semua tentang ibu hamil

Penyebab Susah Tidur Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

loading...

loading...
Salah satu keluhan yang sering di alami oleh ibu hamil adalah susah tidur di malam hari, sulit tidur inilah yang membuat ibu hamil sering begadang di tengah malam. Wajarnya ibu hamil tidur itu dimuali sejak jam 9 malam hingga menjelang pagi namun bila ibu hamil mengalami sulit tidur biasanya akan bisa terlelap di atas jam 12 malam. 

Apakah ini normal ya bun? Iya hal ini normal dan banyak di antara bumil yang mengalami susah tidur di malam hari, untuk lebih jelasnya ibu bisa melihat postingan sebelumnya yang membahas "Bolehkah Ibu Hamil Begadang?"

Penyebab Susah Tidur Pada Ibu Hamil

Apa sih yang membuat ibi hamil susah tidur itu? Nah berikut ini ulasan penyebab susah tidur pada ibu hamil dan cara mengatasinya : 

Terjadinya Perubahan Fisik 
Keluhan yang di alami oleh ibu hamil seperti sakit pinggang, mual, rasa tak nyaman pada perut dan lain sebagainya menjadi penyabab ibu hamil sulit untuk bisa tidur. Munculnya keluhan ini sebab karena perubahan fisik yang terjadi pada wanita akibat kehamilan, contohnya pembesaran pada rahim dan perut menjadikan ibu hamil merasa sesak dan kesulitan di dalam mengatur posisi tidur, hal ini cukup wajar di alami oleh ibu-ibu hamil.

Ketika usia kandungan telah menginjak 5 bulan ke atas janin mulai aktif bergerak dan tidak jarang sering terkena kandung kemih yang membuat bunda hamil akan sering ingin buang air kecil sehingga sring bolak balik k kamar mandi dan ini juga bisa membuat ibu hamil susah untuk tidur.

Tips Mengatasinya :
# Mengatur Posisi Tidur
1. Menurut ilmu kedokteran, ibu hamil di sarankan untuk tidur dengan posisi menghadap kekiri sebab posisi ini di anggap baik untuk kondisi janin. Selain itu pembuluh darah besar akan terhindar dari tekanan rahim sehingga tidak mengganggu aliran darah ibu hamil menuju janin, dengan begitu asupan nutrisi k janin juga akan lancar.

Kalau berdasarkan rosul kita, kita supaya memulai tidur dengan posisi ke arah kanan, lah trus gimana dong bun ikut rosul apa ikut anjuran dokter? Ya ikut dua-duanya bunda biar dapat pahala dan manfaatnya, caranya saat mulai berbaring tubuh ibu langsung di hadapkan posisinya ke arah kanan selama beberapa saat kemudian setelah itu secara perlahan pindahkanlah posisi tidur menghadap ke kiri, bagaimana mudah kan bun.

2. Hindari posisi tidur ke adaan terlentang sebab dapat menimbukan sesak napas dan juga dapat menghambat aliran darah dari bunda ke janin.

3. Posisi tidur tengkurap harus di hindari karena karena jaringan-jaringan rahim akan tertekan sehingga dapat muncul sakit di perut, pinggul dan pegal pada punggung. 

4. Kalau bunda ingin lebih rileks cobalah untuk mengganjal ke dua kaki dengan bantal dari tumit hingga betis sehingga lebih tinggi sedangkan pada lutut hingga pangkal paha diganjal lebih rendah hal ini memungkinkan bunda lebih nyaman karena seluruh kaki memiliki penahan. Atau juga bisa memberikan penahan bantal atau guling pada belakang tubuh saat berbaring hal ini untuk menahan tubuh agar tidak membalik terlentang.

# Jangan Terlalu Banyak Minum Saat Hendak Tidur
Tujannya agar mengurangi intensitas bunda kekamar mandi untuk buang air kecil, sebagai penggantinya bunda banyak minum saat siang hari.

# Olahraga Ibu Hamil Perlu Dilakukan
Salah satu yang menyebabkan ibu hamil merasa susah untuk tidur adalah karena merasa pegal dan kaku karana kurang oleharaga. Agar tubuh bunda menjadi segar, rileks dan nyaman untuk tidur cobalah untuk melakukan senam ataupun olahraga yang aman untuk ibu hamil, berdasarkan pengalaman sih bun kemaren habis renang pegal-pegal hilang dan malamnya jadi mudah banget untuk tidur.

