Hamil 8 Bulan Susah Tidur Apakah Normal ?

loading...
Keluhan saat hamil muda hingga usia kandungan jalan 8 bulan seperti susah tidur, mungkin hal ini adalah keluhan yang cukup menyiksa karena akan membuat ibu hamil akan sering bergadang di malam hari. Apakah ini normal ya bun? Apa cuma saya aja ya bun yang mengalami susah tidur?


Tenang aja bun, ini normal kok sebab bukan bunda aja yang mengalami susah tidur di usia kehamilan 8 bulan, bahkan beberapa bunda yang lain juga ada yang merasakan susah tidur di usia kandungan 7 bulan. Usia kehamilan yang menginjak trimester tiga antara 6 sapai dengan 9 bulan bunda akan mengalmi beberapa keluhan yang menjadikan bunda sulit untuk bisa tidur. 


Penyabab Susah Tidur Ibu Hamil Usia Kandungan 8 Bulan
Beberapa keluhan yang umum di rasakan oleh ibu hamil usia 8 bulan adalah panas di bagian punggung, pegal-pegal, sakit di pangkal pinggang, posisi tidur yang tidak nyaman, gelisah tanpa sebab yang jelas dan was-was terhadap lingkungan sekitar. Hal inilah yang umum di alami oleh para bunda yang menjadi penyebab bunda mengalami susah tidur di malam hari.

Terkadang beberapa ibu hamil juga mengalami susah tidur di siang dan malam hari, hal ini sangat menggangu karena tubuh sudah lelah, namun tetap tidak bisa tidur dengan terlelap. "Gimana dong bun? saya khawatir dengan kondisi kesehatan dedek bayi di dalam kandungan :-'( "

Jika hal ini terjadi terus menerus bisa saja akan berpengaruh pada kesehatan janin dalam kandungan bun. Tapi kalau bunda susah tidur di malam hari, usahakan di siang harinya bunda balas dendam untuk tidur hal ini perlu di lakukan agar tubuh terpenuhi waktu istirahatnya.

Kalau pertanyaannya apakah hal ini normal? Menurut saya sih bun hal ini normal di alami oleh para ibu hamil sebab banyak juga yang mengalami susah tidur saat usia kandungan 8 bulan ke atas dengan keluhan yang bermacam-macam, seperti yang di sebutkan di atas. Namun alangkah baiknya jika bunda dapat tetap memaksakan tidur.

Ini udah dipaksa-paksa tidur tapi tetap ga bisa bun, giman dong?

Mungkin bunda dapat mengikuti beberap tips mengatasi susah tidur pada ibu hamil usia kandungan 8 bulan berikut ini, semoga cocok dan dapat membantu bunda untuk dapat tidur dengan baik.

Tips Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil 8 Bulan Ke Atas

1. Tenangkan Pikiran Terlebih Dahulu
Salah satu yang menjadi penyebab bunda susah tidur adalah karena bunda merasa was-was dan pikiran yang tidak tenang sehingga banyak fikiran yang tidak menentu dan akhirnya muncullah stres ringan namun bunda juga kadang tidak mengetahui penyebabnya apa.

Cobalah bunda untuklebih tenang, hilangkan beban pikiran dengan mengatur pernafasan yang baik, pikirkanlah hal-hal yang positif dan menyenangkan, boleh juga dengan bercerita hal yang lucu kepada suami bunda untuk menenangkan pikiran dan terkhir jangan lupa ya bun untuk berdoa kepada yang maha kuasa agar di berikan tidur yang berkualitas.

2. Nyalakan Musik Klasik
Musik juga menjadi mediapengantar tidur yang cukup efektif untuk bunda yang susah tidur. Setelah bunda telah memilikipikiran yang tenang maka untuk mempercepat bunda terlelap boleh di iringi dengan music nostalgia yang bunda suka. 

3. Aturlah posisi tidur 
Setelah langkah satu dan dua telah buda tempuh, aturlah posisi tidur ke arah samping dengan posisi setengah tengkurap dengan di ganjal bantal diarea bawah perut (posisi bantal dapat bunda atur hingga bunda merasa nyaman tidur setengah tengkurap), jadi usahakan punggung dan pinggang menghadap serong ke atas (tidak menjadi tumpuan tidur). Cara ini cukup efektif untuk posisi tidur bagi ibu hamil yang menginjak usia kandungan trimester 3. 

4. Minta Tolonglah Suami Untuk Memijatkan Bunda
Pijitan yang lembut dan nyaman juga salah satu pengantar tidur yang enak loh bun, saya sudah membuktikannya. Selain sebagai pengantar tidur, pijitan juga akan membantu merilekskan otot yang kak, mengurangi pegal dan melancarkan peredaran darah. 

Jangan lupa juga bun, suami di ingatkan untuk berhati-hati dan jangan sampai terlalu keras. Karena ibu hamil memiliki syaraf yang sensitif terhadap kandungan. Salah urat dan pijatan yang keras dapat menimbulkan kontraksi pada perut. Jadi cukup pelan-pelan tapi tetap terasa ya bun pijitannya.

Langkah Terakhir
Apabila bunda tetap tidak bisa tidur karena keluhan yang berat seperi sakit pinggang tidak tertahakan, pusing yang sangat kuat dan lainnya maka sebaiknya bunda segera untuk memeriksakan kondisi kesehatan pada bidan atau dokter kandungan untuk memastikan kesehatan kandungan bunda. 

Semoga dengan bunda menjalankan tips mengatasi susah tidur saat hamil 8 ini dapat membantu mengurangi susah tidur yang bunda alami. Ingat-ingat ya bun, makanan bergizi lengkap dan seimbang juga harus terpenihi setiap hari agar kondisi bunda dan dedek selalu sehat. sekian ya bun, sampai jumpa di artikel areabumil yang lain. Salam sehat ^_^
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hamil 8 Bulan Susah Tidur Apakah Normal ? "

loading...