semua tentang ibu hamil

Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 5 Bulan

loading...

loading...
Biasanya ya bun ibu hamil yang usia kandungannya telah melewati trimester pertama akan sering mengalami gangguan tidur sebab posisi tidur yang kurang nyaman yang di akibatkan perut yang semakin membesar. 

Ibu hamil yang usia kandungannya 5 bulan yang biasanya akan merasa gelisah dan sulit untuk dapat tidur karena selain gerah ibu hamil usia kandungan 5 bulan juga merasa tidak nyaman dengan beberapa posisi tidur. Hal ini yang membuat posisi tidur ibu hamil sangat penting di dalam menjaga kualitas istirahat ibu hamil.

Usia kandungan 4 hingga 6 bulan pun terkadang mengalami hal yang sama dengan masalah tidur. Jadi harus mengetahui tripsnya bagaimana posisi tidur yang baik agar bunda merasa nyaman. 

Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil 5 bulan

Keluhan Masalah Tidur Ibu Hamil 5 Bulan dan Cara Mengatasinya
# Gerah 
Hampir semua ibu hamil merasakan hal ini, badan terasa gerah saat malam juga mempengaruhi kenyamanan saat tidur bun, bila bunda merasakan hal ini untuk mengurangi gerah cobalah untuk menggunakan pakaian yang tipis, dan kalau punya AC silahkan digunakan yang penting jangan sampe masuk angin ya bun.

# Merasa Gelisah
Hal ini banyak di alami juga oleh ibu hamil, merasa gelisah tanpa saat hendak tidur ini akan menjadikan bunda was-was dengan sekitar dan akan mmenyulitkan bunda untuk tidur. Tips agar gelisah berkurang cobalah untuk mengatur pernafasa dan rilekskan badan bunda. Bisa juga dengan sambil mendengarkan musik kesukaan bunda.

#Posisi Tidur
Miring ke kanan dan kekiri masih saja tidak enak ya bun? Banyak ibu hamil yang mengeluhkan tidur yang tidak nyaman karena posisi tidur yang kurang tepat. Terlentang katanya ga boleh, apa lagi tengkurap nanti dedek bayinya tertindih, terus gimana dong?

Sebenarnya terlentang itu tidak dilarang dan tidak berbahaya (berdasarkan pengalaman waktu konsultasi di bidan) hanya saja kalau terlentang itu kaki kita harus ditekuk ke atas agar tidak sakit dan perut tidak sesak. Konon juga katanya dapat mempermudah jalan bayi dan peredaran darah ke kepala juga lancar. 

Kalua bunda miring tidak nyaman bisa dengan posisi tengkurap. "Loh kok tengkurap? nanti dedek bayinya tertekan!" Ada triknya bun, posisi tidur tengkurap jangan seratus persen tetapi setengah tengkurap. 

Caranya, bunda miringin badan kekiri atau kekanan kemudian gunakan bantal untuk menopang paha dan area perut bagian bawah selantunya posisikan badan setengah tengurap bun. Posisi ini saya buktikan nanyaman dan tidak menekan perut secar perlebihan, selain itu gerakan ini juga ada pada gerakan senam hamil, jadi bunda langsung bisa dapat dua manfaat.

Owh ya satu lagi, kan berdasarkan analisis kesehatan anjuran posisi tidur ibu hamil condong kekiri untuk memperlancar peredaran darah ke janin. Tapi bunda tetap boleh kok miring kekanan kalau capek semalaman menghadap kekiri. yang terpenting itu bunda mengalami tidur yang berkualitas.

Untuk posisi  tidur setengah tengkurap juga bisa di terapkan pada bunda yang kandungannya 7-8 bulan, kalau terlentang dengan kaki yang di tekuk juga bisa asalkan bunda merasa nyaman. Semoga tips posisi tidur untuk ibu hamil usia kandungan 5 bulan ini dapat memberikan kenyaman pada bunda dalam istirahat. Sekian perjumpaan kita di artikel ini ya bun, sampai jumpa dipostingan areabumil.com yang lain, salam sehat bunda ^_^

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 5 Bulan

1 komentar:

Ibrahim Adam mengatakan...

Wah, Artikelnya sangat bagus dan menambah wawasan saya tentang teknik-teknik tidur ketika usia kandungan sudah memasuki 5 bulan. Luar biasa! :-)

Ternyata lumayan repot juga ya tidurnya ibu hamil yang usia kandungannya sudah 5 bulan.

Artikelnya sangat informatif... :-)

Kunjungi juga: www.ingincepathamilblog.wordpress.com