnya

6. Carilah tempat duduk yang nyaman, Anda bisa menggunakan toilet sebagai tempat duduk

7. Siapkanlah wadah penampung urin
Terkadang tes kehamilan yang berbeda memberikan cara yang berbeda dalam menggunakan urin sebagi bahan uji kehamilan. Ada yang mencelupkan testpack sesuai tanda panah dalam testpack dan ada juga yang harus meneteskan urin pada area testpack yang telah di tentukan.

Cairan urin yang bagus sebagai bahan uji adalah urin yang di keluarkan di tengah-tengah, jadi keluarkan terlebih dahulu sedikit pipis Anda dan tampunglah pipis sisanya untuk di gunakan (jangan terlalu banyak, karena hanya butuh sedikit).

Petunjuk penggunaan pada testpack biasanya akan di sertai dengan gambar penggunaan sehingga Anda tidak perlu khawatir bingung dalam peraktek menggunakannya.

8. Tunggulah beberapa menit untuk melihat hasilnya, biasanya 3-10 menit testpack sudah dapat mengeluarkan hasil positif atau negatif.

9. Pastikan indikator petunjuk valid yang tertera pada daerah kontrol
Apa bila testpack yang Anda gunakan valid maka garis kontrol akan terlihat lebih gelap ketika di lewati cairan urin. Namun jika daerah kontrol tidak mengalami perubahan warna lebih gelap dapat di curigai bahwa testpack tidak berfungsi dengan baik.

10. Kemudian melihat hasil tesnya
Apa bila Anda positif hamil maka akan muncul garis baru berwarna merah atau biru sesuai dengan petunjuk penggunaan testpack. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara melihat hasil tes sesuai dengan petunjuk penggunaan.

11. Jika tes menunjukkan hasil negatif tapi anda tidak mendapatkan menstruasi, ulangi tes selama beberapa hari untuk memastikan bahwa anda tidak mendapat hasil negatif yang palsu. Karena jumlah hCG meningkat cepat ketika anda hamil, kemungkinan mendapatkan hasil positif beberapa hari ke depan. 

Artikel terkait : Cara Mendeteksi Kehamilan Tanpa Testpack

12. Hasil testpack negatif namun Anda tidak kunjung datang bulan hingga tujuhari, Anda dapat mengulangi menggunakan testpack setelah 2-3 hari kemudian, hal ini untuk memastikan apakah hasil sebelumnya adalah negatif yang palsu karena konsentrasi hCG yang terlalu rendah. Dengan bertambahnya hari kadar hCG akan semakin banyak sehingga lebih akurat.

Apa bila setelah melakukan pengujian kehmilan ulang belum juga positif dan Anda tidak kunjung haid maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

13. Setelah mendapatkan hasil yang positif dari alat tes kehamilan segeralah memeriksakan diri ke dokter atau bidan untuk mendapatkan pemeriksaan medis yang lebih memadai dan saran-saran agar Anda tetap sehat dalam menjalani kehamilan muda.

Hal Lain Yang Harus Dipahami
Wanita yang mengalami siklus haid yang tidak teratur terkadang hasil testpack yang keluar negatif padahal bisa saja pembuahan telah terjadi, oleh sebab itu jika Anda mengalami gejala hamil dan tidak kunjung haid segeralah memeriksakan diri Anda ke Rumah sakit untuk memastikan apakah Anda hamil atau mengalami gangguan kesehatan.

Artikel terkait lainnya : Tanda-Tanda Kehamilan Pada Minggu Pertama dan Sebarapa Akurat Alat Tes Kehamilan

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menggunakan Testpack Dengan Benar (Alat Tes Kehamilan)

0 komentar: