semua tentang ibu hamil

Keputihan Saat Hamil Apakah Normal ?

loading...

loading...
Muncul keputihan saat hamil apakah seseuatu yang normal terjadi pada Bumil? Memang saat wanita sedang hamil tubuh mengalami beberapa perubahan yang terjadi. Namun hal terpenting untuk di pahami oleh para wanita adalah apakah perubahan yang dialami itu normal ataukah perubahan yang tidak normal, jika tidak normal berarti harus ada tindakan pengobatan.

Ibu hamil memang rentang mengalami masalah cairan pada alat kelaminnya namun sebagaimana kita telah mengetahui bahwa hampir semua wanita pernah mengalami keputihan, Namun apakah keputihan ini normal ataukah tidak normal yang di sebabkan adanya infeksi, Mari kita ulasa bersama-sama.

Keputihan Saat Hamil Apakah Normal ?

Apakah Keputihan Pada Ibu Hamil Itu Normal?

Banyak ibu hamil mengeluhkan munculnya keputihan sehingga menjadikan ibu merasa khawatir apakah ini normal ataukah tidak normal, jika tidak normal apakah ini akan berpengaruh pada janin yang di kandungnnya? Tanggapan dokter SpOG mengenai hal ini mengungkapkan bahwa keputihan pada ibu hamil adalah hal yang normal dan tidak mempengaruhi kondisi janin hanya saja jika keputihan yang di alami oleh ibu hamil berbau dan berwana sedikit hijau berserta ada campuran darah maka harus segera mendapakan tindakan pengobatan.

Sehubungan keputihan dan ibu hamil ternyata pemicu munculnya keputihan adalah karena ibu hamil mengalami perubahan hormonal dalam tubuh sehingga menyebabkan munculnya keputihan. Ketika hamil aliran darah akan meningkatkan ke bagaian daerah kewanitaan sehinga hal ini menjadikan cairan kelamin menjadi pemingkat.

Cairan diarea kewanitaan ini memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya infeksi. Namun, perlu di ketahui juga bahwa tidak semua cairan diarea kewanitaan ini memberikan manfaat karena jika telah terkontaminasi bakteri atau sejenis parasi maka akan memberikan pengaruh buruk pada daerah kewanitaan.

Ciri Keputihan Yang Terjadi Pada Ibu Hamil 

Umunya orang indonsia menganggap keputihan adalah hal yang biasa terjadi padahal keptihan adalah sebuah indikator bahwa telah terjadi masalah pada kesehatan alat reproduksi. Sama halnya dengan Ibu hamil keputihan yang muncul karena perubahan normal kehamilan (fisiologis) dengan ciri berwarna bening keputihan, tidak berbau, tidak menyebabkan gatal, dan tidak adanya nyeri. Namun, apabila ibu mengalami ciri-ciri di bawah ini maka harus berhati hati karena keputihan yang terjadi bisa di pastikan tidak normal :

1. Terasa gatal pada daerah kewanitaan
2. Keluar bau tidak sedap
3. Daerah sekitar kewanitaan berwarna kemerahan.
4. Keputihan berwanra kekuning-kuningan bahkan kehijauan.
5. Cairan mengental dan lengket
6. Jumlah cairan yang banyak

Penyebab keputihan pada ibu hamil adalah karena ada infeksi kuman, jamur, ataupun virus penyebab penyakit. Sedangkan pada masa awal kehamilan hingga masa persalinan juga sering muncul keputihan yang di sebabkan oleh Jamur Candida sp yang sering menyeran ibu hamil. Pada masa kehamilan tua (mendekati persalinan) jamur candida sp ini akan meningkat akibat terjadinya kelembaban yang tinggi sehingga kemungkinan keputihan lebih banyak lebi tinggi. Penurunan imunitas ibu hamil menyebabkan munculnya jamur candida sp ini, jadi ibu hamil harus sehat dan fit. 

Tidak hanya jamur yang menjadi penyebab keputihan pada ibu, melainkan Trichomonas vaginalis merupakan jenis protozoa juga menjadi penyebab infeksi keputihan yang berwarna kuning kehijauan, berbau tidak sedap, cairan mengental dan menimbulkan nyeri saat buang air kecil dan berhubungan.

Artikel Terkait : Bolehkah berhubungan intik saat hamil

Sedangkan dari jenis bakteri penyebab keputihan pada ibu hamil adalah Bakteriosis vaginalis (BV) dengan ciri-ciri keputihan berwarna putih keabu-abuan, memiliki bau yang tidak sedap dan umnya timbul rasa nyeri pada daerah kewanitaan. Virus juga menjadi bagian penyebab keputihan pada ibu hamil yaitu Human papiloma virus (HPV) serta menjadi penyebab munculnya kutil pada sekitar kewanitaan.

Tips Bagi Ibu Hamil Yang Mengalami Keputihan 

  • Usahakan area kewanitaan terus dalam ke adaan kering
  • Usahakan areakewanitaan selalu dalam ke adaan bersih
  • Celana dalam diusahakan terbuat dari bahan katun
  • Hindari terlalu sering menggunakan obat kewanitaan  
  • Hindari melakukan pencucian daerah kewanitaan

Untuk ibu hamil jika mengalami keputihan abnormal dengan ciri ciri di atas maka segerelah konsultasikan dengan dokter , jangan merasa malu atau pun segan karena hal itu justru akan membuat ibu hamil mengalami gangguan kesehatan yang berpengaruh pada janin yang sedang dikandung.

Sampailah kita di penghujung artikel, Jika ibu hamil mengalami keputihan yang tidak normal seperti ciri di atas upayakan untuk segera berkonsultasi kedokter, jangan malu untuk mengungkapkan semua keluhan Anda agar mendapatkan tidakan medis yang bernar dari ahli kesehatan kandungan. Kandungan yang sehat akan menjadikan janin selalu dalam keadaan yang baik.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keputihan Saat Hamil Apakah Normal ?

0 komentar: