Makanan Kaya Kalsium Untuk Ibu Hamil

loading...
Melanjutkan ulasan artikel sebelumnya yang membahas sakit pinggang pada ibu hamil terutama yang masih muda akibat karena kurangnya asupan kalsium menjadikan kami tertarik untuk memposting makanan kaya kalsium untuk ibu hamil, ya semoga dapat membantu para bunda yang ingin tahu makanan apa saja yang kaya akan kalsium. 

Sehubungan dengan ibu hamil kalsium sangat dibutuhkan oleh janin untuk proses pembentukan tulang pada janin dan mengurangi gejala sakit pinggang. Jadi sangat penting ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi lengkap. Yuk ga usah lama-lama kita langsung membahas makanan yang kita maksud di atas. 

Makanan Yang Kaya Akan Kalsium Untuk Ibu Hamil 
Taukah bunda berapa kebutuhan kalsium harian untuk ibu hamil? Nah agar tidak over dosis atau kelebihan kalsium yang justru berakibat buruk pada janin dan ibu hamil kami bocorkan informasi ini untuk bunda. Ibu hamil membutuhkan 1.200mg kaslium setiap hari, jadi untuk memenuhi kebutuhan kalsium ini ibu dapat mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini: 

Makanan Kaya Kalsium Untuk Ibu Hamil


1. Sayur Brokoli
Sayuran ini memiliki kandungan kalsium yang tergolong tinggi karena dari 50gram brokoli mengandung 30mg kalsium. Nah jadi sangat baik untuk ibu hamil konsumsi sebagai sayur atau cemilan. 

2. Ikan Sarden
Ikan laut jenis sarden ini sangat lezat di konsumsi baik keadaan segar ataupun sudah dalam proses pendinganan. Ikan sarden seberat 3 ons akan memberikan asupan 325mg kalsium, karena tulang ikan ini lembut dan lunak maka sebaiknya tulang ikan sarden juga di konsumsi karena tulang ikan ini kaya dengan kalsium.

3. Sayur Bayam 
Siapa yang sangka kalau sayur yang murah meriah ini ternyata salah satu sayur yang kaya akan kalsium, dari 100 gram bayam akan menyumbangkan 150mg kalsium bagi ibu hamil yang mengkonsumsinya.


4. Tahu
Nah makanan super ekonomis dan sangat familiar di kalangan kita ini ternyata justru mengandung banyak kalsium untuk ibu hamil. Memang berapa kandungan kalsiumnya? Setiap 100 gram tahu yang bunda makan mengandung 500mg kalsium.

5. Susu Kedelai 
Suka minum susus kedelai? Jika iya maka bunda juga senang mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan kalsium. Setiap secangkir susu kedelai 243gram mengandung kalsium sebanyak 61mg.

6. Buah Naga Merah 
Siapa yang sangka kalau ternyata buah naga memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian ibu hamil. Setiap 100 gram buah naga mengandung 134,5mg kalsium. kalau ada pertanyaan "Mana banyak kalsium buah naga merah dengan naga putih?"Berdasarkan penelitian buah naga merah lebih banyak mengandung kalsium dari pada naga putih.

7. Kacnag Merah 
Jenis kacang merah ini juga mengandung kalsium yang tinggi loh, karena secangkir kacang merah terdapat 78 kalsium. 

Setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang tinggi sebaiknya juga hindari makanan yang justru menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Apa saja yang menghambat penyerapan kalsium? berikut ini ulasannya. 

Zat Penghambat Penyerapan Kalsium 

Garam membuat banyak kalsium keluar dari urin sehingga penyerapan tidak maksimal, jadi bunda kalau masak jangan terlalu banyak menambahkan garam ya.

Oksalat Mampu menghilangkan kalsium dalam tubuh, oksalat ini di temukan pada seledri, anggur ungu, timun dan bayam. Bunda sebaiknya juga menghindari makan makanan ini terlalu banyak. 

Hal lain yang perlu ibu hamil ketehui walupun bayam mengandung senyawa oksalat namun tetap mengandung kalsium yang tinggi, jadi untuk makan bayam jangan terlalu berlebihan. Selain itu stress pada ibu hamil juga dapat mengakibatkan penyerapan kalsium dalam tubuh terhambat. So bunda selalu harus dapat menjaga emosional ya agar dede dalam kandungan selalu dalam ke adaan sehat.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Kaya Kalsium Untuk Ibu Hamil "

loading...