Artikel Terkait : Bolehkah Ibu Hamil Berenang?


ADANYA PERUBAHAN HORMON
Hamil muda biasanya kita sering mengalami mual, kadang pusing dan suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya serta perenah merasakan kadang panas dan kadang kedinginan. Apakah ini wajar ya bun? Iya hal ini wajar di alami oleh wanita di awal kehamilannya. 

Bagaimana Cara Mengatasinya ?
# Tetap Mengkonsumsi Makana Yang Bergizi Lengkap dan Seimbang
Usahakn tetap mengasup nutrisi yang cukup saat mengalami morningsickness ini agar tubuh dapat segera memulihkan kondisinya seperti semula sehingga tidur dapat kembali nyenyak, selain itu nutrisi lengkap seimbang ini amat di butuhkan oleh janin di awal kehamilan agar pertumbuhannya optimal.

# Hadapi Dengan Tenang Dan Senang
Walaupun secara fisik dan kesehatn tubuh bunda terasa lemas dan amat payah tetapkanlah hati untuk sabar untuk bisa melewati masa-masa berat kehamilan ini. Bersikap santai akan membuat bunda terasa lebih nyaman melewatinya dan dengan rasa senang bunda akan sangat menjaga kandungan bunda.


KONDISI PSIKOLOGI IBU HAMIL
Perubahan pada fisik dan ketidak sesuaian dengan ke inginan ibu hamil bisa menjadi masalah yang menimbulkan kondisi psikologi yang kurang baik hal ini dapat menyebabkan ibu hamil sulit tidur. Namun saya yakin bunda pembaca artikel ini kebanyakan tidak mengalami hal yang berhubungan dengan psikologi dan mungkin umnya bunda mala tidak tahu penyebab kenapa tidak bisa tidur.

Pengetahuan tentang kehamilan yang kurang, dapat menimbulkan pikiran yang berlebihan aliat tekanan batin semisal khawatir tubuh tidak akan ramping lagi dan kehamilan yang tidak di harapkan dapat memicu munculnya stres pada ibu hamil, padahal stres yang berlebih dapat membahayakan kesehatan janin dan ibu hamil sendiri.

Oleh sebab itu bunda harus memahami mengapa bunda bisa sulit tidur. Jika bunda susah tidur di karenakan karena kondisi tekanan batin yang berlebihan, cobalah untuk segera menyelesaikannya, bila perlu mintalah nasehat dari orang-orang terdekat agar kondisi hati kembali normal. Berikut ini beberapa tips yang bisa bunda terapkan untuk mengurangi kondisi psikologi yang kurang bersahabat :

# Berfikirlah Positif Thinking
Agama kita memerintahkan kita untuk selalu berpositif thinking atas apa yang saat ini menimpa kita, dengan berpositif thingking kita dapat berfikir jernih untuk mengatasi masalah yang kita hadapi saat ini

# Berekonsultasilah Pada Kerabat Dekat
Apabila memiliki masalah yang berat dan tidak bisa di tangani sendiri ada baiknya bunda konsultasikan masalah bunda kepada kerabat dekat karena merekalah yang lebih peduli dan dapat kita percaya. Bila pelu bunda bisa konsultasi ke psikolog.

# Perbanyak Bekal Mengenai Kehamilan
Bekal disini tidak hanya masalah materi atau keuangan saja, bunda juga perlu pngetahuan seputar kehamilan yang menyangkut masa persalinan dan hal lain yang mendukung, hal ini akan mengurangi kegelisahan yang di alami oleh ibu hamil.

# Mendengarkan Musik Kesukaan
Mendengarkan music saat santai ternyata dapat memperebaiki suasan hati yang lagi tidak bersahabat, bila bunda merasa suntuk dan penat maka cobalah untuk mendengarkan musik yang lembut dengan lantunan melodi menyenangkan akan memperbaiki mood kita sehingga kembali bersemangat.

Artikel Terkait : Posisi Tidur Ibu Hamil Muda Yang Nyaman Dan Aman Untuk Janin

Nah sekarang bunda sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab susah tidur pada ibu hamil dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga dengan tips-tips di atas bermanfaat, jangan lupa untuk membaca artikel lain seputar kehamilan di situs ini agar wawasan bunda semakin bertambah. Sekian dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Susah Tidur Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

0 komentar: