semua tentang ibu hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda Yang Aman Untuk Janin

loading...

loading...
Posisi tidur saat hamil muda yang aman bagaimana sih bun? Pertanyaan ini banyak di ajukan oleh ibu hamil yang usia kandungannya masih muda. Masalah posisi tidur saat hamil banyak orang yang bilang asalkan bunda nyaman saja sudah aman. 

Karena saking khawatirnya seorang ibu hamil sehingga sangat berhati-hati dalam segala hal termasuk makanan dan minuman yang menjadi pantangan untuk ibu hamil benar-benar dijauhi. Bahkan masalah tidur pun menjadi hal yang harus diperhatikan. Lalu bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil? 

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda

Sebab ibu hamil banyak kategorinya seperti ibu hamil muda dan ibu hamil usia kandungan di atas 4 bulan, maka pada postingan kali ini khusus akan membahas mengenai posisi ibu hamil muda. Berikut ini ulasannya : 

1. Posisi Tidur Terlentang
Untuk bunda yang usia kandungannya masih muda akan sangat nyaman tidur terlentang sebab perut yang belum terlalu besar tidak akan menimbulkan sesak nafas. Namun untuk bunda yang sedang hamil dengan usia kandungan menginjak trimester kedua, kurang baik untuk posisi terlentang sebab apa bila kondisi perut telah membesar akan terasa sesak nafas, selain itu beban rahim Bunda akan bertumpu pada bagian belakang tubuh diantaranya usus dan juga vena cava inferior. 

Oleh sebab  itu posisi terlentang cukup riskan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti sakit pinggang, gangguan pencernaan dan juga wasir. Posisi terlentang ini juga dapat mempengaruhi tekanan darah.

Mungkin Sebagian bunda akan berkomentar "Saya sering tidur terlentang saat perut saya sudah mulai membesar tidak apa-apa bun" Iya tidur telantang tidak masalah bun, karena setiap ibu hamil memiliki kekuatan yang berbeda, ada yang langsung brpngaruh ada yang tidak. 

Kalau bunda hamil besar posisi terlentang juga cukup di sarankan dengan sayarat kaki tidak di selonjorkan, tetapi di tekuk ke atas agar mengurangi sesak nafas.

2. Posisi Tidur Tengkurap
Walaupun posisi ini tidak begitu di anjurkan apa bila bunda hamil muda yang mengalami sensitif pada daerah dada karena akan menggangu kenyamanan saat tidur. Namun jika ibu hamil muda tidak mengalami keluhan, tidur secara tengkurap tergolong aman untuk janin dan kandungan.

Sayangnya posisi tidur tengkurang untuk ajaran islam di benci oleh rosulullah bun. Selain itu kalau tidur tengkurap itu dapat menimbulkan kita ngiler, jadinya kan bantal kita jadi jorok. Kalau bunda mau tengkuran ya ga apa-apa semuanya tergantung bunda, mana yang nyaman aja.

3. Posisi Tidur Miring 
Posisi tidur memang cuma ada tiga yang umum kalau ga terlentang ya tengkurap dan miring selain itu ya ga ada. Masa ada tidur posisi berdiri ataupun miring sambil berdiri, posisi ini hanya mungkin terjadi kalau bunda berada di luar angksa. Hehehe sedikit intermozo dari saya bun.

Posisi tidur miring ke kanan ataupun ke kekiri tidak akan menjadi masalah kalau usia kandungan bunda masih muda, sebaba janin belum terlalu berat untuk menkan beberapa organ tubuh. Tidur posisi miring umumnya menjadi rekomendasi untuk ibu hamil baik usia kandungan muda ataupun yang usia kandungan lanjut.

Hanya saja untuk bunda yang usia kandungannya telah besar maka di sarankan untuk hanya tidur posisi miring ke kiri. Why/mengapa ? Sebab menurut analisa beberapa pakar kesehatan tidur ke arah kiri akan melancarkan peredaran darah pada janin sehingga nutrisi janin juga akan lancar. 


Trus kalau tidur miring kekanan emangnya kenapa? Kalau miring kekanan akan menghambat aliran darah Vena Cava Inferior sebab ada di sebelah kanan.

Kalau Tidur Miring Kekiri Terus Kan Capek, Gimana Dong?
Kalau bunda lelah tidur miring ke kiri, silahkan untuk mengganti posisi tidur miring ke kanan. Miring ke kanan tidak berbahaya kok dan bukan larangan, cuma disarankan saja. Yang paling utama bukan karena posisi tidur melainkan bunda nyaman dalam istirahat, tidur yang cukup dan berkualitas itu yang paling penting.

Kalau sunnah tidur dalam sebuah hadist rosul yang saya baca bun, mulailah tidur dengan membaca doa dan tidur posisi ke kanan, setelah itu bunda bebas mau tidur hadap kekiri ataupun terlentang, yang penting membuat bunda nyaman untuk tidur.

Semoga dengan adanya artikel Posisi Tidur Ibu Hamil Muda ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk bunda, sekian perjumpaan kita kali ini, sampai ketemu lagi artikel areabumil.com yang lain.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Posisi Tidur Ibu Hamil Muda Yang Aman Untuk Janin

0 komentar: