Ciri-Ciri Hamil Anggur Dan Hamil Normal

loading...
Hamil anggur? mungkin sebagian di antara wanita belum mengetahui apa sebenarnya hamil anggur. Kehamilan ini tergelong hamil yang tidak normal karena yang tumbuh di dalam rahim bukanlah janin melainkan gelembung-gelembung yang menyerupai anggur.

Hamil anggur ini di golongkan kedalam jenis tumor jinak yang dapat berubah menjadi ganas yang cukup berbahaya untuk kesehatan wanita. Berdasarkan penelitian yang di lakukan di negara berkembang kejadian hamil anggur sekitar 1: 100 hingga 600 kehamilan. Maksudnya dari 100 hingga 600 kasus kehamilan ada 1 wanita yang mengalami hamil anggur.

Memang cukup jarang terjadi, Namun perlu juga untuk kita waspadai karena bisa jadi kita adalah satu di antara 100 hingga 600 kehamilan yang mengalami hal ini (Tapi kita harus tetap positif thingking ya ) karena jika kita mengetahui ciri-ciri hamil anggur setidaknya kita bisa lebih berantisipasi.

Artikel terkait: Bisakah Hamil Anggur Diobati Tanpa Kuret Atau Operasi

Ciri-Ciri Hamil yang normal dan hamil anggur ini tergolong mirip dan hampir sama di saat awal kehamilan. Contohnya ibu hamil muda mengalami morning sickness atau mual dan muntah, lemas, terlambat datang bulan dan juga ketika menggunakan tespack hasilnya positif. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui sejak dini apakah kehamilan normal atau justru hamil anggur?

Karena alasan ini, artikel ini di buat. Walaupun memiliki ciri yang sama tetap ada ciri yang dapat membedakan antara hamil normal dan hamil anggur. Berikut ini ulasannya untuk Anda :

Ciri-Ciri Yang Membedakan Antara Hamil Normal dan Hamil Anggur

1. Keluhan Kehamilan
Gejala atau keluhan yang di alami ibu hamil normal adalah mengalami mual, pusing, lemas dan nafsu makan yang menurun. Sedangkan pada kehamilan anggur gejala yang di alami lebih berat dan sangat menyusahkan.

Artikel terkait : Mual Saat Hamil? 7 Tips Mengatai Mual

2. Perkembangan Perut
Hamil normal perut akan membesar secara normal sesuai dengan usia kehamilan. Namun pada kehamilan anggur perut akan lebih cepat membesar sehingga terlihat seolah-olah janin mengalami pertumbuhan yang cepat. Intinya itu besarnya perut tidak sama dengan usia kandungan, bila mengalami hal ini juga perlu untuk di waspadai.

3. Pendarahan
Ketika hamil jika terjadi pendarahan baik hamil normal ataupun tidak itu adalah hal yang perlu di periksakan ke pada tim medis untuk memastikan kesehatan kandungan. Pada kasus hamil anggur akan sering mengalami pendarahan dan mengeluarkan cairan gelembung yang menyerupai anggur.

4. Anemia
Ibu hamil identik dengan wajah yang pucat dan tubuh yang lemas terutama terjadi pada awal kehamilan yang di sebabkan anemia. Pada hamil anggur anemia yang di rasakan akan sangat berat wajah yang terlihat amat pucat dan kekuning-kuningan.  Gejala ini juga perlu kita curigai.

5. Denyut Jantung Janin
Hamil yang normal di tandai dengan pertumbuhan janin di dalam rahim salah satu tanda perkembangan janin adalah adanya detak jantung yang dapat kita rasakan. Pada hamil anggur perut membesar tetapi detak jantung tidak dapat kita rasakan.

Kapan detak jantung janin bisa di rasakan? Denyut atau detak jantung janin pertama kali dapat di rasakan setelah usia kehamilan 8 minggu dan untuk bisa mendengarnya harus menggunakan alat ultrasonografi (USG) yang biasanya hanya terdapat di rumah sakit.

Sedangkan untuk dapat merasakan denyut jantung janin tanpa alat di usia kehamilan 12 minggu atau sekitar 3 bulan. Caranya dengan meraba-raba perut dengan sesama dan jika berada pada posisi yang tepat maka tangan kita akan dapat merasakan adanya denyut jantung janin di dalam rahim.

Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Mendeteksi Hamil Anggur Lebih Dini
Ketika Anda mengetahui positif hamil menggunakan test pack segeralah pergi kerumah sakit untuk di lakukan USG dengan dokter kandungan. Selain untuk mendeteksi apakah Anda benar-benar hamil, pemeriksaan ini juga bermanfaat untuk melihat kondisi apakah kehamilan Anda normal ataukah tidak.

Nah demikian ulasan mengenai Ciri-Ciri Hamil Anggur dan Hamil Normal, jangan lupa juga membaca artikel terkait yang membahas seputar hamil anggur di bawah ini. Semoga tulisan ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca. Bila ada saran atau kritikan mohon untuk tidak sungkan menghubungi saya melalui kontak atau kolom komentar di bawah. Sekian dan salam sehat :-)

Artikel terkait lainnya :
Cara Mencegah Terjadinya Hamil Anggur
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri-Ciri Hamil Anggur Dan Hamil Normal"

loading...