semua tentang ibu hamil

Cara Mudah Mendeteksi Kehamilan Tanpa Testpack

loading...

loading...
Memiliki momongan adalah sebuah anugrah yang sungguh besar di kehidupan setiap rumah tangga, sehingga tidak jarang banyak calon ibu ingin segera hamil dan menimang bayi yang imut dan lucu. 

Seorang wanita akan hamil apa bila sel telur nya telah di buahi kemudian berkembang membentuk embrio dan selanjutnya janin. Biasanya masa-masa ini yang di harapkan oleh para wanita yang telah lama menunggu ingin segera hamil. 

Cara Mudah Mendeteksi Kehamilan Tanpa Tespek

Tanda-tanda hamil akan sangat mengembirakan bila di rasakan, dan rasanya ingin segera menguji apakah benar-benar hamil atau tidak. Biasanya alat tes kehamilan yang  yang sering di gunakan adalah testpack untuk mendeteksi kehamilan dini pada seorang wanita, tapi taukah Anda bahwa untuk mendeteksi apakah Anda hamil atau tidak bisa tanpa menggunakan testpack. 

Penasaran dengan caranya bagaimana? Yuk baca ulasannya di bawah ini :

Cara Mudah Mendeteksi Kehamilan Tanpa Menggunakan Testpack
1. Kenalai Tanda Kehamilan Sejak Dini
Seorang wanita yang hamil biasanya akan mengalami gejala-gejala umum seperti mual-mual di pagi hari, terlambat datang bulan, sensitif bau dan berat badan yang bertambah. Bila Anda mengalami gejala ini bisa di curigai Anda sedang hamil.

Artikel terkait lainnya : Tanda-Tanda Kehamilan Diminggu Pertama

2. Tes Menggunakan Air Pipis (urine)
Memang air seni atau urine biasanya di gunakan untuk menguji kehamilan dengan menggunakan testpack, tetapi tanpa testpack pun kita dapat memprediksi kehamilan melalui air urine. Caranya tampung air urine di suatu wadah, bisa berupa botol kemudian diamkan selama 3 hingga 4 jam. Selanjutnya lihatlah apakah banyak busa yang muncul di permukaan air urine, jika iya mungkin Anda sedang hamil.

3. Uji Menggunakan Pasta Gigi
Salah satu metode terbaik menguji kehamilan dirumah adalah dengan menggunakan metode ini. Caranya hampir sama dengan cara diatas hanya saja sedikit berbeda. Pertama tampunglah urine pertama Anda dalam wadah kemudian campurkan dengan pasta gigi dan diamkan beberapa menit, selanjutnya amati apakah pasta gigi berubah warna menjadi biru ataukah muncul busa. Jika hal itu terjadi maka anda kemungkinan hamil.

4. Menggunakan Cairan Pemutih
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan pemutih pakaian, langkahnya dengan mengambil sedikit urin yang telah di tampung, kemudian tuangkan sedikit urin tadi kedalam cairan pemutih yang telah di siapkan. Apa bila cairan campuran ini muncul busa maka kemungkinan besar Anda positif hamil.

5. Uji Menggunakan Daun Dandelion
Mungkin beberapa dari Anda belum familiar dengan tanaman dandeleon, dandeleon ini merupakan bunga tapak dara yang ternyata dapat menjadi alat penguji kehamilan. Langkahnya yaitu dengan mengambil 2 helai daun tapak dara kemudian rendam di air urine yang telah Anda sediakan, tunggu hingga sekitar 10 menit dan lihatlah warna daun, jika pada daun terdapat tanda merah kemungkinan besar Anda hamil.

6. Menguji Menggunakan Sabun
Cara menguji kehamilan yang cukup efektif adalah dengan menggunakan metode penggunaan sabun. Caranya dengan menampung air urine kedalam botol, selanjutnya di campur dengan air sabun. Nah jika banyak gelembung yang muncul kemungkinan anda positif hamil.

7. Menguji Kehamilan Degan Ikan Tuna dan Cuka
Siapkan tumbukan ikan tuna dan cuka dengan volume yang sama, selanjutnya tampung air urine anda di sebuah mangkok dan selanjutnya masukkan tumbukan ikan tuna dan cuka. Apa bila muncul warna hijau maka ini pertanda positif hamil. Namun jika muncul warna oranye atau kuning berarti ini negatif.

8. Uji Dengan Larutan Peroksida dan Tylenol
Saat pagi hari cobalah untuk mengumpulkan urin dalam mangkuk, kemudian campurkan urine dalam mangkok dengan larutan peroksida dan tylenol. Positif hamil apa bila larutan ini berwarna biru dan negatif apa bila tidak muncul warna biru.

9. Tes Kehamilan Dengan gula
Siapa yang sangka ternyata menguji kehamialn dengan gula juga bisa dilakukan, caranya dengan menampung air urine dalam wadah kemudian masukkan 2-3 sendok gula. Positif apa bila gula dapat larut di dalam air urine dan negatif jika gula tidak larut. 

Sembilan langkah di atas menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin menggunakan testpack. Apakah cara di atas benar-benar efektif? Anda tidak akan pernah tau jika tidak membuktikannya. Pastikan juga sampel air urin yang di gunakan adalah urin pertama di pagi hari agar hasilnya maksimal.

Apa bila anda ragu dengan hasil positif atau negatif menggunakan cara mendeteksi kehamilan tanpa testpack di atas, Anda dapat menggunkan testpack untuk lebih memastikannya atau mendatangi dokter untuk memastikannya. Apapun hasilnya semoga menyenangkan untuk Anda. Selamat mencoba di rumah. Baca Juga : Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Apakah Normal?

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Mendeteksi Kehamilan Tanpa Testpack

2 komentar:

Irna Andayati mengatakan...

Apa cara diatas bener2 efektif?

Faradila Oktaviani mengatakan...

Sya belum tau mba irna, soalnya sya sendiri blum pernah mencobanya langsung semua cara di atas. Hanaya saja untuk refferensi ujikehamilan menggunkan pasta gigi cukup banyak di jumpai di internet. Bila Mba Irna meragukan hasilnya bisa menggunakan tespack